Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo

Mungkin sebagian besar dari anda ada yang pernah atau sedang mengalami 3 masalah seputar hape android seperti : performanya mulai melambat (lemot) pada saat dijalankan, Mudah kehabisan daya baterai lebih cepat dari biasanya atau terasa semakin boros, atau anda sudah bosan dengan tampilan sistem android yang itu-itu saja dan ingin memiliki tampilan yang lebih menarik.

Jika iya maka bisa dipastikan itu tandanya anda harus SEGERA upgrade android hape anda...!

Upgrade Android adalah menginstal pembaruan sistem dengan versi android yang lebih tinggi. Misalnya dari Kit-Kat ke Lollipop, Lollipop ke Marshmallow atau Marshmallow ke Nougat. Untuk itu pada postingan ini akan dijelaskan langkah-langkah melakukan meningkatkan versi android secara aman tanpa takut kehilangan data pada memori internal.

Panduan ini telah saya coba dan berhasil pada Smartphone android berbagai merk ternama seperti : Samsung, Asus, Xiaomi dan Oppo. Bukan bermaksud membuat postingan ini menjadi terlalu panjang. Tapi saya merasa wajib untuk menginformasikan apa manfaat maupun efek yang akan anda dapatkan setelah melakukan proses upgrade android. Tidak hanya itu, saya juga merinci segala persiapan yang diperlukan agar proses upgrade android di hape anda tidak GAGAL atau mengalami ERROR.

Secara umum ketika saya ingin meningkatkan versi OS android, ada 4 hal yang saya persiapkan terlebih dahulu agar tidak ada masalah dikemudian hari seperti :
  1. Mengumpulkan Informasi dengan membaca lebih banyak referensi tentang pembaruan apa saja yang ada pada system terbaru, apa kelebihan dan kekurangannya. Sekiranya nanti ada yang tidak cocok dengan keinginan jadi tidak perlu Upgrade.
  2. Mempersiapankan segala sesuatu yang diperlukan sebelum menjalankan proses upgrade Android via OTA maupun manual seperti : Paket data, Daya baterai, Ruang kosong pada memori, Driver USB, dan tool untuk install firmware / ROM.
  3. Mendownload File Upgrade hanya dari disitus terpercaya dengan memperhatikan : Versi Pita Dasar pada SAMSUNG, SKU pada ASUS, dan Tipe untuk hape merk OPPO dan XIAOMI apabila anda ingin menjalankan proses upgrade menggunakan komputer.
  4. Membuat cadangan file yang ada di memori internal.
Tapi sebelum lanjut sebaiknya kita sudah DEAL dengan 4 poin ini....!

Manfaat Upgrade Android

1. Meningkatkan Sistem Kemanan. Sekarang kita tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk membeli aplikasi. Cukup dengan potong pulsa kita sudah bisa memiliki aplikasi premium yang diinginkan.

Dengan semakin mudahnya melakukan transaksi di Google Playstore, tentunya harus diimbangi pula dengan system keamanan yang memadai. Jangan sampai ada aplikasi yang bisa merugikan pengguna seperti pemotongan pulsa secara otomatis oleh aplikasi tertentu.

Untuk itu…google semakin meningkatkan level keamanan playstore dengan system keamanan yang diberinama Play Protect. System ini dikabarkan mampu memindai 50 Milyar aplikasi dalam satu hari. Jadi dengan adanya perlindungan dari Play Protect ini dapat dipastikan aplikasi yang ada di Playstore aman dari aplikasi jahat.

2. Hape Jadi Lebih Hemat Daya dan Data Seluler. Tidak seperti iPhone, android diproduksi dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan Chipset Snapdragon, MediaTek, Exynos, kirin dll. Ada yang baterainya berkapasitas 4100 mAh, 3000 mAh, 2000 mAh bahkan ada yang seribuan mAh. Terkait dengan beragamnya kapasitas baterai ponsel android.

Google menawarkan sebuah fitur pintar yang dinaman Doze Mode pada Android 6.0. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan segala aktifitas yang memakan daya berlebih pada saat ponsel stand by atau berada pada mode sleep. Jadi…hanya program penting (sistem) saja yang efektive berjalan saat masuk mode Doze. Doze mode ini kembali disempurnakan pada Android Oreo dimana penghematan daya semakin ditingkatkan supaya semakin hemat berkat fitur baru yang diberinama Wise Limits.

Hape Jadi Hemat Penggunaan RAM. Android dikenal sebagai sistem operasi yang boros RAM jika dibandingkan OS mobile lain seperti iOS dan Windows Phone. Agar tidak ditinggalkan penggunanya, Google terus mencari cara agar versi Android terbaru dapat menekan penggunaan RAM dari aplikasi latar belakang yang tidak penting semaksimal mungkin, sehingga tersisa lebih banyak ruang kosong untuk menjalankan aplikasi utama.

3. Tampilan Hape Jadi Makin Cantik. Dengan menginstal versi android terbaru pada ponsel, anda tidak hanya meningkatkan kecepatan ponsel tapi juga mempercantik tampilan antarmuka sistem.
Coba anda bandingkan tampilan versi android 4 Jelly Bean dengan Android Lollipop. Kira-kira mana yang memiliki tampilan lebih baik....? Saya yakin semua kita memilih Lollipop.

Mulai dari font, wallpaper, koleksi icon tampilan animasi dll. Terkait dengan tampilan animasi, itulah mungkin salah satu penyebab mengapa ponsel lawas tidak mendapatkan jatah pembaruan android.
Android versi terbaru semakin berat, sedangkan ponsel android lawas spesifikasinya rendah dan tidak bisa di upgrade spesifikasi hardwarenya seperti PC sehingga dapat dipastikan performa yang diberikan ponsel lawas jika menjalankan OS terbaru tidak akan maksimal.

4. Hape memiliki Fitur Baru. Memperbaharui sistem android ke versi terbaru tidak hanya merubah angka pada keterangan edisi android yang dijalankan, tetapi pembaruan sistem juga berisi aneka fitur baru seperti : kemampuan screenshot panjang, membuka dua aplikasi bersamaan (Split Screen), Cloning App dll.

Cara Upgrade / Perbarui Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo 

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo
Add caption

Ada dua cara Upgrade Android ke versi yang lebih tinggi. Keduanya sama baiknya meskipun antar merek hape yang satu dengan yang lain ada perbedaan prihal eksekusinya. Dua cara yang dimaksud adalah Firmware Over The Air (FOTA) atau mudahnya secara onine dan Manual (Offline).

Firmware Over The Air (FOTA) atau Online

Upgrage Via Over The Air . OTA (Over The Air) adalah istilah yang digunakan saat melakukan upgrade android langsung dari hape dengan aplikasi pembaruan sistem yang dimiliki oleh masing-masing hape.

Hape Asus

Tekan "Check Update" pada "Settings" → "About" → "System update" untuk memeriksa apakah frimware sudah versi terbaru. Apabila versi baru tersedia, silahkan ikuti langkan yang muncul pada layar unruk menjalankan update.

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo


Catatan : Selama proses update, tolong hubungkan ponsel anda dengan adaptor atau pastikan daya tahan battery anda minimal 15%.

Hape Samsung

Hubungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluer maka Sistem akan secara otomatis menampilkan pembaruan, jika ada.

Jika tidak, Buka menu Settings → Software update → Tap / ketuk Download updates manually →Tap / ketuk Download. Setelah software diunduh, Pilih salah satu opsi berikut untuk Install update Software Later (nanti), Overnight (malam) atau Now (sekarang).Harap tunggu sampai update Software selesai.

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo
Proses Download File Update

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo
Jalannya Instalasi File Update


Hape Xiaomi

Hubungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluer maka Sistem akan secara otomatis menampilkan pembaruan, jika ada. Jika tidak, Buka menu Setting→ Tentang Ponsel → Pembaruan Sistem. Tunggu sistem untuk melakukan pengecekan adanya pembaruan Sistem. Jika tersedia akan ditampilkan deskripsi pembaruan dan beserta ukuran file update yang akan didownload. Tap tombol Unduh Pembaruan lalu tunggu sampai Proses unduh selesai.

Apabila file update selesai diunduh, tap Instal pembaruan sekarang lalu perangkat akan restart dan menginstal file yang telah diunduh tadi.

Catatan : 
  1. Pastikan sebelum menjalankan Instalasi file update ponsel terhubung dengan Charger atau setidaknya tersedia 30% daya pada baterai.
  2. Jangan mematikan atau perangkat saat proses instalasi file update sedang berjalan karena dapat merusak sistem dan perangkat tidak bisa dijalankan

Hape Oppo

Hubungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluer maka Sistem akan secara otomatis menampilkan pembaruan, jika ada. Atau buka menu Setting → Software Update. Anda dapat melihat pemberitahuan pada "Pembaruan sistem" ikon, jika tidak ia akan menampilkan "Versi saat ini sudah yang terbaru".

Unduh firmware dengan jaringan Wi-Fi untuk menghindari konsumsi jaringan data Anda. Klik Pembaruan Sistem. Perangkat Anda akan reboot dan mulai memperbarui, yang akan memakan waktu.

Cara Upgrade Android Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo

Hape Vivo

Hubungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluer maka Sistem akan secara otomatis menampilkan pembaruan, jika ada. Atau Buka Menu Pengaturan → Pembaruan Sistem, maka sistem akan mencari paket pembaruan yang tersedia untuk ponsel vivo anda.

Download firmware dan tunggu hingga 100%. Setelah itu Instal pembaruan yang akan memakan waktu beberapa menit.

Catatan :
  1. Menginstal pembaruan sistem akan membuat perangkat tidak bisa lagi menggunakan firmware dengan versi android lama (Khusus Android 8 Oreo)
  2. Selama proses download berlangsung, pastikan tersedia 30% daya pada baterai.

Manual (Offline)

Pertama Download ROM / Firmware untuk hape sesuai dengan merk yang digunakan. Downloadlah firmware terbaru yang tersedia bisa lewat PC atau langsung dari perangkat.

Hape Android Asus

Download Firmware sesuai dengan tipe dan SKU hape Asus yang anda gunakan disini.

Salin firmware yang telah anda download tadi ke SD Card atau Memori Internal (tanpa dimasukkan ke folder). Sistem akan secara otomatis membaca adanya file pembaruan dengan menampilkan pemberitahuan di Status Bar (System Update File Detected). Tap / Ketuk notifikasi tadi maka perangkat akan Restart untuk menjalankan proses instalasi firmware.

Cara Upgrade Android Asus
Letakkan File Upgrade di Memori

Cara Upgrade Android Asus
Akan Muncul Pemberitahuan Adanya File Update

Cara Upgrade Android Asus
Ketuk Untuk Install


Hape Android Oppo

Buka situs https://oppo-id.custhelp.com/app/soft_update, Unduh firmware sesuai tipe hape kemudian letakkan ke direktori root dari kartu SD Anda (A direktori root adalah paling atas direktori dalam sistem berkas SD Card).

Masukkan kartu SD Anda, kemudian matikan ponsel.

Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Bawah, sampai ponsel Anda memasuki Recovery Mode.

Di bawah Mode Recovery, klik (Install dari perangkat penyimpanan) Install dari SD Card, lalu temukan paket pembaruan.

Klik firmware.Pesan konfirmasi akan muncul pada layar Anda. Klik Yes. Perangkat Anda akan reboot dan mulai memperbarui, yang akan memakan waktu.

Cara Upgrade Android Oppo
Klik Untuk Perbesar Gambar

Hape Android Vivo

Download Firmware untuk ponsel Vivo sesuai dengan tipe dan perangkat yang anda gunakan. http://www.vivo.com/id/support/upgradePackageHome

Matikan telepon Anda lalu tekan dan tahan tombol Daya dan tombol Volume naik secara bersamaan sampai logo Vivo muncul untuk masuk ke mode Fastboot. Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume turun dan memilih dengan menekan tombol Daya.

Pilih Instal pembaruan (Install update)→ Penyimpanan Telepon (Phone storage) atau kartu SD (SD card) → pilih firmware → tekan Selanjutnya untuk menginstalnya (Untuk Funtouch OS 2.0 dan versi yang lebih rendah, pilih “terapkan pembaruan dari sdcard internal ”(Penyimpanan telepon) atau“ terapkan pembaruan dari sdcard eksternal ”(kartu SD), lalu pilih firmware untuk dipasang).

Cara Upgrade Android vivo
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Hape Android Xiaomi

Download ROM sesuai tipe ROM dan tipe hape yang anda gunakan di https://en.miui.com/download.html

Buka menu Pengaturan Tentang Ponsel Pembaruan Sistem lalu klik titik tiga dipojok kanan atas kemudian gunakan Opsi Pilih paket pembaruan.

Cari ROM yang telah anda download tadi dengan format Zip lalu instal. Tunggu proses instalasi selesai yang akan memakan waktu beberapa menit.

Perangkat akan restart kembali dan masuk kemenu utama secara otomatis.

Cara Upgrade Android Xiaomi
Klik Gambar Untuk Perbesar Gambar


Hape Android Samsung

Anda dapat membaca beberapa contoh langkah instalasi Firmware Samsung untuk keperluan Upgrade Android secara lengkap di artikel Tutorial Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo.

Demikian informasi tentang Cara Upgrade Android Hape Asus, Samsung, Oppo, Vivo dan Xiaomi. Semoga Bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close