Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Upgrade Samsung S4 Mini Ke Android Pie 9.0

Cara Flash Firmware Android Pie Samsung Galaxy S4 Mini GT-I9190 Tanpa PC - Akhirnya Samsung Galaxy S4 Mini gt-i9190 mendapatkan pembaruan sistem ke Android anyar yakni Pie 9.0 melalui Custom Rom Lineage OS versi 16. Informasi ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan buat pemiliki Galaxy S4 mini, sebab pembaruan sistem resmi dari Samsung yang diharapkan tidak kunjung datang.

Custom ROM adalah solusi dari lambatnya pembaruan Sistem Android resmi dari Samsung. Perusahaan ini memang sepertinya selalu terlambat memberikan pembaruan Sistem, terutama bagi perangkat lama yang sudah beredar selama dua tahun sejak masa perilisan misalnya S4 Mini.

Bagi anda yang merasa menggunakan produk hape Samsung lama seperti S4 Mini, maka jangan terlalu berharap hape anda akan diperlakukan sama dengan keluaran terbaru apalagi yang Flagship kayak Samsung S Series dan Note dimana kedua seri ini selalu jadi yang terdepan mendapatkan pembaruan Sistem.

Untungnya Android bersifat terbuka sehingga walaupun Samsung sudah menghentikan dukungan untuk salah satu produk smartphone, kita tetap dapat merasakan bagaimana sensasi mengoperasikan Android baru dengan segala fiturnya di ponsel lawas melalui Custom ROM.

Cara Install Upgrade Samsung S4 Mini Ke Android Pie 9.0


Lineage OS Versi 16 yang dikembangkan berbasis Android 9.0 ini bakalan membawa banyak pembaruan seperti :

  1. Navigasi Gesture untuk menggantikan metode navigasi manual yang sudah ketinggalan zaman. Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan mengaksesnya di Menu Setting System Gestures Swipe Up on Home Button ; 
  2. Adaptive Battery. Fitur ini adalah jawaban untuk permasalahan ponsel Android yang dikenal lebih boros daya dibandingkan Smartphone dengan OS lain semisal iOS. Fitur ini akan mempelajari kebiasaan penggunanya sehari-hari dalam mengoperasikan hape. Nantinya data yang didapat akan dijadikan patokan dalam pendistribusian daya yang mana hanya aplikasi yang sering digunakan saja akan diberikan jatah daya sementara yang lain bakalan dikurangi forsinya ;
  3. Digital Wellbeing. Fitur ini berguna untuk memantau waktu yang kita habiskan selama menggunakan hape dan aplikasi apa saja yang paling sering kita gunakan.

Disclaimer…!

Segala kerusakaannya yang diakibatkan oleh panduan ini menjadi tanggung jawab masing-masing…!

Cara Instal Android Pie  di Samsung S4 Mini 

Untuk lanjut ke tahapan instalasi Android Pie di Samsung Galaxy S4 Mini, pastikan anda sudah terpasang TWRP dan sudah di Root. Jika belum, silahkan baca panduan lengkapnya DISNI…!

Sebelum lanjut, pastikan anda telah membuat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu karena nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).

Tidak lupa pula untuk mengisi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi masalah ada cukup daya dan waktu untuk melakukan perbaikan. Serta sediakan Paket data (Opsional) untuk melakukan setup akun setelah proses instalasi selesai anda lakukan.

Untuk langkah pertama, download terlebih dahulu ROM Android S4 Mini dan Gapps yang telah disediakan pada link berikut…!

Download ROM 

Download Gapps 

Cara Pemasangan Android S4 Mini

Pertama, salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG.

Mengapa tidak langsung ke Memory Internal...? Karena sering terjadi masalah untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta saat masuk TWRP minta Password / PIN.

Setelah itu masuk ke TWRP dengan menekan tombol  “ Volume Up + Home + Power “ dan nantinya akan tampil 8 buah menu seperti yang dijelaskan diawal tadi.

Selanjutnya anda pilih Menu  “ Wipe → Advance Wipe → Dalvik / Art Cache, Sistem, Data, Cache “.

Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya. Makanya diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan file.

Langkah selanjutnya, kembali ke menu utama lalu pilih menu “ Instal “ kemudian cari ROM Android S4 Mini yang telah didownload tadi lalu Instal seperti biasa dengan cara Swipe Togle kekanan.

Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa Wipe Cache. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian Wipe Cache setelahnya.

Apabila semua tahapan diatas selesai anda jalankan, Restart perangkat Samsung S4 Mini anda untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Demikian tutorial tentang cara Instal Android Pie di Samsung S4 Mini, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close