Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klik Disini...3 Cara Upgrade Android Xiaomi Redmi

3 Cara Upgrade Android Xiaomi


3 Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Redmi

Agar sebuah smartphone android memiliki kinerja yang optimal maka diperlukan perangkat lunak yang mutahir pula. Oleh karena itu google dan perusahaan produsen hape yang menjadi mitranya dalam membuat smartphone android terus melakukan riset guna menemukan formula yang tepat guna menghasilkan perangkat lunak yang bebas masalah (bug).

System terbaru juga diberikan tambahan fitur-fitur yang akansemakin memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan perangkat mereka.

Sejatinya, pembaruan perangkat lunak pada perangkat android umumnya dan  xiaomi pada khususnya dapat diperoleh dengan dua cara yaitu : mengunduh langsung dari perangkat masing-masing atau mendownload firmware (ROM) terlebih dahulu disitus resmi xiaomi en.miui.com kemudian menginstallnya secara manual. Terkadang karena berbagai hal tidak terduga, seringkali terjadi kegagalan dalam melakukan instalasi, sehingga diperlukan metode lain dalam proses instalasi ROM.

Ada tiga cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan versi android hape Xiaomi tipe Apapun baik itu Redmi 3, Redmi 5 maupun seri Note.

Sedangkan untuk bahan uji coba pada artikel ini saya menggunakan Redmi 4X yang sebelumnya menjalkankan Android Marshmallow untuk di Upgrade ke Versi Nougat. Tentunya dengan balutan antar muka MIUI 9 jika ingin menjalankan yang versi Stabil atau MIUI 10 untuk yang mau coba versi Developer.

Cara 1. Upgrade Android Secara Onlin (Over The Air)

Istilah Over The Air (OTA) maksudnya adalah kita mendownload ROM terbaru langsung dari perangkat xiaomi dengan mengakses menu pembaruan yang ada pada setiap perangkat xiaomi.

Caranya, buka menu : Setelan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem / Periksa Pembaruan. Apabila tersedia pembaruan perangkat lunak terbaru, anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan yakni mengklik tombol update (perbarui).

Karena ukuran file yang harus didownload cukup besar yakni sekitar 1,5 GB, sebaiknya anda menggunakan jaringan Wifi (yang kencang tentunya) saat mendownload file update.

Mengapa…?

Karena kalau anda menggunakan jaringan seluler, data yang diperlukan cukup banyak (tidak apa-apa kalau paket data internet anda melimpah).

Selain itu, proses download agak lebih lama karena tergantung kondisi jaringan provider internet yang anda gunakan.

Bukan itu saja masalah yang akan ditemukan apabila anda nekad download pembaruan android dengan data seluler, karena mendownload menggunakan data akan membuat hape cepat panas sehingga menguras daya baterai lebih cepat. Untuk itu pastikan kondisi baterai dalam kondisi penuh 100%.

Syarat lain agar  dapat menginstall paket permbaruan sistem setidaknya dibutuhkan 2 GB ruang kosong pada ruang penyimpanan internal dan kondisi daya baterai minimal 30%.

Jika tidak memenuhi kedua syarat tersebut maka proses install tidak akan bisa dilakukan.

Metode OTA ini sangat mudah dijalankan, tapi mengingat data internet yang digunakan cukup banyak dan juga tidak semua orang punya jaringan Wifi yang kencang, ada baiknya bagi anda untuk mempertimbangkan opsi kedua yakni Cara manual.

Cara 2. Upgrade Android Xiaomi Secara Manual

Yang saya maksud metode manual adalah firmware atau ROM terbaru kita download manual terlebih dahulu. Downloadnya pun bebas darimana saja, bisa langsung dari Hape atau dari komputer jika anda tidak punya paket data cukup untuk mendownload File update.

Yang perlu anda ingat adalah, download ROM MIUI yang sesuai dengan Tipe Hape dan Tipe ROM yang saat ini perangkat anda gunakan. Karena kalau berbeda, maka proses instalasi tidak bisa dilakukan atau bisa saja berhenti ditengah jalan yang kemungkinan akan membuat hape jadi Bootloop.

Cara Cek Versi Android Xiaomi

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, untuk menjalankan proses Upgrade Android pada ponsel Xiaomi anda pastikan ROM MIUI yang akan didownload sesuai dengan Tipe Hape dan Versi Android dan MIUI yang saat ini sedang anda jalankan.

Bagaimana cara downloadnya…?

Pertama kunjungi https://en.miui.com 

Klik tombol MIUI 9 yang ada disebelah kanan, lalu anda akan diarahkan kehalaman download ROM untuk masing-masing perangkat. Disini anda tidak perlu heran jika ROM MIUI tidak hanya tersedia untuk perangkat xiaomi saja tapi juga tersedia juga untuk merk hape lain seperti Samsung, Motorola, Oppo, HTC dll. Untuk mulai mendownload ROM anda hanya tinggal klik “All Device” lalu scroll layar perangkat kebawah dan temukan merk dan tipe hape yang anda gunakan.

Jika saya ingin mendownload ROM untuk hp Xiaomi lain, bagaimana cara mengetahui tipe hp yang saya gunakan. Untuk mengetahui tipe perangkat, anda bisa melihat box (kemasan) perangkat anda dan pasti ada. Tapi kalau anda beli barang bekas, anda dapat membuka menu : Setelan / Tentang Ponsel.

Disana anda dapat melihat Nomor Model perangkat anda misalnya Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi 5A dll. Selain itu ada informasi versi android yang anda gunakan saat ini dan tipe ROM (Versi MIUI).

Dengan informasi ini maka saat anda ingin mendownload ROM pastikan telah sesuai dengan tipe ROM yang digunakan sekarang (Stabil atau Developer), misalnya :Versi Android 6.11 dengan Versi MIUI : MIUI 8 Global 8.2 Stabil atau MIUI 8.2 Beta untuk Developer ( angka yang tercantum hanya contoh saja).

Setelah ketemu langsung klik saja lalu anda akan dibawa kehalaman download firmware untuk perangkat xiaomi anda. Ada dua pilihan firmware yang akan diberikan yaitu : Global ROM dan Chinese ROM. Dua ROM ini dibagi lagi menjadi dua versi yaitu : versi Stabil (direkomendasikan) dan versi Developer yang ditujukan untuk para developer (pengembang).

Perbedaan antara ROM versi Global dan China terletak pada keberadaan aplikasi Google.

Sebagaimana kita ketahui, di china Google sudah ditendang dan produk mereka dilarang, sehingga pada ROM China tidak akan anda temukan Playstore, Gmail, Google Maps dll, melainkan diganti produk sejenis yang dikembangkan developer dalam negeri China sendiri. Untuk menginstall aplikasi google pada ROM China, anda memerlukan aplikasi Google Installer.

Google installer adalah aplikasi yang akan menginstall Google Playstore pada perangkat Xiaomi dengan ROM China, setelah Plasystore terinstall anda tinggal download aplikasi google lain seperti perangkat android pada umumnya. Sedangkan ROM Global pastinya kebalikan dari ROM china dimana semua aplikasi Google sudah nangkring dan dijadikan sebagai aplikasi default.

Lalu…apa perbedaan ROM versi Stabil dan Developer…?

Perbedaan antara ROM Stabil (Stable) dan Developer (Beta) adalah pada performa dan jadwal updatenya.Untuk urusan performa ROM Stabil lebih baik, karena hamper semua BUG yang ada telah diperbaiki secara maksimal. ROM versi stabil sangat dianjurkan untuk anda pengguna smartphone android harian yang tidak doyan oprek sistem.

Untuk ROM Developer (Beta) bisanya mendapatkan jadwal update MIUI lebih cepat beberapa bulan ketimbang versi Stabil (seperti kasus MIUI 9 kemarin), tapi ROM ini memiliki kekurangan berupa masih banyak bug. Maklum saja kalau dalam pengoperasiannya ROM Developer sering Crash, karena ROM ini masih dalam masa pengembangan lebih lanjut.

ROM versi Developer rutin mendapat update setiap minggu tepatnya pada hari Jum’at. Setelah anda menentukan ROM yang anda perlukan, silahkan download filenya kemudian letakkan pada memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder lagi agar nanti mudah dicari saat melakukan instalasi.

Untuk menginstall ROM yang telah didownload buka menu : setelan / tentang ponsel / pembaruan systemArahkan perhatian anda ke pojok kanan atas dibawah icon baterai, ada tombol berupa tiga buah titik untuk menampilkan opsi selanjutnya dari menu pembaruan system. Akan ada 5 buah pilihan yakni : unduh pembaruan, pilih paket pembaruan, pembaruan otomatis, mulai ulang ke mode pemulihan (Recovery) dan apa yang baru.

Karena kita sudah punya file upgrade yang diperlukan maka kita memilih opsi kedua yakni “ Pilih paket pembaruan “ . Pilih opsi tersebut lalu cari file yang telah didownload tadi dengan aplikasi Mi File Manager dan klik file yang dimaksud lalu tekan “ OKE”. Pastikan anda terkoneksi internet karena sebelum diinstall file akan diverifikasi terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul tombol perbarui yang artinya ROM siap untuk diinstall.

Setelah proses instalasi selesai selanjutnya perangkat melakukan restart untuk menyempurnakan proses instalasi system baru. Namun terkadang, kedua proses diatas mengalami kebuntuan karena perangkat menolak untuk menginstall ROM.

Terus bagaimana solusinya…?

Ibarat orang kalau sudah pakai cara halus seperti dua metode diatas tapi tidak mempan, maka langkah selanjutnya kita menggunakan cara kasar. Cara kasar yang dimaksud dengan menginstallnya melalui CustomRecovery pihak ketiga seperti TWRP.

Cara 3. Upgrade Android Menggunakan Custom Recovery TWRP

Menginstall Custom Recovery seperti TWRP ada banyak manfaatnya meskipun ada juga resikonya seperti kerusakan perangkat (jarang terjadi) dan hangusnya garansi.

Manfaat Menginstall TWRP pada perangkat Xiaomi :
  1. Memudahkan kita melakukan penginstalan ROM terbaru maupun berpindah ROM misalnya dari ROM Stabil ke versi Developer atau sebaliknya;
  2. Memudahkan kita menginstall custom ROM ;
  3. Memungkinkan kita melakukan Rooting pada perangkat sehingga anda dapat mengoprek system ;
  4. Memudahkan kita mengisntal aplikasi tertentu seperti Dolby Atmos agar kualitas audio makin jernih dan kencang atau aplikasi tweak system seperti Xposed ;
  5. Memudahkan kita membersihkan system dari file cache dan sampah yang terkadang tidak bisa dihapus melalui aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ;
  6. Memudahkan kita melakukan Back up ROM dan merestorenya kembali tanpa perlu flash ulang.
Masalahnya, Untuk dapat menginstall TWRP ada syaratnya yaitu : perangkat xiomi telah Unlock Bootloader, dengan mengirim permohonan unlock ke pihak Xiaomi terlebih dahulu.

Lalu bagaimana tepatnyacaraUnlock Bootloader dan install TWRP itu sendiri..?

Saya tidak akan menjelaskan cara Unlock Bootloader dan install TWRPkarena artikel ini akan menjadi panjang. Untuk penjelasan tentang cara unlock bootloader panduannya bisa anda baca pada artikel berikut ini tentang cara unlock bootloader dan disini untuk install TWRP yang telah dijelaskan dengan sangat lengkap.

Setelah bootloader terbuka dan TWRP terinstall, saatnya eksekusi menginstall ROM baru menggunakan Custom Recovery TWRP. Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol “ Volume Up + Power “  dan tahan, tunggu sampai perangkat bergetar lalu lepaskan.

Jika malas mematikan perangkat, anda bisa masuk TWRP dengan cara masuk menu : Setelan / Tentang Perangkat / Pembaruan SistemSeperti yang telah dijelaskan diawal tadi, klik titik tiga dipojok kanan atas untuk mengakses pilihan selanjutnya, lalu pilih opsi yang keempat yakni “ Mulai Ulang Ke Mode Pemulihan “ kemudian klik tombol mulai ulang sekarang.

Ada 8 buah menu yang diberikan yakni : Install, Wipe, Backup, Restore, Mount, Setting, Advance, dan Reboot. Karena kita akan menginstall ROM, langkah pertama kita bersihkan dahulu system yang digunakan saat ini dengan melakukan Wipe Cache dan Dalvik / ART Cache. Caranya, klik menu WIPE, Advance View lalu centang ART/Dalvik Cache dan Cache lalu Swipe untuk eksekusi.

Mengapa ini perlu…?

Dari beberapa penjelasan yang saya dapat, melakukan Wipe data dan Cache mengurangi terjadinya Error pada saat proses install ROM baru, untuk itu tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Selanjutnya..

Tekan tombol back dan kembali ke menu utama, klik menu install, cari file update yang akan kita install dan swipe untuk eksekusi. Proses instalasi agak sedikit lama, apalagi saat proses telah mencapai 90%. Setelah selesai, Reboot / Restart perangkat dengan mengklik tombol Reboot dan pilih Reboot ke System. Dengan demikian proses upgrade telah berhasil dilakukan.

KESIMPULAN

  1. Melakukan upgrade perangkat lunak android pada smartphone Xiaomi anda itu perlu banget, tidak hanya untuk sekedar berganti versi android dari Android A ke B, tapi dalam tiap edisinya, Google dan partnernya seperti Xiaomi terus berusaha menjadikan perangkat anda semakin cepat kinerjanya dan dibarengi dengan menambahkan fitur yang tidak ada pada versi sebelumnya.
  2. Cara melakukan upgrade bisa dengan dua cara, via OTA dan Manual, bagi anda yang ogah berurusan dengan istilah aneh seperti Bootloader, Unlock, custom Recovery dll dianjurkan menjalankan update via OTA.
Kalau anda menyukai artikel ini, pastinya anda juga akan suka dengan artikel saya yang ini Cara Upgrade Android Smartphone Samsung.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close