Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Sesat, Cara Menambah RAM Android

Perangkat smartphone Android tidak sama seperti laptop yang komponen memori sistemnya (RAM) dapat ditambah (upgrade) hingga mencapai batas maksimal.

RAM pada perangkat Android kapasitasnya tetap, sehingga kalau ada tutorial / aplikasi yang bisa menambah memori sistem dari yang semula 1 GB menjadi 2 GB saya anggap sesat karena gak mungkin.

Yang paling masuk akal adalah bagaimana meng-efisienkan penggunaan memori pada perangkat Android supaya performa hapenya tidak lambat.

Lalu bagaimana donk dengan hape yang memorinya RAM kecil, misalnya 1 GB saja, Apakah harus ikhlas saja menerima performa hape yang lemot seperti keong...?

Nah...

Kalau untuk masalah itu (cara menghemat penggunaan RAM) banggras tentu punya solusinya.

Simak penjelasan lengkapnya...!

4 Langkah Menghemat RAM Android Agar Hape Tidak Lambat

Gambar Ponsel Android Samsung

Langkah1. Upgrade Versi Android

Marshmallow adalah standar sistem operasi pada ponsel Android karena sudah punya fitur menghemat daya dan memori sangat baik.

Pada sistem operasi ini pula dikenalkan istilah Doze Mode yang mana pada saat ponsel ada pada posisi sleep, segala aktifitas yang memakan banyak memori dihentikan agar data internet dan baterai dapat bertahan lebih lama.

Untuk itu jika perangkat Android anda dapat pembaruan sistem ke Android marshmallow, segera jalankan updatenya agar performa hape selalu prima.

Wajib Baca : Cara Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data

Langkah 2. Jauhkan Ponsel Android dari Aplikasi Rakus RAM

Seperti yang kutip dari Jalantikus.com, aplikasi Facebook dan Messenger merupakan 2 aplikasi paling rakus RAM dibanding aplikasi sejenis seperti Twitter atau WhatsApp.Kedua aplikasi ini jika dijalankan bersamaan, akan memakan 300-390 MB RAM.

Penting Nih : Cara Hemat Kuota Internet WhatsApp Terbaru

Seandainya ponsel anda memiliki RAM 1 GB seperti Samsung Grand Prime, Lenovo A1000 hanya akan tersedia sedikit ruang pada memori untuk menjalankan aplikasi lain.

Jadi begini...

1 GB RAM pada ponsel Android tidak sepenuhnya dapat digunakan karena 200 MB biasanya digunakan untuk GPU (Pengolah Grafis). Lalu RAM yang 800 MB ini akan digunakan setengahnya oleh sistem Android, sehingga yang tersisa hanya 400-450 MB.

Jika anda menjalankan aplikasi Facebook dan Mesengger bersamaan dan RAM yang dipakai 390 MB, maka hanya tersedia 10 MB saja untuk aplikasi lain.

Cukupkah...?

Tentu tidak...!

Bagaimana, sudah dapat hitung-hitungannya...?

Untuk itu, segera hapus yang namanya aplikasi facebook standar lalu ganti dengan aplikasi facebook versi Lite yang lebih hemat RAM, ROM dan Data Internet.

Atau akan lebih bagus lagi jika anda menggunakan aplikasi penjelajah internet seperti Chrome dan UC Browser untuk mengakses akun Facebook anda karena fitur pemberitahuan seperti halnya aplikasi FB sudah ada di kedua browser tadi.

Langkah 3. Jangan Gunakan Widget Berlebihan

Widget pemanis layar ponsel seperti Widget Cuaca dan Jam Analog memang dapat membuat tampilan hape jadi tambah menarik.

Tetapi percaya deh, kalau tidak perlu-perlu amat mending widget tersebut anda hapus saja karena akan membebani sistem dan mengkonsumsi RAM.

Memang sih memori yang digunakan oleh widget-widget sedikit, tetapi masalahnya RAM yang akan dibagi juga sedikit.

Daripada dihamburkan untuk hal yang kurang perlu, lebih baik RAM tadi dialokasikan untuk menunjang aplikasi lain seperti Kamera misalnya.

Langkah 4. Gunakan Wallpaper Sesuai Resolusi

Wallpaper dengan resolusi tinggi memang akan membuat layar hape jadi enak dipandang mata. Sayangnya gambar yang ukurannya diatas resolusi hape akan membuat sistem menguras tenaga untuk meload gambar tadi.

Jadi ada energi (RAM) yang terbuang untuk hal yang tidak perlu dengan memasang Wallpaper beresolusi tinggi, akan lebih baik jika gambar tersebut di Crop terlebih dahulu atau cukup gunakan stock wallpaper bawaan supaya sistem jadi enteng.

Yang tidak tahu resolusi hape yang digunakan, buka GSMArena.com 

Penutup

Nah itulah kawan semua, cara yang banggras lakukan untuk mengefisienkan penggunaan RAM tanpa harus menambah RAM yang nyata-nyata tidak bisa dilakukan.

Semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua dan kalau ada yang belum jelas atau kurang tepat, silahkan informasikan dikolom komentar.

Terimakasih
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close