Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROM Resurrection Remix Samsung Galaxy Note 5 SM-N9280

Custom ROM Stabil Untuk Samsung Galaxy Note 5 SM-N9208 Berbasis Android Nougat + Cara Install - Custom ROM adalah solusi dari lambatnya pembaruan Sistem Android resmi dari Samsung. Perusahaan ini memang sepertinya selalu terlambat memberikan pembaruan Sistem, terutama bagi perangkat lama yang sudah beredar selama dua tahun sejak masa perilisan misalnya Galaxy Note 5.

Bagi anda yang merasa menggunakan produk hape Samsung lama seperti Galaxy Note 5, maka jangan terlalu berharap hape anda akan diperlakukan sama dengan keluaran terbaru apalagi yang Flagship kayak Samsung S Series dan Note dimana kedua seri ini selalu jadi yang terdepan mendapatkan pembaruan Sistem.

Untungnya Android bersifat terbuka sehingga walaupun Samsung sudah menghentikan dukungan untuk salah satu produk smartphone, kita tetap dapat merasakan bagaimana sensasi mengoperasikan Android baru dengan segala fiturnya di ponsel lawas melalui Custom ROM.

Namun masalahnya, untuk dapat menginstal Custom ROM, produk hape Samsung terkendala dengan yang namanya Sistem Recovery.

Yang dimaksud dengan Sistem Recovery Mode pada perangkat Android adalah partisi Bootable khusus yang di dalamnya telah terinstal konsol pemulihan. Sistem Recovery Mode atau Mode Pemulihan Sistem dalam Bahasa Indoneisa berisi beragam tool pemulihan Sistem dan juga fitur untuk menginstal Firmware kedalam perangkat Android.

Sebenarnya dari awal semua perangkat Android sudah dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang biasa disebut dengan Stock Recovery. Namun masalahnya, Recovery Bawaan ini memiliki fungsi utama yang sangat terbatas, yaitu untuk menghapus data pengguna dan juga untuk memberikan update Sistem secara manual dengan paket pembaruan terverifikasi.

Berbeda dengan Firmware resmi dari Samsung, Firmware untuk Custom ROM biasanya berformat Zip, sementara Recovery bawaan Samsung tidak dapat menginstal Firmware dengan format tersebut.

Untungnya, Stock Recovery yang ada di perangkat Android Samsung dapat diganti dengan Custom Recovery yang punya fitur lebih lengkap seperti : Instal Firmware (ROM), Instal Aplikasi, Backup dan Restore Sistem, Reset Sistem dll. Custom Recovery yang banyak digunakan saat ini ada 2 yakni Clock Work Mod (CWM) dan Tim Win Recovery Project (TWRP).

Baca Juga Gaes : Cara Install TWRP dan Root Galaxy Note 5

Berbicara tentang Custom ROM, diluar sana banyak kita temukan Custom ROM yang dikembangkan oleh beragam Developer serta beragam basis Android.

Untuk Galaxy Note 5 sendiri sudah dikembangkan ROM berbasis Android terkini yakni Resurrection Remix.

ROM Resurrection Remix dikembangkan berbasis source code android Lineage OS, SlimsRoms, Omni dan Remix ROM Original. Kolaborasi beragam developer menghasilkan sebuah ROM yang unggul dalam performa, kemampuan untuk pengeditan tampilan, dan beragam fitur baru pada perangkat Galaxy Note 5

Banyak perubahan diberikan pada rom ini, dimana si empunya rom melakukan tweak sistem guna menyesuaikan spesifikasi hardware dan sistem agar bisa berjalan mulus saat dioperasikan.

Sedangkan untuk versi androidnya sendiri, ROM Resurrection Remix berbasis Android Nougat. Bagaimana dengan BUG….?
Status BUG dari rom ini sudah ditetapkan minim dan tergolong stabil.Jjadi aman bila digunakan untuk aktifitas seharian.

lalu bagaimana cara instalasinya...?


Custom ROM Resurrection Remix di Galaxy Note 5 

ROM Resurrection Remix Samsung Galaxy Note 5 SM-N9280

Sebelum lanjut, pastikan anda telah membuat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu karena nanti perangkat akan di WDFR ( Wipe Data Factory Reset ).

Tidak lupa pula untuk mengisi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi masalah ada cukup daya dan waktu untuk melakukan perbaikan. Serta sediakan Paket data (Opsional) untuk melakukan setup akun setelah proses instalasi selesai anda lakukan.

Untuk langkah pertama, download terlebih dahulu ROM Android Galaxy Note 5 dan Gapps yang telah disediakan pada link berikut…!

Download ROM

Download Gapps 

Cara Pemasangan Android Galaxy Note 5

Pertama, salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG.

Mengapa tidak langsung ke Memory Internal...? Karena sering terjadi masalah untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta saat masuk TWRP minta Password / PIN.

Setelah itu masuk ke TWRP dengan menekan tombol  “ Volume Up + Home + Power “ dan nantinya akan tampil 8 buah menu seperti yang dijelaskan diawal tadi.

Selanjutnya anda pilih Menu  “ Wipe → Advance Wipe → Dalvik / Art Cache, Sistem, Data, Cache “. Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya. Makanya diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan file.

Langkah selanjutnya, kembali ke menu utama lalu pilih menu “ Instal “ kemudian cari ROM Android Galaxy Note 5 yang telah didownload tadi lalu Instal seperti biasa dengan cara Swipe Togle kekanan. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa Wipe Cache. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian Wipe Cache setelahnya.

Apabila semua tahapan diatas selesai anda jalankan, Restart perangkat Samsung Galaxy Note 5 anda untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Demikian tutorial tentang cara Instal Custom ROM Resurrection Remix di Samsung Galaxy Note 5, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close