Masuk Pak Eko...3 Cara Upgrade Android Samsung J1 Ace SM-J110G

Loading...

Masuk Pak Eko...3 Cara Upgrade Android Samsung J1 Ace SM-J110G

Untuk kalian pengguna Samsung Galaxy J1 Ace yang ingin perangkatnya berjalan lebih gesit sebaiknya segera perbarui Sistem OperasiAndroid kamu dengan versi terbaru.

Mengapa...?

Pada OS Android Lollipop Dalvik telah digaanti ART. Sebenarnya Android berjalan menggunakan Emulator seperti layaknya BlueStack dan LeapDroid di Windows. Pada edisi Android sebelumnya, Emulatornya dinamakan Dalvik.

Pada edisi Android Lollipop Dalvik secara penuh digantikan ART (Android Run Time) yang diklaim Google dapat berjalan 4X lebih cepat dibandingkan Dalvik.

Sehingga secara teori, perangkat yang menjalankan Android Lollipop dengan ART akan berjalan 4X lebih kencang daripada Perangkat jadul dengan Emulator Dalvik.


Ada tiga cara (resmi) yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan versi Samsung Galaxy J1 Ace kamu yaitu :
  1. Menggunakan Samsung KIES
  2. Secara Online / OTA
  3. Flash Menggunakan Odin
Saya akan jelaskan ketiganya, tapi gunakan salah satu cara saja yang mana menurut anda paling mudah.

3 Cara Upgrade Android Samsung J1 Ace SM-J110G

Cara 1. Menggunakan Samsung KIES

Untuk melakukan upgrade firmware perangkat Android Samsung ada dua cara yang bisa ditempuh : Menggunakan Samsung KIES atau Via OTA .

Apabila kamu memilih melakukan upgrade menggunakan Samsung KIES berarti kamu memerlukan alat bantu berupa seperangkat komputer (direkomendasikan menggunakan laptop untuk menghindari kejadian dimana proses upgrade berhenti karena listrik mati).

Nantinya, aplikasi Samsung KIES inilah yang akan melakukan download file upgrade firmware kemudian memasangnya keperangkat.

Tetapi sebelum memutuskan menggunakan Samsung KIES untuk upgrade firmware ada persiapan yang harus kamu lakukan :

Persiapan 1. Back up data penting yang ada di perangkat Android kamu, bisa menggunakan Samsung KIES itu sendiri atau secara manual dengan mengcopy file berharga kamu ke memori eksternal atau ke komputer. Untuk aplikasi yang terpasang di perangkat, bisa di backup menggunakan aplikasi carbon atau membaginya melalui jaringan Wi-Fi menggunakan aplikasi Shareit dengan terlebih dahulu memasang shareit di komputermu tentunya.

Persiapan 2. Komputermu terkoneksi dengan jaringan internet yang cepat dan stabil. Tidak direkomendasikan menggunakan data seluler yang kekuatan sinyal bisa turun naik. Kalaupun terpaksa menggunakan Modem, pilihlah provider yang sinyalnya internetnya stabil serta pastikan kamu memiliki paket data setidaknya 2 kali lebih besar dari ukuran file yang akan didownload ( minimal kamu punya paket data 3 GB).

Persiapan 3. Charge perangkat Androidmu hingga 100 %.

Persiapan 4. Tersedia setidaknya 2 GB ruang kosong pada memori internal.

Persiapan 5. Kamu memiliki kabel data ori bawaan perangkat dan dalam kondisi baik.

Langkah-Langkah Upgrade Via KIES

Langkah 1. Download dan instal Samsung KIES. Samsung KIES V.2 ditujukan untuk perangkat Android Jelly Bean kebawah, sedangkan yang V.3 ditujukan untuk perangkat Android dengan Android  Kit Kat keatas.

Langkah 2. Matikan ponsel lalu masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol HOME+VOLUME BAWAH+POWER

Langkah 3. Jalankan Samsung KIES kemudian hubungkan perangkat yang akan diupgrade firmwarenya menggunakan kabel data dengan masih menjalankan download mode, serta tunggu sampai perangkat benar-benar telah tersinkron dengan aplikasi.

Langkah 4. Setelah terbaca dengan baik, aplikasi KIES akan menginformasikan adanya pembaruan firmware tersedia untuk ponsel kamu dengan munculnya tombol “ UPGRADE FIRMWARE”

Langkah 5. Klik tombol UGRADE FIRMWARE lalu centang pernyataan pesetujuan “ Bahwa Saya Telah Membaca Semua Informasi Diatas “ kemudian klik lagi tombol “ MULAI PEMUTAKHIRAN” yang ada di bawahnya.

Langkah 6. Tunggu hingga aplikasi KIES selesai mendownload firmware yang diperlukan yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses instalasi firmware. Untuk itu pastikan kamu tidak melepaskan sambungan pada saat kedua proses ini berjalan.

Langkah 7
. Apabila tampil pesan “Pembaruan Peranti Tagar Selesai” berarti proses upgrade telah kamu lewati sehingga bisa dicabut sambungan perangkat dengan komputer dan mulai ulang perangkatmu.

Cara 2. Upgrade Android J1 Ace Online / OTA

Sebelum mulai, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan guna menghindari proses upgrade terhenti ditengah jalan.

Persiapan #1. Tersedia jaringan internet yang stabil dan cepat (direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi). Jika menggunakan Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang akan didownload. Misalnya File Update / Upgrade berukuran 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.

Persiapan #2. Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan sistem baru yang akan dipasang.

Langkah-Langkah Upgrade Android Samsung Via OTA

Langkah 1. Pastikan anda telah mendapatka notifikasi adanya pembaruan system pada perangkat anda yang ditandai dengana danya ikon angka 1 pada menu setting. Jika tidak, lakukan pengecekan manual dengan membuka menu PENGATURAN >> TENTANG PONSEL >> INFORMASI PERANGKAT LUNAK >> CEK KETERSEDIAAN PERANGKAT LUNAK TERBARU.

Langkah 2. Setelah mendapatkan notifikasi, Klik menu Setting tersebut kemudian tap untuk mendapatkan informasi detail perihal isi dari pembaruan perangkat lunak yang akan didapat.

Langkah 3. Download file pembaruan (Update) Setelah itu sistem akan mencari file update dan tunggu prosesnya selesai 100%.

Langkah 4. Setelah proses download selesai system akan meminta untuk melakukan Restart guna menginstal File Update yang telah didownload tadi. Harap maklum jika booting pertama kali agak sedikit lama, karena system baru terlebih dahulu memindai hardware dana plikasi yang telah terpasang pada system sebelumnya.

Sampai proses ini, boleh dikatakan proses upgrade Android telah berhasil anda lakukan.

Cara 3. Flash Menggunakan Odin

Untuk dapat menjalankan proses flashing pada perangkat Samsung anda dengan aman dan sukses tanpa meninggalkan masalah (ERROR) seperti Bootloop pastikan telah melakukan persiapan yang matang dengan menyediakan alat dan bahan seperti :

Persiapan 1. Mendownload Firmware yang sesuai dengan versi pita dasar (Base Band) perangkat Samsung yang akan di Flash ( itu lho yang ada tulisan HXCU atau XXU ). Untuk mengetahui versi Pita Dasar buka menu : SETTING >> TENTANG PERANGKAT >> VERSI PITA DASAR.

Firmware HXCU hanya dapat terpasang pada Ponsel dengan Pita Dasar HXCU juga. Jika anda memaksakan untuk memasang Firmware yang berbeda, akan terjadi ERROR pada aplikasi Odin.
Baca Juga :
Persiapan 2. Download kemudian instal Driver USB Samsung. Driver USB digunakan untuk memberi data (Informasi) Hardware dan Software ponsel Android Samsung anda pada Sistem OperasiWindows yang komputer anda jalankan.

Persiapan 3. Download aplikasi Odin yang akan membantu kita menginstal Firmware kedalam perangkat Android Samsung anda.

Persiapan 4. Komputer dengan Sistem OperasiWindows, bisa Windows 7, 8 dan 10.

Direkomendasikan menggunakan Laptop ketimbang Komputer Desktop untuk menghindari kejadian terhentinya proses Flashing akibat kejadian tidak terduga seperti Listrik mati.

Persiapan 5. Kabel Data Original bawaan hape yang masih dalam kondisi baik. Hindari menggunakan kabel data milik hape dengan merek yang berbeda. Kondisi kabel data yang buruk juga dapat mengganggu jalannya instalasi Firmware (Hape Bootloop).

Persiapan 6. Pastikan daya baterai dalam kondisi 100 % atau setidaknya 60%. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian perangkat kehabisan daya pada saat proses pemasangan sistem sedang berjalan.

Persiapan 7. Back Up (mencadangkan) file-file penting seperti kontak, video, foto dll ke memory eksternal atau ke harddsik komputer. Meskipun dalam proses flashing nanti tidak akan menghapus data tapi sebagai persiapan saja siapa tahu perangkat mengalami masalah dan perlu di FFR (Format Factory Reset.

Langkah-Langkah Upgrade Android Via Odin

Langkah 1 : Instal Samsung USB Driver pada komputer. Jika  sudah terinstal Samsung KIES di komputer anda maka lewati langkah ini. Driver USB berfungsi agar Sistem Operasiwindows dapat membaca ponsel Android.

Langkah 2 : Sekarang, aktifkan USB debugging pada perangkat Samsung anda. Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara, buka menu Pengaturan >> Opsi Pengembang >> Pendebug USB lalu centang Opsi Pengembang ( disembunyikan untuk Android 4.4.4 ke atas)

Untuk menampilkan menu opsi pengemban Buka Pengaturan >> Tentang Perangkat >> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x)

Langkah 3 : Matikan daya perangkat Samsung anda.

Langkah 4 : Sekarang, masuk ke Mode Download dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah, home dan tombol power. Ketika handphone bergetar lepaskan tombol power tapi tetap tekan tombol volume bawah dan home. Anda selanjutnya akan boot ke mode download.

Langkah 5 : Pada download mode anda akan melihat tanda peringatan segitiga berwarna kuning. Pada situasi ini anda harus menekan tombol volume atas untuk melanjutkan.

Langkah 6 : Download dan ekstak odin di komputer anda.

Langkah 7 : Sekarang buka odin 3 dan hubungkan smartphone anda ke komputer. Tampilan Odin ( Versi 3.11)akan tampak seperti gambar berikut :

Ketika handphone bergetar lepaskan tombol power tapi tetap tekan tombol volume bawah dan home. Anda selanjutnya akan boot ke mode download.

Langkah 8 : Ketika anda sudah menghubungkan smartphone ke komputer, odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB (Langkah No.1) dan ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU.

Untuk Log Akan menunjukkan pesan “Added” pada sisi kiri bawah layar sesaat setelah Ponsel Android tersambung dengan komputer. Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auot Reboot” dan” F. Reset Time “

Langkah 9 : Ketika perangkat anda sudah terdeteksi oleh odin, klik tombol PDA / AP yang ditandai dengan No.3 pada gambar diatas kemudian pilih file tar.md5 yang telah diekstrak.

Langkah 10 : Sekarang, klik pada tombol start (No.4 )di Odin untuk memulai proses Flashing.

Langkah 11 : Ketika kanda melihat pesan pass pada kotak berwarna hijau, lepaskan kabel USB dari perangkat (selama proses ini, perangkat anda akan mengalami restart secara otomatis).

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi terbaru pada perangkan anda.

Setelah masuk ke menu awal, anda akan melakukan SET UP standard seperti layaknya hape baru apabila sebelumnya anda sudah melakukan FFR (Format Factory Reset). Jika tidak sistem akan langsung masuk kemenu utama dengan akun dan aplikasi yang sebelumnya ada di perangkat anda.

Penutup

Demikian informasi tentang 3 Cara Upgrade Android Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G Tanpa PC, semoga bisa anda praktikkan segera.

Untuk informasi yang belum jelas, dapat anda tanyakan di kolom komentar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masuk Pak Eko...3 Cara Upgrade Android Samsung J1 Ace SM-J110G"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown

close