7 Cara Hemat Daya Baterai Android Tanpa Power Bank

Loading...
Salah satu poin yang diperhatikan saat membeli hape android selain Prosesor dan RAM adalah berapa kapasitas baterai.

Hape android terkini khususnya buatan China seperti Xiaomi, Oppo dan Huawei rata-rata sudah menggunakan baterai 3000 mAh.

Jarang sekali kita temukan hape dengan kapasitas daya dibawah itu selain buatan Samsung seperti Galaxy J2 Prime. Atau ponsel besutan Asus seperti Zenfone Go ZB500KL.

Anda mungkin bertanya...

Apakah hape android dengan baterai dibawah 3000 mAh tidak bisa digunakan beraktifitas seharian...?

Jawabannya...

Tentu bisa, karena ponsel yang dirilis kepasar sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa bertahan seharian dengan penggunaan normal (Standar).

Bagi anda yang merasa hape anda tidak mampu melakukan hal tersebut meskipun penggunaan hape standar saja, plus kapasitas baterai kurang dari 3000 mAh.

Saya punya 7 tips yang dapat anda terapkan agar hape android anda tahan satu hari penuh tanpa harus repot menentengn Power Bank.

7 Langkah Mudah Menghemat Daya Baterai Android

Cara Hemat Daya Baterai Android

1. Upgrade Android ke Versi Terbaru

Menginstal pembaruan perangkat lunak sistem terbaru yang tersedia untuk hape anda memiliki banyak manfaat.

Salah satu keuntungan yang didapat adalah semakin baiknya sistem dalam mengontrol penggunaan daya.

Sejak dirilisnya android Lollipop hingga Pie, fitur penghemat baterai terus ditingkatkan kemampuannya sehingga perangkat android dengan kapasitas daya kecil dapat bertahan seharian penuh.

Contoh...

Misalnya fitur Doze mode pada android Marshmallow yang jika diaktifkan akan mematikan aktifitas tidak perlu yang berjalan dilatar belakang secara otomatis dan akan aktif kembali setelah kita membuka kunci (lock screen).

Mengaktifkan fitur ini dapat menambah waktu penggunaan perangkat hingga 5 jam, bahkan lebih.
Untuk itu, jika perangkat android anda menyediakan pembaruan sistem ke versi android yang lebih tinggi, jangan tunda untuk mendapatkannya segera.

Caranya sudah saya jelaskan dengan sangat lengkap seperti ketiga artikel berikut :

Tutorial Upgrade Android Samsung Galaxy

Cara Meningkatkan Versi Android Asus Zenfone

Cara Memperbarui Perangkat Lunak Sistem (ROM) MIUI

2. Atur Kecerahan Layar ke Otomatis

Jika anda menganggap data seluler yang membuat hape anda kehabisan daya dengan cepat, cobalah sekali-kali anda cek penggunaan daya baterai hape anda di menu pengaturan.

Anda pasti heran karena layar dan sistem android itu sendiri adalah dua bagian yang ternyata paling banyak menghabiskan daya.

Untuk perangkat keras, layar menjadi hardware yang paling banyak menggunakan daya, sehingga kalau anda ingin menggunakan hape lebih lama dalam satu hari tanpa isi daya, memberi pengaturan yang tepat pada layar adalah pilihan terbaik.

Secara default, sistem akan mengatur kecerahan layar ke mode otomatis yang artinya layar dapat berubah kecerahannya tergantung kondisi cahaya.

Jika anda merasa daya baterai cepat habis meski telah mengaktifkan mode kecerahan layar otomatis, coba anda turunkan tingkat kecerahan tadi ke level terbawah dengan resiko tampilan jadi agak suram.

3. Nonaktifkan Data Seluler Saat Tidak Digunakan

Karena lupa atau mungkin sudah menjadi kebiasaan, kita seringkali lupa untuk mematikan data seluler.

Data seluer yang selalu aktif akan membuat aplikasi sosial media seperti Facebook dan Twitter selalu memberikan pemberitahuan meski sebenarnya tidak anda butuhkan. Itu artinya perangkat tetap bekerja walaupunn ponsel masuk mode sleep.

Untuk itu, selalu matikan data seluler saat tidak dibutuhkan supaya daya baterai hape anda tidak cepat habis dan data internet jadi awet. Kecuali anda mengaktifkan Doze Mode dengan syarat hape anda telah menggunakan Android M keatas.

4. Gunakan Sinyal Paling Stabil

Saat ini eranya smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Hape yang masih menggunakan jaringan dibawahnya biasanya tidak laku lagi.

Tapi ada satu masalah yang muncul ketika kita memutuskan menggunakan ponsel android dengan jaringan 4G.

Karena kualitas jaringan 4G yang tidak merata, sinyal hape seringkali naik turun alias tidak stabil. Kondisi ini mengakibatkan perangkat bekerja lebih keras mencari jaringan yang terkuat.

Untuk menopang kerja yang lebih berat, maka dibutuhkan pula daya lebih banyak dibanding biasanya.

Makanya, meskipun ponsel android yang saya gunakan sudah support 4G, guna mengindari kehabisa daya baterai lebih cepat, saya menurunkan tipe jaringan hape ke level 3G yang lebih stabil dan juga masih cukup cepat menghandle aktifitas internet harian.

5. Beralih ke Aplikasi Lite

Facebook, Twitter, Line, sudah merilis aplikasi versi ringan mereka yakni Lite Version Apps. Google tidak mau ketinggalan, dimana mereka juga mengembangkan aplikasi ringan dengan label Go Apps seperti Google Go, Youtube Go, Maps Go dll.

Selain menghemat data internet dan ruang penyimpanan yang lumayan, aplikasi tipe ini juga sangat hemat daya sehingga sangat direkomendasikan bagi anda yang kapasitas baterainya kurang dari 3000 mAh.

Cuma karena ada banyak fitur yang dihilangkan, anda mungkin tidak akan memiliki pengalaman penggunaan yang sama dibandingkan aplikasi versi standard.

Tapi itu tadi...

Mau lebih hemat daya, data dan memori atau tetap menggunakan aplikasi standard dengan mengorbankan ketiga hal tadi.

6. Jangan Terlalu Sering Menghapus Recent Apps

Anda mungkin sering membaca tutorial mempercepat hape android yang mana dalam poin penjelasannya anda diminta untuk menghapus dafar aplikasi di Recent Apps.

Meskipun terkadang berhasil karena hal tersebut dapat menambah ruang kosong pada RAM, tetapi ada masalah lain yang ditimbulkan yaitu daya berkurang lebih cepat.

Kok bisa ya...?

Setelah anda menutup semua aplikasi di Recent Apps, maka tidak ada lagi aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Tapi itu dia masalahnya, setelah menghapus Recent Apps aplikasi-aplikasi tersebut akan kita buka kembali.

Membuka aplikasi setelah dihapus dari Recent Apps ibarat memulai aplikasi dari awal, makanya proses pembukaan aplikasi jadi lebih lama.

Dan untuk anda ketahui jika proses ini akan memakan daya lebih banyak. Terlebih aplikasi yang dibuka juga banyak.

Makanya, aplikasi yang ada di Recent Apps sebaiknya jangan anda hapus tapi biarkan saja agar proses buka kembalinya lebih cepat dan hemat daya.

7. Jaga Suhu Hape Tetap Dingin

Suhu tinggi pada hape android biasanya disebabkan karena anda menjalankan aplikasi yang berat dalam waktu lama.

Sedangkan...

Panas berlebih dapat mengakibatkan sel-sel baterai yang berfungsi menyimpan daya kehilangan kemampuannya.

Bila terus dibiarkan, baterai menjadi drop, kembung dan sering menginformasikan status baterai yang tidak tepat.

Guna mengatasi hal tersebut, istirahatkan hape anda sejenak dengan meletakkannya pada permukaan rata dan pada agar panas dapat tersalurkan atau gunakan casing tipe hardcase.

Nah itulah 7 Tips Menghemat Daya Baterai Android yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Kalau ada tips yang belum masuk didalam daftar atau ada poin yang kurang tepat silahkan berkontribusi melengkapi artikel ini dengan berkomentar dikolom yang telah disediakan.

Terimakasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Hemat Daya Baterai Android Tanpa Power Bank"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close