Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download dan Instal Android Pie Redmi 4X

Sebagai salah satu produk Smartphone Android terlaris yang dimiliki oleh Xiaomi keberadaan Redmi 4X memancing banyak Developer mengembangkan ROM Custom berbasiskan Android Pie sehingga fitur-fitur yang menurut saya cukup menarik  yang dimiliki oleh Android versi 9 tersebut dapat dinikmati banyak kalangan.

Berbicara mengenai fitur, seperti informasi yang didapat dari berbagai sumber yang salah satunya Kompas Tekno. Android Pie memiliki 9 fitur utama yang sebetulnya hanya pengembangan dari fitur lama yang ditingkatkan lagi kemampuannya.

Yang saya akan sedikit dijabarkan disini hanya beberapa saja yang menurut saya menarik.

Fitur Android Pie Yang Menarik Untuk Dicoba

Cara Download dan Instal Android Pie Redmi 4X


1. Adanya Mode Gelap (Dark Theme)

Setelah sebelumnya fitur mode gelap ini diterapkan di aplikasi Youtube, banyak pengguna yang merasa fitur Dark Theme sangat bermanfaat sehingga google akhirnya membawanya sekalian ke sistem operasi Android.

Fitur mode gelap menurut saya pribadi sangat berguna untuk mengurangi cahaya dari layar hape sehingga mata tidak cepat lelah menggunakan hape untuk streaming youtube dalam waktu agak lama.

2. Poni Jadi-Jadian

Trend penggunaan notch alias poni pada perangkat Android terbaru sepertinya masih terus berlanjut hingga beberapa tahun mendatang.

Guna mengakomodir perangkat lama tanpa poni seperti Redmi 4X, Caranya adalah dengan mengaktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan opsi “Simulate a display with a cutout” di bagian Drawing.

3. Lockdown

Fitur keamanan terbaru yang ada pada Android Pie ini akan mematikan fungsi dari pemindai wajah (Face Lock) dan pemindai sidik jari (Finger Print) sehingga untuk mengaktifkannya harus menggunakan PIN atau pola.

Sebenarnya saya sendiri tidak tau persis tentang mengapa fitur ini ada karena bukankah fitur face lock dan fingger print dibuat untuk memudahkan penggunanya mengakses perangkat…?

Kenapa sekarang dimatikan…?

Cukup tiga fitur baru itu saja yang menarik bagi saya, dan selanjutnya adalah penjelasan tentang bagaimana cara instal Android Pie itu sendiri di perangkat Redmi 4X.

Cara Instal Android Pie di Redmi 4X Santoni

Perlu untuk saya informasikan diawal jika pada panduan ini ROM yang digunakan adalah Custom ROM yakni AOSP Extended.

ROM dari AOSP Extended dari dulu dikenal selalu membuild ROM berbasis Android terkini untuk banyak perangkat tapi stabil sehingga layak digunakan untuk aktifitas harian.

Tidak seperti ROM hasil pengembangan developer lain seperti cyanogenmod yang dari beberapa review banyak bug dan jarang update. ROM hasil pengembangan AOSP Extended relatif minim bug dan sangat stabil menurut saya serta tetap diupdate.

Satu hal lagi…!

Untuk dapat menginstal ROM Android Pie pada perangkat Redmi 4X, sudah terpasang Custom recovery TWRP.

Yang belum memasang TWRP pada perangkat Redmi 4X bisa baca panduan lengkapnya di Tutorial Instal TWRP.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membuat cadangan ROM (backup ROM) agar nanti saat anda merasa tidak puas terhadap Custom ROM Android Pie yang akan dijelaskan ini, anda bisa merestore ROM yang sebelunya sehingga tidak perlu lagi setup aplikasi dari awal.

Langkah-langkah instalasi Android Pie 

gambar
Langkah 1. Download ROM Android Pie dan GAPPS lau salin kedua file tersebut ke Memory eksternal (SD Card). Untuk GAPPS nya sendiri download dengan kriteria ARM 64 / Android 9 / Stock.

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + POWER.

Langkah 3. Pilih menu WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION lalu pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke menu utama lalu pilih menu INSTAL, cari ROM AOSP Extended kemudian Instal seperti biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya.

Setelah semua tahapan diatas selesai anda jalankan, Restart perangkatmu untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Tampilan Android Pie Versi AOSP Extended

Cara Download dan Instal Android Pie Redmi 4X
Menu Extensi

Cara Download dan Instal Android Pie Redmi 4X
Aktivasi Navigation Gesture

Cara Download dan Instal Android Pie Redmi 4X
Koleksi Wallpaper Bawaan ROM

Sumber Gambar : https://www.aospextended.com/gallery

Demikian informasi tentang cara instal Android Pie pada ponsel Xiaomi Redmi 4X, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close