Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur SOS Darurat di MIUI 10, Pengertian dan Cara Penggunaan

Fitur SOS Darurat di MIUI 10

Banggras Android / Fitur SOS Darurat di MIUI 10/

Pada saat akan keluar rumah untuk beli gas LPG 3 kiloan tanpa sengaja saya menemukan sekelompok pemuda yang sedang mencuri mangga dihalaman rumah.

Sontak tanpa ba bi bu saya langsung berteriak “ Maling “  lalu bergegas melepas sandal guna menghajar sekelompok pemuda bengal tadi yang memetik mangga tanpa izin.

Melihat saya semakin mendekat, sekelompok pemuda tersebut langsung kabur menggunakan sepeda motor dengan membawa hasil rampasan yang tidak terkira jumlah dan nilainya.

Tidak ingin kecolongan, saya segera menghidupkan motor dan mengejar maling mangga tadi dengan hanya membawa hape tanpa sempat membawa sapu atau yang lainnya sebagai persiapan jika terjadi kontak fisik maupun batin.

Setelah 5 jam pengejaran yang melelahkan motor saya kehabisan bensin sehingga membuat saya kehilangan jejak dari gerombolan pemuda pencuri mangga.

Nengok kekanan dan kekiri saya baru sadar jika telah tersesat serta berada terlalu jauh dari rumah.
Apesnya.. tidak ada satu orangpun yang lewat untuk dapat anda tanyai jalan untuk pulang.

Tetapi untung ada Aplikasi SOS darurat pada perangkat Xiaomi saya. Dengan fitur ini saya bisa mengirimkan pesan minta pertolongan kepada nomor yang sebelumnya telah dimasukkan kedalam daftar kontak darurat.

Nantinya hape saya akan mengirimkan pesan berisi pesan darurat serta lokasi hape saya terakhir terdeteksi oleh GPS sehingga kontak darurat yang menerimanya dapat menemukan saya.

Fitur ini didapat setelah saya melakukan update ke versi MIUI 10 9.1.24 Beta (Versi Developer).

Tidak lama menunggu, akhirnya dari jauh tampak pria berkumis tebal menggunakan peci hitam melambaikan tangan diatas motor Honda CB 150R. setelah agak mendekat ternyata orang berpeci itu adalah Bapak Kepala Desa. Disebelahnya ada Pak RT, Bapakku, Tetanggaku si Darjo, beserta kawan-kawan yang lain seperti Slamet, Sadri, Muhidin dan Safar.

Terimakasi ya tuhan, ucapku...

Jangan Percaya cerita diatas...!

5 Langkah Menggunakan Fitur SOS Darurat MIUI

Langkah 1. Buka Fitur SOS Darurat Pada Menu Pengaturan Lalu Aktifkan

Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Pengaturan / SOS Darurat



Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Swipe Tombol Kekanan Untuk Mengaktifkan Fitur SOS Darurat

Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Pilih Setuju untuk Syarat dan Ketentuan

Buka menu “ Pengaturan “ pada ponsel Xiaomi anda lalu cari SOS Darurat. Setelah itu aktifkan dengan cara Swipe Tombol kekanan.

Tapi...

Seperti yang sudah saya ceritakan diawal tadi jika fitur SOS Darurat mungkin hanya ada di MIUI 10 Beta (Versi Developer) saja. Saat postingan ini ditulis, versi ROM yang terinstal ada pada perangkat Xiaomi saya adalah MIUI 10 9.1.24 Beta.

Untuk itu, bagi anda yang masih menggunakan MIUI 9 atau dibawahnya harus Upgrade ke versi yang didukung. Yang belum tahu cara Upgrade MIUI, panduannya sudah saya jelaskan dibeberapa artikel jadi silahkan baca.

Langkah 2. Tambahkan Nomor Kontak Darurat

Setelah mengaktifkan fitur SOS Darurat, tambahkan nomor kontak yang ada di ponsel anda. Karena untuk uji coba silahkan saja pilih kontak secara sembarang seperti teman disebelah anda.

Namun setelah anda tahu cara penggunaannya, pastikan hanya orang-orang terdekat dan anda percaya saja yang ada didalam kontak darurat karena hal ini terkait dengan Langkah No.5 nanti.

Sebelum lupa, pastikan kontak yang anda masukkan ke kontak darurat menggunakan ponsel Android dan dapat terkoneksi ke Internet.

Jumlah kontak yang bisa anda tambahkan tidak terbatas, jadi silahkan tambahkan 10 orang saja dulu sebagai permulaan. Gunakan fungsi “ Tambah “ untuk memasukkan nomor baru ke daftar kontak darurat atau “ Ubah “ untuk memodifikasi nomor kontak.

Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Klik Tambah untuk memasukkan Kontak Darurat


Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Gunakan fitur Ubah untuk edit No dan + untuk menambah kontak


Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Pesan Pemberitahuan akan terkirim


Langkah 3. Kirim Pesan Pemberitahuan ke Kontak Darurat

Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Isi Pesan Pemeritahuan


Kirimkan pesan (SMS) pemberitahuan ke kontak yang telah anda masukkan ke dalam daftar darurat supaya maklum.

Langkah 4. Uji Coba Fitur SOS Darurat

Setelah semua langkah awal selesai anda lakukan, lakukan uji coba dengan cara menekan tombol Power sebanyak 5 kali secara beruntun.

Nantinya ponsel anda akan mengirimkan sebuah pesan ke semua kontak darurat yang berisi permohonan bantuan dan link (Google Maps) yang nantinya dapat anda buka melalui Browser Chrome / aplikasi Maps guna mengetahui lokasi terakhir anda saat mengirimkan pesan tersebut.
Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Isi Pesan SOS yang akan terkirim ke kontak beserta Link

Gambar 8
Fitur SOS Darurat di MIUI 10
Lokasi 


Langkah 5. Berdo’a 

Setelah anda melakukan semua tahap diatas, pastikan untuk tetap selalu berdo’a semoga saja  kelak saat anda betul-betul menggunakan fitur SOS ini ada orang mau datang menjemput anda.

Untuk itu pastikan kontak darurat ini berisi keluarga dekat dan sahabat serta menggunakan ponsel android serta selalu sedia paket data internet.

Penutup

Nah itulah penjelasan lengkap tentang cara menggunakan fitur SOS Darurat pada ponsel Xiaomi semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close