Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

⭐⭐⭐Cara Root Samsung Grand Duos GT-i9082 Dengan dan Tanpa PC

Cara Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 Dengan dan Tanpa PC – Kali ini akan dijelaskan tentang bagaimana caranya nge-Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 yang menjalankan Android versi Jelly Bean namun dapat Upgrade ke Android Kit-Kat menggunakan Custom ROM.

Sebelum lanjut, ada baiknya anda ketahui dulu apa saja manfaat yang akan anda dapatkan dengan nge-Root Samsung Galaxy Grand Duos kesayangan anda.

Manfaat Root Untuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082

Cara Root Samsung Grand Duos

1. Memperluas Ruang Penyimpanan Internal

Semenjak Android 6 lahir, pengguna tidak bisa lagi memindahkan data aplikasi dari memori internal ke SD Card. Kondisi ini membuat hape dengan memori internal kecil lebih cepat penuh sebab semua aplikasi dan Cache menumpuk di Internal Storage yang ujung-ujungnya bisa bikin hape lambat.

Untungnya sekarang ini ada beberapa aplikasi yang dapat membantu memindahkan program terpasang dari Internal ke SD Card. Namun dengan catatan, perangkat harus di-Root terlebih dahulu.

Satu hal lagi…

Dengan sistem yang sudah di-Root, perangkat dapat dipasangi aplikasi yang bisa menghapus aplikasi bawaan seperti System App Remover yang mana dengan aplikasi tersebut, Bloatware yang memakan banyak ruang penyimpanan dapat disingkirkan dengan sekali proses saja.

2. Meningkatkan Kualitas dan Fitur Kamera

Camera2 API adalah sebuah framework yang mengijinkan pengembang mengakses fitur kamera seperti exposure, focus, atau ISO, yang akan mereka kostumisasi guna meningkatkan performa sebuah aplikasi khususnya kamera.

Apabila anda ingin menginstal Google Camera terbaru pada ponsel non Nexus atau Pixel, maka anda harus mengaktifkan Camera2 API ini terlebih dahulu. Dan untuk mengaktifkannya, anda bisa pakai cara manual dengan mengedit Build.Prop dengan syarat sistem sudah di Root.

3. Bisa Overclock CPU Seperti PC

Memang bisa CPU Android di OC…?

Overclock CPU pada perangkat android memang sangat mungkin dilakukan di HP dalam Akses Root. Biasanya dengan memakai Aplikasi-Aplikasi Editor Kernel.

Dari penjelasan yang didapat dari berbagai sumber, ponsel yang sudah di OC performanya dapat meningkat bahkan hingga 30% lebih ngebut.

Yang perlu diingat, Overclock ini bisa membuat HP jadi rusak kalau belum paham. Disebabkan karena panas yang dihasilkan lebih tinggi ketimbang dalam keadaan Default.

4. Menambah Fitur Tanpa Upgrade Android

Dengan akses Root anda bisa dengan mudah menambah fitur baru seperti ponsel dengan Versi Android terbaru meskipun hape anda hanya menggunakan Android versi lawas. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya Xposed Framework.

Dengan memasang aplikasi ini, anda bisa mencoba beragam fitur baru android dengan memasang module khusus yang tinggal anda download. Bila dirasa kurang pas, tinggal hapus atau Uninstall.

Satu hal lagi. Dengan memasang aplikasi Xposed, anda bisa mengubah tampilan sistem secara total, baik itu tema, icon, widget dll.

5. Bisa Internetan Gratis

Yang merasa kekurangan kuota internet untuk keperluan bermain game sebaiknya rencanakan untuk me-Rooting hape anda, sebab saat ini sudah banyak aplikasi yang mampu membaca katasandi Hotspot dengan mudah sehingga anda bisa bebas internetan secara gratis dimana saja.

Tetapi sebagian besar dari aplikasi yang benar-benar paten untuk mengintip sandi hotspot tesebut meminta akses Root secara penuh.

Kekurangan dari aktifitas Rooting pada ponsel Android adalah garansi produk hilang dan ponsel jadi kurang aman sebab celah keamanan yang selama ini dilindungi oleh KNOX Samsung anda buang.

Cara Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 Dengan PC

Nge-Root ponsel android dengan PC meski agak sedikit ribet tetapi hasil rootnya permanen. Berbeda dengan hasil Rooting dengan APK tertentu yang akan hilang akses Administratornya bila Aplikasinya di Uninstal.

Yang perlu digaris bawahi, ada dua tahapan yang akan dijelaskan pada panduan Rooting Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082ini, dimana tahap pertama adalah pemasangan Custom Recovery.

Mengapa kita perlu Custom Recovery…?, karena Recovery bawaan Samsung tidak bisa menginstall File Zip sehingga harus kita ganti dengan yang lebih Advance dalam hal ini kita pakai Clock Work Mod Recovery (CWM). Atau bisa juga dengan TWRP.

Setelah proses pemasangan Custom Recovery berhasil, baru kita masuk ketahap Rooting dengan menginstal File Super SU yang dalam hal ini memiliki format Zip.

Lalu, apa saja yang diperlukan untuk nge-Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082…?

Bahan-bahan Root Samsung Galaxy :

Langkah-Langkah Root Samsung Grand 2 SM-G7102

Pertama, Install Driver USB Samsung yang sudah didownload . Biasanya komputer minta Restart kalau sudah instal driver, maka langsung Restart saja.

Kedua, salin file Update Super SU ke Micro SD tanpa folder.

Aktifkan USB Debuging dan Unlock OEM di Menu Setelan → Opsi Pengembang → Pendebug USB dan OEM Terbuka Kunci.

Cara Root Samsung Grand Duos

Ekstrak File CWM bila masih dalam format Zip sampai didapat sebuah file dengan eksternsi Tar.MD5.

Jalankan program Odin yang sudah anda download tadi, bila masih dalam format Zip ekstrak dulu dengan aplikasi 7Zip atau Winrarr.

Matikan Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 lalu masuk “ Download Mode ”dengan menekan tombol “ Home+Power+Volume Bawah ”.

Setelah muncul peringatan, tekan Volume Atas untuk menghilangkan pesan tersebut dan masuk download mode.

Sambungkan perangkat Samsung Grand Duos GT-i9082 ke PC dengan kabel data, kalau terbaca ID:COM akan berwarna biru.

Cara Root Samsung Grand Duos

Klik tombol AP / PDA pada program Odin, lalu cari file CWM dengan ekstensi Tar.MD5 tadi lalu pencet tombol Start dan tunggu sampai program Odin menampilkan pesan “Reset“ yang artinya proses pemasangan CWM komplit.

Cara Root Samsung Grand Duos


Ponsel akan restart dengan sendirinya, karena Odin sudah di Setting untuk Restart Otomatis dan anda bisa tutup program Odin setelahnya.

Bila sudah, cabut perangkat Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 lalu masuk ke Recovery CWM dengan menekan kombinasi " Home + Power + Volume Atas ".

Pilih menu “Install Zip” lalu cari file Update Super SU yang ada di SD Card yang sudah anda salin dilangkah kedua.Setelah selesai, kembali ke menu awal CWM dan Restart hp anda.

Selesai.

Untuk memastikan perangkat Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 telah berhasil di Root, gunakan aplikasi Root Checker.

Cara Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 Tanpa PC

Siapa bilang Root hape android hanya bisa dilakukan dengan bantuan PC saja. Saat ini anda sudah bisa nge-Root langsung dari hape tanpa harus instal Custom Recovery seperti CWM atau TWRP.

Root hape androdi tanpa PC dimungkinkan dengan adanya aplikasi KingoRoot. Program Root ini punya jargon One Click Root yang artinya butuh satu klik saja untuk mendapatkan hak akses Administrator dih ponsel android anda.

Lalu, bagaimana caranya…?

Sebelum itu, ada beberapa hal penting yang harus anda persiapkan yakni :

Perangkat dalam keadaan hidup, dengan artian anda bisa mengakses sistem secara penuh.

Daya baterai setidaknya 50% keatas. Bila baterai anda daya simpan baterainya sudah lemah, pastikan dayanya 100% untuk menghindari proses Root terhenti ditengah jalan.

Hape harus terkoneksi dengan internet berkecepatan cukup (minimal 3G) dengan paket data setidaknya 500 MB (lebih banyak lebih baik).

Memberikan akses penginstalan aplikasi diluar Playstore. Caranya buka menu Pengaturan Keamanan Sumber tidak dikenal (diketahui).

Langkah-langkah Root Ponsel Android Tanpa PC

Pertama download dulu file APK KingoRoot versi terbaru.

Selanjutnya anda instal aplikasi KingoRoot seperti biasa. Apabila ada peringatan “ Install Blocked” aturlah agar file APK diluar Playstore bisa terpasang seperti penjelasan ke-4 pada tahap persiapan tadi.

Langkah ketiga, jalankan aplikasi KingoRoot, lalu tap tombol  “ One Click Root “. Tunggu beberapa saat hingga proses Root selesai.

Setelah muncul pesan “ Root Succeded “ artinya ponsel anda telah berhasil di Root. Anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi Root Checker.

Cara Root Samsung Grand Duos

Penutup

Demikian informasi tentang langkah-langkah Root Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 dan pemasangan Custom Recovery CWM, semoga berkah…!
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close