Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menit...Cara Root Grand Neo Plus Dengan dan Tanpa PC

Cara Root Samsung Galaxy Grand Neo Plus GT-i9060i Dengan dan Tanpa PC – Postingan sebelumnya sudah dibahas tentang spesifikasi dan harga bekas Samsung Galaxy Grand Neo Plus yang harganya makin murah saja.

Mengusung spesifikasi Layar 5 inci, RAM 1 GB, Storage 8 GB dan CPU sudah Quadcore membuat hape ini masih banyak dicari. Ponsel keluaran tahun 2014 ini bisa ditemukan mudah di Tokopedia dan Bukalapak.

Banting Harga Grand Neo Plus Bekas Cuma Ratusan Ribu...!

Karena masih menggunakan Android Kit-Kat tampilan sistem pastinya terlihat jadul.

Makanya banyak pengguna Grand Neo Plus yang mencoba memperbaiki tampilan UI Samsung dengan memasang program seperti Xposed meskipun perangkat harus di Root dulu sebelum bisa digunakan.

Terkait dengan hal tersebut, bagi anda yang berencana memasang Xposed dan belum bisa me-Rooting Grand Neo Duos berikut langkah-langkahnya.

Cara Root Grand Neo Plus Dengan dan Tanpa PC


Cara Root Hape Samsung Galaxy Grand Neo Plus Dengan dan Tanpa PC

Secara umum, untuk melakukan Rooting pada hape Samsung Galaxy seperti Grand Neo Plus dan ponsel android lainnya dapat dilakukan dengan 2 cara yakni :

  1. Menggunakan bantuan komputer / PC
  2. Tanpa PC melainkan langsung dari hape dengan program tertentu. 

Yang paling simpel menurut saya sih yang langsung dari hape karena tidak semua orang yang punya hape android juga punya komputer.

Supaya lebih jelas, berikut langkah-langkah Root hape samsung Grand Neo Plus dengan dan tanpa PC sehingga  anda punya alternative ketika cara yang satu gagal.

Root Hape Samsung Dengan PC

Yang dibutuhkan pertama kali tentu saja sebuah perangkat PC dengan OS Windows. Rekomendasi Windows 7 sebab versi dari Windows ini lebih stabil dan minim mengalami masalah saat digunakan flashing hape android.

Selain itu, anda juga memerlukan program Odin dan Tool Root yang dalam kasus ini kita menggunakan SuperSU. Dan juga, pastikan didalam sistem komputer sudah terpasang  Driver USB Samsung agar Hape dapat terbaca oleh Windows.


Selanjutnya, aktikfan USB Debuging (Pendebug USB) dan OEM Unlocking. Tujuan mengaktifkan pendebug USB agar komputer diizinkan untuk memasang perangkat lunak didalam sistem Android.

Sedangkan OEM Unlocking pada hape Samsung menurut saya mirip Unlock Bootloader di hape merek lain.

Istilah USB Debuging adalah pemberian ijin kepada perangkat komputer untuk melakukan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, proses instalasi Stock ROM akan GAGAL.

USB Debuging dan OEM Unlock merupakan sub menu dari Mode Pengembang (Developer Mode). Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas.

Guna  menampilkan menu Mode Pengembang pada menu Setting, Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Untuk mengaktifkan USB debugging dan OEM Unlock, buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB. Berikan centang atau geser slider kekanan untuk mengaktifkan USB Debuging dan OEM.

Langkah-Langkah Root Samsung Galaxy Grand Neo Plus:

Matikan perangkat Samsung Galaxy, dengan cara menekan tombol power lalu melepaskan baterai bila memungkinkan.

Masuk ke download mode dengan cara menekan tombol “ POWER+HOME+VOLUME BAWAH “.Yang Tidak punya tombol Home seperti Samsung A6, tekan tombol “ POWER+VOLUME ATAS+VOLUME BAWAH “. Lepaskan tombol setelah layar berubah tampilan seperti gambar berikut :

Cara Root Grand Neo Plus Dengan dan Tanpa PC
Download Mode

Setelah masuk Download Mode  anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi perangkat lunak apapun dengan download mode dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Abaikan pesan tersebut dengan menekan “ VOLUME ATAS “ untuk lanjut ke Download Mode.
Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Program Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Cara Root Grand Neo Plus Dengan dan Tanpa PC


Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna.

Pada Message Box akan muncul pesan “ADDED” sesaat setelah Ponsel Android tersambung.

Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “AUTO REBOOT” dan” F. RESET TIME “.

Masukkan Tool Root CF-Auto-Root.TAR.MD5, atau bisa coba menggunakan SuperSU. Tekan tombol PDA / AP lalu cari file yang dimaksud dengan Ekstensi Tar.MD5 yang dimaksud.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ START “ pada aplikasi Odin untuk memulasi proses Rooting.

Setelah muncul pesan “PASS” pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Root Hape Samsung Grand Neo Duos Tanpa PC

Kingroot adalah aplikasi populer yang banyak direkomendasikan untuk melakukan Rooting pada ponsel android guna mendapatkan hak akses penuh pada sistem. Kelebihan utama Rooting ponsel dengan aplikasi Kingroot adalah kemudahan dalam penggunaannya.

Bagaimana langkah-langkah Root dengan Kingroot...?

  • Langkah 1. Pastikan Hape Samsung anda telah aktifk OEM Unlock dan USB Debuging, cara dan penjelasan sudah dijelaskan diawal tadi.
  • Langkah 2. Dapatkan aplikasi Kingroot. Program ini (Kingroot) tidak tersedia di Google Playstore, sebab aplikasi ini dikategorikan sebagai aplikasi berbahaya. Download Kingroot versi terakhir...!
  • Langkah 3. Berikan izin pemasangan aplikasi dari sumber tidak diketahui dengan cara buka menu Pengaturan → Kunci Layar dan Keamanan → Aktifkan (Slide) Togle "Unknown Soucre" atau "Sumber Tidak Diketahui".
  • Langkah 4. Instal apk Kingroot yang telah didownload tadi dengan mengikuti perintah yang diberikan.
  • Langkah 5. setelah proses instal selesai dilakukan, akan muncul opsi "OPEN" untuk menjalankan aplikasi Kingroot.
  • Langkah 6. Jalankan aplikasinya dengan memilih opsi tombol "TRY IT" agar bisa lanjut ke menu Root kemudian pilih opsi "GET NOW" guna menjalankan proses Rooting yang bakalan berlangsung beberapa menit. Biasanya sih maksimal hingga 5 menitan bahkan kurang.
  • Langkah 7. Bila telah selesai, akan muncul pesan "ROOTED" yang menandakan ponsel Hape Samsung telah berhasil di Root.

Guna memastikan perangkat Hape Samsung memang telah di Root atau tidak, gunakan aplikasi Root Checker di Google Playstore atau aplikasi lain yang punya fungsi sama.

Demikian informasi tentang Cara Root Samsung Galaxy Grand Neo Plus, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close