Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Android Oreo Stabil di Redmi 4X

Cara Upgrade OS Android Redmi 4X ke Oreo 8.1 Stabil


Cara Instal Android Oreo 8.1 Stable  di Redmi 4X - Redmi 4X akhirnya bisa menjalankan sistem operasi android Oreo berkat bantuan Tim AOSP Extended. Tim AOSP Extended berhasil mengembangkan Custom ROM untuk Redmi 4X dengan fitur dan performa terbaik seperti laiknya Stock ROM MIUI.

Saya pribadi cukup menggunakannya selama 3 hari saja sebelum memutuskan untuk tetap menggunakan AOSP Extended. Setidaknya sampai ada ROM MIUI 11...hahahaha

Untuk kamu yang ingin mencoba ROM yang satu ini, berikut adalah sedikit informasi  tentang ROM AOSP Extended.

1. Apa itu Custom ROM AOSP Extended...?

AOSP Extended adalah ROM yang dikembangkan dari kode sumber Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang dirilis dan bisa diedit siapapun. ROM ini menitik beratkan kepada pengalaman pengguna baik itu kenyamanan dan kinerja perangkat bukan kepada tampilan semata.

2. Kelebihan ROM AOSP Extended

Sebelum buru-buru mencoba, berikut adalah kelebihan dari Custom ROM AOSP Extended yang membuatnya beda dengan Custom ROM lain.

#2.1 AOSP Extended Adalah ROM Yang Aman

ROM AOSP Extended secara rutin merilis patch kemanan terbaru setiap bulannya tepat setelah google merilisnya. Jadi meskipun ROM ini merupakan Custom ROM, patch dan fitur yang ditanamkan sama seperti yang dijalankan Stock Android resmi.

#2.2. Nyaman Digunakan

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, ROM ini menitik beratkan kepada kenyamanan dan kinerja sehingga ROM ini dijejali dengan fitur (Extension) bermanfaat yang terus dikembangkan sehingga makin baik dari edisi ke edisi.

#2.3. Tersedia Update Via OTA

Tersedia Update Over The Air (OTA) seperti laiknya ROM pabrikan. Meskipun belum ada rilis patch keamanan terbaru untuk versi yang saya gunakan, fitur ini merupakan kelebihan tersendiri sebuah Custom ROM.

#2.4. Kinerja Optimal
 
Kinerja sebuah Custom tidak ada yang pernah sebaik ini. Performa perangkat semakin baik dengan bantuan Extensi yang ditanamkan. Tidak ada lag dan Bug yang sering kita temukan di Custom ROM lain. Semua fungsi utama hape berjalan sangat normal.

#2.5. Hemat Memori Internal

Penggunaan Ruang penyimpanan menjadi lebih optimal setelah menggunakan ROM AOSP Extended. Khususnya bagi perangkat yang hanya bermodalkan memori 8 / 16 GB. Terutama juga bagi pengguna Xiaomi saya rekomendasikan untuk bermigrasi ke ROM AOSP Extended. Seperti yang sudah saya share di postingan saya Cara Menghapus File Lainnya, dimana kita kita tidak tahu persis untuk apa peruntukan dari File Lainnya yang bisa memakan ruang bergiga-giga.

#2.6. Update Android Lebih Cepat

Pembaruan versi Android lebih cepat dari pabrikan. Redmi 4X meskipun sudah mengalami 2 kali peningkatan versi MIUI dari sebelumnya MIUI 8, 9, hingga 10, peningkatan versi Android masih saja telat. Dengan menggunakan ROM AOSP Extended, anda sudah bisa mencicipi enaknya menggunakan Android Oreo yang lebih hemat daya dan data.

Satu-satunya kekurangan ROM AOSP Extended adalah ketersediaan perangkat yang didukung masih kurang karena keterbatasan sumber daya. Selama menggunakan ROM AOSP Extended tiga hari saja sudah cukup bagi saya untuk memutuskan bahwa ROM ini akan saya gunakan lama. Dari fitur dan kinerja, menurut pendapat saya lebih baik dibandingkan ROM pabrikan. Cuma karena proses instalasi ROM menggunakan cara khusus.

Terkadang kesalahan instalasi mengakibatkan fitur yang ada jadi tidak berfungsi. Sebagai pemanis tampilan ROM ini menggunakan dua buah Louncher yakni Google Now Louncher dan Pixel Experience Louncher. Anda bisa mengatur salah satu Louncher tersebut sebagai default di menu PENGATURAN -> APLIKASI & NOTIFIKASI -> LANJUTAN.

Semua fungsi utama perangkat seperti RIL, Kamera, Bluetooth, Wifi berfungsi dengan baik. Jadi tidak perlu berfikir lama untuk menjadikan ROM ini untuk hape penggunaan harian.

Masalah yang saya temui saat melakukan instalasi ROM AOSP Extended V.5.8 ada empat. Dua diantaranya karena kesalahan saya sendiri. Sedangkan yang satunya lagi karena belum faham antarmuka sistemnya.

Masalah Pertama, saya gagal menginstal Gapps karena salah pilih paket instalasi. Awalnya saya memilih Gapps dengan spesifikasi CPU ARM64 -> Android 7.1 -> Pico. Saya memilih Android 7.1 karena saat itu masih menjalankan ROM MIUI 10 Beta yang masih berbasis Android Nougat.

Masalah yang ditimbulkan tentu saja sistem kosong tanpa aplikasi Google seperti Playstore, Gmail, Maps dll sehingga saya kesulitan mengunduh aplikasi. Tidak hanya itu masalah yang ditimbulkan, sistem juga mengalami Crash dengan pesan Error Google Play Service Closed.

Setelah membaca dengan seksama tutorialnya, ternyata kita diwajibkan untuk melakukan Wipe pada : Dalvik / ART Cache, Data, System dan Cache. Untuk itu saya ulang lagi download Gapps yang sesuai untuk ROM AOSP V.5.8 dan saya gunakan sekarang dengan spesifikasi ARM64 -> Android 8.1 -> Stock.

Masalah Kedua. TWRP minta Password dan Memori Internal tidak terbaca (0 MB). Untuk masalah TWRP yang minta passwod seperti keterangan yang saya baca tinggal memasukkan PIN, POLA atau Password yang digunakan sewaktu Sistem masih normal jika pernah merasa melakukan penambahan sidik jari.

Yang bikin emosi, meski telah memasukkan PIN tapi TWRP tidak mengenali PIN tersebut sehingga kita hanya diberikan akses terbatas. Sedangkan untuk mengatasi TWRP yang minta Password cukup dengan Wipe Data / Factory Reset dengan resiko kita harus Setting Ponsel dari awal.

Masalah Ketiga. Memori internal tidak terbaca sedangkan file yang akan diinstal ada disana. Untung ada OTG sehingga bisa melakukan instalasi Gapps yang tepat dengan mengambilnya dari OTG.
 Sampai artikel ini saya posting, saya masih belum menemukan penyebab dan cara untuk mengatasi masalah pada TWRP yang tidak bisa membaca memori internal.

Masalah Keempat. Tombol panggilan masuk tidak tampil meski ada panggilan, yang ada hanya nada dering dan notifikasi panggilan tak terjawab. Solusinya atur dulu permision dari aplikasi Telpon agar bisa melakukan panggilan. Lengkapi juga daftar aplikasi default lain seperti Aplikasi SMS, Browser, dan Peluncur Sistem.

Karena dalam proses Instalasi Custom ROM, Rooting, Tweak dll kita memerlukan bantuan Custom Recovery TWRP, berikut tutorial menginstal TWRP pada perangkat Redmi 4X.

Cara Instal TWRP Pada Redmi 4X

Ada 3 software berupa Driver yang dibutuhkan untuk menginstal TWRP di Ponsel Xiaomi. Driver ini fungsinya agar Sistem Operasi Windows yang komputer kamu jalankan dapat membaca perangkat Redmi 4X. Sebenarnya cukup satu saja, tapi untuk jaga-jaga siapa tahu perangkat tidak terbaca dengan hanya menginstal satu driver saja.
  • Download dan Instal Universal ADB Driver Set Up
  • Download dan Instal Mi PC Suite Set Up
  • Download dan Instal Qualcom Driver
  • Download TWRP Redmi 4X Cofface 3.0.3
Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi supaya TWRP bisa terpasang dengan benar antaralain :
  • Redmi 4X dengan Bootlaoder yang sudah di Unlock info di https://en.miui.com/unlock/
  • Daya baterai 50 %
  • Komputer dengan Sistem Operasi Windows
  • Kabel Data Ori bawaan perangkat serta dalam kondisi baik
Eksekusinya....

Langkah 1. Ekstrak file TWRP yang telah didownload tadi serta masih dalam format ZIP. Buka folder hasil ekstrakan, dimana kamu akan mendapatkan 6 buah file yang tampak seperti gambar berikut :

Cara Upgrade OS Android Redmi 4X ke Oreo 8.1 Stabil

Langkah 2. Matikan perangkat Redmi 4X lalu masuk ke Fastboot Mode dengan menekan tombol VOLUME BAWAH + POWER, lalu saat akan muncul Mi Bunny yang sedang ngoprek robot Android.

Langkah 3. Klik kanan pada twrp-installer.bat lalu RUN AS ADMINISTRATOR. Tekan tombol ENTER untuk mulai menginstal TWRP. Setelah itu tekan ENTER lagi untuk menutup aplikasi serta perangkat akan memulai ulang secara otomatis kemudian masuk Recovery TWRP.

Cara Upgrade OS Android Redmi 4X ke Oreo 8.1 Stabil

Nanti kamu akan menemukan tampilan awal TWRP seperti gambar dibawah ini dengan terlebih dahulu mengatur bahasanya menjadi bahasa inggris. Untuk lebih jelasnya baca Panduan Instal TWRP Redmi 4X

Upgrade TWRP ke Versi Red Wolf

Kalau kamu bosan dengan tampilan TWRP yang itu-itu saja, kamu sebaiknya mencoba pindah ke Recovery TWRP alternative yang menurut saya cukup keren dibanding yang Official.

Kelebihan TWRP Red Wolf :

  1. Tampilan lebih kece dengan dominasi warna merah + logo serigala yang keren
  2. Tidak terlalu memakan banyak data seperti TWRP Official
  3. Tampilan menu mudah dimengerti
  4. Mendukung Bahasa Indonesia
Cara instalasi tinggal download filenya, ada yang formatnya Zip dan ada yang berbentuk Image file. Kebetulan saya menggunakan yang image.

Buka menu INSTAL -> SELECT STORAGE -> INSTALL IMAGE. Jika ada pertanyaan untuk merelace (menggantikan) Bootlaoder atau Recovery, pilih Recovery.

Cara Instal Android Oreo 8.1.0 Pada Redmi 4X

Syarat dan Persiapan Pemasangan ROM AOSP Extended
  • Buat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu karena nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).
  • Isi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi masalah ada cukup daya dan waktu untuk melakukan perbaikan
  • Download Rom AOSP Extended Android Oreo 8.1 Official Versi 5.8 Stable ( 550 MB)  
  • Download Gapps dengan kriteria ARM64 -> Android 8.1 -> Stock (750 MB)
  • Paket data (Opsional) untuk melakukan setup akun setelah proses instalasi selesai kamu lakukan.
Cara Instal ROM AOSP Extended Pada Redmi 4X

Langkah 1. Salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG. Mengapa tidak langsung ke Memory Internal...? Karena sering terjadi masalah untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta saat masuk TWRP minta Password / PIN. Untuk masalah ini akan dibahas nanti.

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + POWER.

Langkah 3. Pilih menu WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION lalu pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke menu utama lalu pilih menu INSTAL, cari ROM AOSP EXTENDED lalu Instal seperti biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya. Setelah semua tahapan diatas selesai kamu jalankan, Restart perangkatmu untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Penutup

Itulah panduan Instalasi Android Oreo 8.1 pada perangkat Xiaomi Redmi 4X menggunakan Custom ROM AOSP Extended, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close