Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Galaxy A30S Spesifikasi dan Harga Tahun 2019

Samsung A30S - September tahun ini Samsung resmi merilis ponsel generasi pembaruan dari seri A30 yakni Galaxy A30S guna mengamankan posisi puncak sebagai penguasa pasar Smartphone kelas menengah kebawah yang saat ini mulai digoyang Redmi dan Realme.

Ponsel Android Samsung Galaxy A30S sendiri sudah resmi beredar secara luas di India dan sepertinya tidak menutup kemungkinan hape ini bakalan diboyong ketanah air sehingga kita bisa punya ragam opsi produk smartphone Android.

Bila Samsung A30S merupakan seri REFRESH dari pendahulunya yakni A30, maka apa pembaruan apa saja yang dibawa oleh hape ini sehingga layak untuk diperhitungkan, mengingat Samsung A30 sendiri dari desain dan spesifikasi juga cukup baik.

Spesifikasi Utama Samsung Galaxy A30S

Samsung Galaxy A30S
Tampilan Samsung A30S

  • SoC : Exynos 7904 (14 nm), Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53), GPU Mali-G71 MP2
  • Versi Android : Android 9.0 (Pie)
  • Memori Penyimpanan dan RAM :32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM
  • Dukungan Eksternal Memori : microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
  • Ukuran Layar : 6.4 inci, Panel Super AMOLED, Aspek Rasio : 19:9
  • Kamera Belakang : 25MP + 8MP + 5MP
  • Kamera Depan : 16MP
  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Kelengkapan Sensor : Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
  • Kelengkapan Port : 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
  • Kapasitas Baterai : Non-removable Li-Po 4000 mAh battery dengan fitur Fast battery charging 15W

Prosesor Samsung Exynos 7904 Delapan Core

Samsung Galaxy A30S Spesifikasi dan Harga Tahun 2019

Samsung bersama Huawei menjadi perushaan yang selain terjun langsung keranah perangkat Mobile tetapi punya lini bisnis Semikonduktor sendiri. Samsung punya Exynos dan Huawei dengan HiSilicon Kirin-nya.

Samsung begitu getol memperkenalkan kepada khalayar jajaran SoC Exynos terbarunya dengan mengintegrasikanya pada Smartphone Android mereka.

Samsung Galaxy A30S sendiri menjadi salah satu yang menggunakan SoC bikinan Samsung dimana  didalamnya terdapat Exynos 7904 yang juga dipakai Galaxy M20.

Berbeda dengan SoC Snapdragon yang mudah sekali diidentifikasi kelasnya hanya dengan melihat angka awalnya misalnya 600 Series untuk kelas menengah. Samsung Exynos tidak begitu sebab tidak ada kode khusus saat ini yang bisa jadi patokan bahwa SoC ini masuk kelas apa.

Berdasarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber, Exynos 7904 sejatinya andalan Samsung guna berhadapan dengan Snapdragon S Series terbaru seperti Snapdargon 636 yang mana SoC tersebut digunakan Zenfone Max Pro M1.

Samsung Exynos 7904 dibangung dengan fabrikasi 14 nanometer. Intinya sendiri tersusun atas konfigurasi 2 buah Core ARM Cortex A73 1.8GHz untuk performa. Sisanya 6 Core ARM Cortex A53 1.6GHz untuk hemat daya dan menghandle aplikasi ringan.

SoC ini juga menggunakan teknologi big.LITTLE-nya ARM yang mana sebuah chip yang dapat beralih di antara dua set core prosesor untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan baterai.

Samsung Galaxy A30S Spesifikasi dan Harga Tahun 2019


Misalnya, ketika memainkan game core yang lebih kuat akan digunakan untuk meningkatkan kinerja, sedangkan untuk sekedar memeriksa email masuk akan langsung diambil oleh satu buah core saja untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Untuk modemnya sendiri, Exynos 7904 menggunakan LTE Cat.12 3CA yang punya Downlink hingga 600 MBPS.

Layar Sama-Sama 6.4 inci, Resolusi Turun

Samsung Galaxy A30S dari segi komposisi layar yang digunakan begitu identik dengan kakaknya A30 biasa. Baik itu dari segi ukuran layar yang sama-sama 6.4 inci, sama-sama menggunakan panel Super AMOLED dengan Infinity V Display.

Tetapi ternyata Resolusi layar dari Samsung A30S diturunkan dari yang sebelumnya A30 berada diangka 1080P+ menjadi 720P+ saja,

Samsung menyisipkan Material Ultra High Glossy pada body belakang Samsung A30S dan dituntaskan dengan sentuhan Patern dengan efek 3D yang ciamik Soro.

Mungkin banyak yang mengira jika penurunan resolusi ini bakalan berpengaruh banyak pada performa, tetapi sebenarnya penurunan ini adalah berkah bagi anda yang suka menggunakan hape ini untuk bermain game online semisa ML, AOV, FF atau PUBG.

Resolusi tinggi memang secara otomatis memerlukan kerapatan pixel yang tinggi pula. Kondisi ini akan membuat gambar yang ditampilkan lebih jernih dan hidup.

Tetapi, performa layar yang tinggi juga menambah pekerjaan untuk GPU dimana layar tipe ini menguras tenaga lebih banyak. Saat digunakan bermain game Resolusi 720P+ bakalan berjalan lebih mulus ketimbang 1080p+.

Triple Kamera Dengan Dukungan Perekaman Video Slow-Mo

Apple pertamakali memperkenalkan fitur rekaman video Slow Motion pada iPhone 6. Tidak butuh waktu terlalu lama bagi android untuk mengekor dan tadaaa...produk Smartphone Android flagship rata-rata sudah dibenamkan fitur tersebut.

Saat ini tidak hanya ponsel Android flagship yang bisa merekam video gerak lambat laiknya iPhone. Dengan bantuan aplikasi Google Camera sebagian besar hape bisa pula melakukannya.

Samsung A30S tanpa GCam bisa juga melakukan perekaman video gerak lambat sebab kameranya sudah punya fitur tersebut sejak awal yang tertanam dengan ISP bawaan Exynos 7904.

Untuk urusan mengambil gambar dan merekam video, ponsel ini punya komposisi kamera yang  boleh dibilang Ciamik. Samsung Galaxy A30S mempunya konfigurasi kamera berupa lensa Kamera utama 25MP denga bukaan f/1.7, 5MP Depth Sensor dan 8MP lensa Ultra Wide. Untuk kamera selfinya sendiri dibenamkan lensa kamera 16MP dengan aperture f/.2.0.

Samsung Galaxy A30S hadir kepasaran dengan 3 pilihan ruang penyimpanan dan RAM yakni 3/32, 4/64 dan 4/128. Perbedaan harganya berkisar antara 100-200Rb.

Selain itu, ada slot memori eksternal terdedikasi yang mampu menampung Micro SD hingga 1TB.

Versi Android Yang Dijalankan

Samsung A30S dari awal sudah menjalankan Sistem Android 9 Pie yang telah mengalami penyempurnaan fitur seperti dengan ditambahkannya Mode Gelap dan fitur Adaptive Battery.

Mode Gelap atau di perangkat Samsung dinamakan Night Mode tidak hanya sekedar merubah warna App Drawer menjadi hitam untuk sekedar ikut trend yang dikomandoi Google.

Lebih dari itu, penerapan Dark Mode pada ponsel Android akan menekan penggunaan daya secara signifikan yang mana menurut penjelasaan Google angka penghematannya bisa mencapai 70%.

Selain itu, ada fitur Adaptive Battery yang mana fitur ini bakalan menganalisa kebiasaan dari penggunaanya dalam menjalankan aplikasi setiap harinya. Selanjutnya dengan kombinasi AI yang dicangkokkan pada Sistem, ponsel dengan fitur Adaptive Batery dapat memilah aplikasi apa saja yang memang sering digunakan pengguna sehingga secara otomatis mengalokasikan daya ke aplikasi yang dimaksud.

Harga Samsung Galaxy A30S

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi, Samsung A30S belum resmi masuk di Indonesia sehingga tidak ada angka pasti untuk harganya.

Melihat dari banderol harga Samsung A30S di India, bisa saja dijadikan patokan harga dari perangkat ini di Indonesia.

Samsung Galaxy A30S dengan varian 4/64 dibanderol dengan harga 3 jutaan setelah dikonversi nilai mata uangnya ke rupiah.

Sedangkan untuk varian warna yang tersedia ada Prism Crush Black, Prism Crush Violet dan Prism Crush White. Kalau bahasa gampangnya sih Hitam, Ungu dan Putih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close