Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware (Stock ROM) Samsung J5 Pro (No Gagal)

Cara Flash Firmware Android Samsung J5 Pro SM-J530Y/DS Indonsesia - Ponsel Androdi terbaru Samsung yakni Galaxy J5 Pro 2017 termasuk salahsatu dari sedikit produk hape lama yang mendapat pembaruan perangkat lunak hingga dua kali.

Padahal bila melihat dari segi spesifikasi, hardware yang diusung tergolong standar saja seperti CPU Octacore ARM Cortex A53, RAM sejumlah 3 GB dan Storage 32 GB.

Tetapi Embel-embel Pro yang disandang hape ini dapat langsung terlihat dengan penggunaan bodi metal dan luminasi kaca pada layar. Tidak lupa pula ada baterai dengan kapasitas jumbo dipasang guna menopang aktifitas penggunanya seharian penuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah spesifikasi utama dari Samsung J5 Pro 2017...!

Cara Flash Firmware (Stock ROM) Samsung J5 Pro (No Gagal)

Spesifikasi Utama Samsung J5 Pro 2017 SM-J530Y/DS

  • Bodi : Cover Belakang Aluminium, Depan Kaca.
  • Layar : 5.2 inci / Super AMOLED / Resolusi HD (1280x720 / Aspek Rasio 16:9 / Kerapatan Layar 292 PPI.
  • Chipset : Samsung Exynos 7870 (14nm) / CPU Octacore ARM Cortex A53 1.6 GHz / Mali T830 MP1.
  • Memori RAM : 3 GB
  • Storage : 32 GB
  • Baterai : 3000 mAh Non Removable Li-ion
  • Kamera : 13 MP f/1.7 (LED Flash, HDR dan Panorama) / 5 MP f/1.9.
  • Konektifitas : WLAN / Bluetooth / Radio / GPS
  • Sensor : Finger Print / Proximity / Aceelerometer / Gyroscope / Kompas / ANT+
  • Perangkat Lunak : Android 7 / Android 8 / Android 9
Seperti informasi yang ada dalam data spesifikasi Samsung J5 Pro diatas, ponsel ini mendapatkan pembaruan perangkat lunak sistem hingga Android Pie 9.0. Sementara diawal kemunculannya, ponsel ini menggunakan Android Nougat kemudian Oreo 8.1 yang hadir setahun setelahnya.

Berikut adalah fitur utama dari ketiga versi Android yang dimiliki J5 Pro.

Fitur Firmware Android Nougat Samsung J5 Pro 

Firmware Android Nougat versi  7.0 dirilis pada bulan April tahun 2018 silam atau kurang lebih satu tahun semenjak perilisan Samsung J5 Pro bulan Juni 2018.

Pembaruan yang disematkan dalam firmware ini Samsung fokus pada pengoptimalan sistem dari beragam bug yang salah satunya kerap menyebabkan pemborosan penggunaan daya meski pemakaian masih dalam sekala normal.

Fitur yang disematkan pada Android 7 Nougat ini antaralain :
  1. Pembaruan Google Keyboard. Desain Google Keyboard yang menjadi papan ketik bawaan Samsung J5 Pro dalam pembaruan Android Nougat dirancang lebih elok dengan kombinasi warna cerah serta koleksi Emoji lebih lengkap. Meskipun perbedaan yang ada tidak terlalu kentara, setidaknya nuansa baru yang dibawa dapat memberikan nuansa mengetik yang lebih nyaman dengan peningkatan akurasi sentuhan pada tuts.
  2. Night Mode. Pengguna seringkali mengalami lelah pada mata saat sedang mengoperasikan perangkat pada kondisi cahaya redup (malam hari). Dengan adanya fitur night mode ini, layar secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar dan berubah jadi agak kekuningan. Dengan fitur ini mata jadi lebih relax serta tidak mudah lelah.
  3. Doze Mode (Penghemat Daya). Fitur pengehemat daya pada Android terus ditingkatkan dari edisi ke edisi. Beragam metode dikembangkan untuk menekan penggunaan daya tidak perlu. Pada Android Nougat fitur Doze kembali ditingkatkan performanya dalam menekan pemakaian daya tanpa mengganggu kestabilan performa perangkat.
  4. Mode Notifikasi Interaktif. Pembaruan gaya notifikasi yang disematkan pada pembaruan sistem ke Android Nougat dibuat lebih interaktif dengan cara mengelompokkan pemberitahuan berdasarkan aplikasi, misalnya pemberitahuan WhatsApp. Selain itu, pengguna juga bisa langsung membalas Chat WhatsApp lewat notifikasi tanpa perlu masuk ke aplikasi. Hal tentu dapat menghemat waktu anda dalam membalas Chat.
  5. Penghemat Kuota. Salahsatu kendala penggunaan perangkat android adalah tingkat konsumsi data  seluler yang kadang-kadang tidak bisa terkontrol. Paket data bulan seringkali habis sebelum waktunya. Guna mengatasi hal tersebut, sekarang pengguna dapat sedikit lebih tenang karena Android Nougat punya penghemat data pada Browser dan aplikasi online yang mana secara otomatis halaman web yang dibukan akan akan dipress sedemikian lupa jadi lebih simple dan hemat data.
  6. Split Screen. Sekarang dengan adanya sistem operasi android 7 yang sudah punya fitur Split Screen pada perangkat J5 Pro pengguna bisa memutar (streaming) video YouTube sembari ngetweet lewat aplikasi Twitter. 

Fitur Firmware Android Oreo Samsung J5 Pro

Sebagai versi pembaruan dari Android sebelumnya, Android Oreo tidak lupa pula diberikan suntikan fitur yang akan memudahkan pengguanya melakukan banyak hal.

Beberapa fitur utama yang dimiliki Android 8.1 Oreo yang bakalan dimiliki oleh Samsung J5 Pro antaralain :
  1. Seleksi Teks Pintar. Fitur ini memungkinkan pengguna menyalin teks maupun angka dengan lebih baik, dimana sistem langsung bisa mengindentifikasi batas seleksi teks yang diperlukan. Contoh : pada sebuah halaman web ada alamat email kontak yang ingin anda hubungi, pada saat mulai menyeleksi, sistem langsung bisa mengenali bahwa teks tersebut adalah alamat email sehingga langsung menyeleksi alamat email secara lengkap.
  2. Google Play Protect. Beberapa waktu lalu seperti yang diberitakan media daring seperti Kompas.com, Google membasmi ribuan aplikasi jahat yang terindikasi melakukan mengumpulkan data penggunanya secara tidak syah. Untuk mencegah hal tersebut dimasa mendatang, Google mengembangkan sistem keamanan aplikasi yakni Play Protect guna memindai aplikasi di Playstore maupun aplikasi yang sudah terpasang pada sistem. 
  3. Instant Apps. Dengan adanya fitur instant apps, kita tidak perlu lagi mendownload aplikasi terlebih dahulu saat membuka link produk di aplikasi Market Place seperti Tokopedia lewat Browser. Google chrome akan menyesuakian tampilan halaman persis seperti tampilan aplikasi.
  4. Notifikasi Model Titik. Pemberithuan pada aplikasi dengan menampilkan tanda titik di icon aplikasi ini sebenarnya sudah dulu ada di iOS. Tanpa menunggu lama, fitur ini juga telah hadir di Android tepatnya di edisi 8.1 Oreo.
  5. Kaya Emoji. Berkirim pesan di Android Oreo semakin semarak dengan hadirnya ribuan emoji baru. Tidak hanya itu, kata yang ditulis di papan ketik akan langsung berubah menjadi emoji jika kata kunci yang dituliskan punya emoji yang cocok dengan database emoji pada sistem.

Fitur Firmware Android Pie Samsung J5 Pro

Firmware Android Pie untuk Samsung J5 Pro dirilis pada bulan agustus 2019 kemarin dan bisa diunduh langsung lewat hape dan memperbaharuinya secara online.

Sebagai versi terbaru, Android Pie tentunya sudah disuntikkan banyak fitur menarik yang siap anda gunakan setelah berhasil memasangnya di J5 Pro anda.

Dari sekian banyak fitur yang ada, fitur Dark Mode dan Adaptive Battery menjadi fitur paling menarik untuk dibahas.
  1. Dark Mode. Tema warna gelap yang dipopulerkan google ini mulai banyak diterapkan pabrikan ponsel di produk baru mereka. Penggunaan tema gelap ini menurut hasil test yang dilakukan google mampu menekan penggunaan daya hingga 70% lebih hemat. Sebagai informasi, Dark Mode pada ponsel android Samsung dinamakan Night Mode seperti yang dimiliki Android Nougat namun menerapkan tema dengan warna gelap.
  2. Adaptive Battery. Fitur ini akan mengenali perilaku penggunanya terkait kebiasaan mereka dalam menggunakan aplikasi. Aplikasi yang sering digunakan akan diberikan porsi daya yang cukup sedangkan yang tidak terpakai porsinya dikurangi atau bahkan dihilangkan.
Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki oleh versi android yang didapatkan Samsung J5 Pro 2017, maka selanjutnya kita masuk ke kecara Flashing Firmware-nya.

Cara Flash Samsung J5 Pro 2017 SM-J530Y

Persiapan yang diperlukan saat akan melakukan flashing Firmware / Stock ROM Android perangkat samsung galaxy adalah :

1. Firmware Android Yang mendukung Bahasa Indonesia

Firmware ini adalah file sistem yang akan kita instal di hape tapi masih mentah. Sedangkan untuk menginstal firmware diperlukan bantuan program bernama Odin.

Perlu untuk anda ingat bahwa Firmware yang digunakan perangkat yang satu dengan yang lain tidaklah sama meskipun berasal dari satu pabrikan (misalnya Samsung) atau satu seri (Seri J) dan tipe yang sama.

Solusinya agar tidak salah dalam memilih Firmware adalah downloadlah firmware dengan Kode Pita Dasar yang sama, berlaku untuk Android Kit Kat kebawah.

Sedangkan untuk ponsel Android Samsung dengan versi Android Lollipop keatas sesuaikan dengan Nomor Versi.

Misalnya Samsung Galaxy dengan Kode Pita Dasar DXU maka downloadlah firmware dengan kode pita dasar DXU juga.

Permasalahan beda negara juga tidak masalah, asalkan Pita Dasar / Nomor Versi tetap sama.

Untuk mengetahui versi Pita Dasar buka menu : Setelan -> Tentang Telepon -> Informasi Perangkat Lunak.

Perhatikan pada Kode yang terdapat pada Versi Pita Dasar /  Nomor Versi.

Link Download Firmware Samsung J5 Pro 2017 SM-J530Y

2. Driver USB Samsung

Driver USB Samsung kita perlukan agar perangkat Samsung Galaxy yang akan di flash bisa terbaca oleh komputer.

Odin sendiri hanya dapat bekerja di komputer dengan Sistem Operasi Windows. Program Odin tidak bisa membaca hardware, sehingga untuk mendeteksi perangkat dia bergantung dari komputer tempat dia dijalankan.

Download Driver USB Samsung

3. Program Odin 

Perlu untuk anda ingat bahwa Versi Odin yang digunakan tidaklah sama untuk semua perangkat Samungtergantung dari versi Android yang ponsel kita jalankan.

Odin Versi terbaru V.3.11 mendukung Android Marshmallow, Nougat dan Oreo.Sedangkan Odin versi 2.3.0 biasanya untuk Ponsel Samsung dengan Android Jelly Bean kebawah.

Satu hal lagi…!

Terkadang firmware yang ada di internet yang dipaket dalam format zip terdiri dari 4 tipe file yang dapat dilihat dari kode diawal nama file seperti : AP, BL, CP dan CSC.

Jika anda medapatkan firmware seperti ini, gunakan Odin yang ada tombol AP-nya, bukan PDA. Salah menggunakan Odin dapat membuat proses Flashing gagal (Failed).

Download Odin

4. USB Debugging 

Istilah USB Debuging adalah pemberian ijin kepada perangkat komputer untuk melakukan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, proses instalasi Stock ROM akan GAGAL.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB.

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

5. Backup Data dan Isi Daya

Meskipun kenyataannya melakukan flashing tidak akan menghapus data pada memori internal, sebaiknya data penting seperti foto dan video dicadangkan dulu ke memori eksternal atau harddisk laptop.

Tidak lupa pula untuk isi daya hingga 100% atau setidaknya 60% guna menghindari terhentinya proses pemasangan sistem karena kehabisan daya.

Langkah-Langkah Flashing Samsung Galaxy Menggunakan Odin

Matikan perangkat Samsung Galaxy anda lalu masuk ke Mode Download dengan cara Menekan tombol HOME + POWER + VOLUME BAWAH.

Pada saat handphone bergetar lepaskan tombol Power tapi tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home.

Setelah masuk Download Mode  anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi Firmware dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.
Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Tampilan Odin akan tampak seperti gambar berikut :

Cara Flash Firmware (Stock ROM) Samsung J5 Pro (No Gagal)


Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna.

Pada Message Box akan muncul pesan “ADDED” sesaat setelah Ponsel Android tersambung.

Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “AUTO REBOOT” dan” F. RESET TIME “

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

Firmware Dengan 4 File Binary

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5.

Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari banyak file seperti : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC.

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.

Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Penyebab Flash Firmware Samsung J5 Pro Gagal

1. Salah Pilih Firmware

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Firmware pada ponsel android hanya bisa digunakan untuk satu tipe hape saja. Artinya, Firmware android Samsung J5 tidak bisa dijalankan pada hape Samsung J7.

Selain itu, meski memiliki seri yang sama, misalnya sama-sama J5 Pro. Proses instalasi flashing firmware akan gagal bila firmware tersebut tidak cocok dengan versi pita basis yang dijalankan sebelumnya.

2. Tidak Mengaktifkan USB Debuging dan OEM Unlock

Mengaktifkan USB Debuging dan OEM Unlock merupakan cara untuk memberikan akses kepada komputer agar bisa menginstal perangkat lunak pada hape androdi. Tidak mengaktifkan keduanya akan membuat flashing gagal atau ponsel tidak dibaca oleh komputer.

3. Firmware Korup (Rusak)

Yang terakhir ini sudah pasti, sebab firmware yang korup berarti ada sebagian isi didalam firmware yang hilang. Kondisi ini disebabkan proses download yang tidak sempurna atau proses penyalinan file yang terputus meskipun dari keterangan ukuran file sudah sesuai dengan file sumber yang disalin.

Demikian informasi tentang cara flash Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530Y/DS Versi Bahasa Indonesia dengan 4 File Binari. Semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close