Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Upgrade Firmware Asus ZE500KG ke Marshmallow

7 Manfaat Upgrade Firmware Asus ZE500KG ke Marshmallow 

Setelah resmi dilepas kepasaran pada bulan oktober 2015, pada saat itu Asus Zenfone 2 laser ZE500KG (Z00RD) masih menjalankan Firmware Android Lollipop versi 5.0.

Pembaruan sistem untuk ponsel ini tersedia dua tahun kemudian dimana Asus akhirnya merilis Firmware Android Marshmallow 6.0 dan telah didistribusikan ke produk Zenfone 2 laser lain seperti ZE550KL.

Firmware terbaru ini dijanjikan bakalan membawa banyak perubahan yang diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menjalankan aktifitas ponsel harian.

Perubahan yang paling terasa tentu saja ada pada tampilan antarmuka sistem yang dikemas lebih menarik tapi tetap mempertahankan ciri khas Asus dengan balutan ZenUI.

Selain itu, Asus juga melakukan tindakan yang benar dengan menghapus sebagian besar aplikasi Bloatware yang  selama ini hanya menjadi aplikasi hiasan tanpa pernah digunakan.

Optimasi pada sistem juga menjadi prioritas Asus seperti manajemen RAM yang lebih baik dan peningkatan kemampuan dalam penghematan daya baterai.

Beberapa poin yang saya jelaskan tadi hanya sebagian dari manfaat sebenarnya yang akan anda dapatkan dengan melakukan upgrade Firmware dari Lollipop ke Marshmallow.

Untuk lebih jelasnya tentang manfaat menjalankan Firmware Android Marshmallow pada Zenfone 2 Laser anda berikut rangkumannya.

1. Penggunaan RAM 20% Lebih Hemat

Semua orang juga tahu kalau Android itu sangat boros penggunaan RAM, baik itu yang digunakan oleh sistem maupun aplikasi.

Sejak masih menggunakan Android Lollipop, Zenfone 2 laser sudah mempunyai RAM manajer bawaan (Manager Celular).

Dalam kondisi IDLE, RAM yang tersisa dari penggunaan sistem maupun aplikasi biasanya akan mencapai 80%. Setelah menjalankan Firmware Android 6.0, penggunaan RAM dalam kondisi yang sama bisa turun hingga 60%.

2. Lebih Hemat Daya Hingga 50%

Ponsel Android diproduksi oleh banyak perusahaan serta memiliki spesifikasi yang beragam pula.

Terkait dengan spesifikasi, Zenfone 2 Laser ZE500KG hanya dibekali dengan kapasitas baterai 2900 mAh.

Kapasitas baterai yang sedemikian bila dibandingkan dengan kebutuhan penggunaan hape yang semakin komplit akan terlihat terlalu kecil.

Sehingga ponsel pintar dengan OS Android versi lama akan cepat kehilangan daya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google mengembangkan mode baru yang diberi nama Doze.

Mode ini diklaim Google akan menghemat daya baterai hingga 50% dibandingkan OS versi sebelumnya.

Cara kerja metode pengehematan terbaru Google ini adalah dengan memangkas segala bentuk penggunaan daya oleh aplikasi pada saat ponsel masuk mode sleep.

Aplikasi utama semisal Panggilan dan pesan masuk menjadi pengecualian.

Sedangkan aplikasi eksternal seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dll harus diatur dulu hak akses penggunaan dayanya agar bisa memberikan notifikasi baru saat ponsel masuk mode tidur.

3. Tampilan sistem lebih menarik

Asus memang menyediakan tema khusus untuk produk Zenfone. Yang menjadi masalah adalah ketersediaan tema di Theme Store sangat terbatas.

Jika tidak salah, hanya tersedia 9 tema saja dan sangat jauh dari cukup bila dibandingkan ketersediaan tema hape merk lain seperti Xiaomi.

Pada pembaruan sistem Marshmallow masalah ketersediaan tema telah teratasi.

Kini kita bisa mendownload ribuan tema di Asus Theme Store baik yang gratis maupun premium.

Yang lebih asyik lagi...

Kita juga bisa melakukan kombinasi antara tema yang satu dengan yang lain.

Misalnya anda suka dengan tampilan tema A tetapi lebih suka dengan icon milik tema B.

Anda bisa mengkombinasikan kedua tema tersebut dengan menerapkan antarmuka sistem tema A tetapi dengan tampilan icon dari tema B dengan syarat kedua tema tersebut telah anda download.

4. Semakin Mudah Menggunakan Google

Dulu...saat kita mau browsing internet langkah pertama yang kita lakukan tentu saja membuka Browser seperti Chrome lalu mulai mengetik teks pada kolom pencarian.

Tapi sekarang cara tersebut sudah dianggap terlalu lamban.

Fitur baru Android Marshmallow memungkinkan kita browsing lebih cepat dengan menekan tombol home agak lama.

Seketika itu juga mesin pencari Google langsung bisa kita gunakan browsing baik dengan mengetikkan teks pada kotak pencarian atau mengucapkannya dengan dimulai mengucapkan hallo Google.

5. Fungsi Teks Higlight Yang Lebih Kompleks

Pada saat menemukan istilah asing pada saat membaca sebuah artikel web, pasti akan susah jika kita harus membuka aplikasi kamus terlebih dahulu agar mengerti apa arti dari istilah tersebut.

Belum lagi jika istilah asing tersebut terdiri dari paragraf.

Pastinya akan menyulitkan anda karena aplikasi kamus yang ada saat ini hanya bisa menterjemahkan kata perkata.

Sayangnya lagi, fungsi highlight text pada Android terdahulu hanya menyediakan opsi Copy, Paste dan Delete.

Untungnya jika anda upgrade Firmware Zenfone anda ke Marshmallow, ada tambahan opsi baru pada saat menyeleksi teks di halaman web yakni opsi bagikan (Share).

Dengan opsi terebut anda bisa langsung menshare istilah asing tersebut ke Aplikasi Google Translate untuk langsung diterjemahkan.

6. Link Aplikasi Otomatis

Anda pastinya sering menerima link artikel atau video yang dishare teman saat mengakses jejaring sosial seperti Facebook.

Pada Android Lollipop disaat kita akan membuka link tersebut sistem akan bertanya kembali dengan aplikasi apa link tersebut akan dibuka.

Meski terlihat simpel tapi bagi sebagian orang hal tersebut menjengkelkan.

Untuk memudahkan kita sebagai pengguna, Google membenamkan fitur baru yakni Link Aplikasi Otomatis yang langsung membaca jenis link tersebut lalu membukanya dengan aplikasi yang cocok.

Misalnya ada link menuju halaman situs yang berisi teks, maka secara otomatis link tersebut dibuka menggunakan aplikasi browser seperti Google Chrome.

Begitu pula jika link tersebut berupa video yang berasal dari Youtube. Setelah link dibuka aplikasi Youtube akan langsung mengambil alih.

7. Auto Backup Setelah Factory Reset

Secara tidak sengaja atau terpaksa anda melakukan Factory Reset sehingga semua aplikasi yang sebelumnya terinstal terhapus beserta akun-akunnya.

Anda membutuhkan banyak data untuk mendownload ulang aplikasi tersebut, belum lagi anda harus melakukan setting ulang pada aplikasi tertentu.

Salah satu keuntungan menggunakan Android Marshmallow adalah adanya fitur Auto Back Up terhadap aplikasi yang telah anda instal beserta pengaturannya.

Apabila kelak terjadi kerusakan sistem sehingga memaksa anda melakukan Factory Reset, anda cukup memasukkan akun Google lama anda dan secara otomatis aplikasi lama anda akan dikembalikan (Restore) seperti semula.

Dari tujuh manfaat yang telah dijelaskan diatas, saya yakin anda sudah bisa membayangkan bagaimana mudah dan enaknya menggunakan ponsel Android anda jika menjalankan Android M.

Khusus untuk anda yang sudah siap untuk mengganti Firmware Zenfone dengan versi Marshmallow, berikut langkah-langkahnya.

Cara Upgrade Fimrware ZE500KG ke Marshmallow

Sukses tidaknya proses upgrade Android pada Zenfone 2 laser diawali dengan persiapan yang baik pula. Jangan sampai anda mempersiapkan segala sesuatunya setelah eksekusi lalu terjadi error.

Beberapa persiapan yang perlu anda lakukan antaralain :

#1. Backup Data

Dalam praktiknya, tidak akan ada satupun data yang terhapus dari memori internal Zenfone anda setelah melakukan upgrade versi Android.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya anda melakukan backup data penting seperti foto, video, dan kontak.

Foto dan video sebaiknya anda pindahkan (CUT) ke komputer. Tujuannya agar tersisa lebih banyak ruang kosong untuk sistem baru.

Sebagai informasi, setidaknya tersedia 2 GB ruang pada memori internal pada saat melakukan upgrade.

Khusus untuk kontak, sebaiknya anda mengamankannya dengan menginstal aplikasi Google Contact di Asus ZE500KG anda. Tujuannya agar nanti kontak anda tetap aman meskipun kelak ganti hape karena kontak tersebut sudah terkait dengan alamat email anda.

#2. Daya 100 %

Dari beberapa panduan yang banyak dibagikan di internet, pada saat melakukan upgrade OS setidaknya tersedia 30% daya pada baterai.

Perlu anda ketahui jika proses instalasi Firmware memakan waktu cukup lama serta memakan daya baterai yang tidak sedikit.

Untuk itu, agar anda tidak ragu sebaiknya kondisikan ponsel anda dalam kondisi daya 100% atau paling tidak 80%.

#3. Paket Data Cukup

Persiapan ini khusus bagi anda yang ingin melakukan upgrade secara online (Over The Air) menggunakan data seluler. Dari pengalaman upgrade Android sebelumnya, saya biasanya menyiapkan paket data 2 kali lipat dari ukuran Firmware.

Firmware Android M rata-rata berukuran 1,5 GB. Untuk itu persiapkanlah paket data setidaknya 3 GB. Jika anda menggunakan jaringan Wi-Fi alangkah lebih baik lagi.

Cara Upgrade 1. Via OTA

Untuk anda yang ingin update via Over The Air (OTA) dapat langsung mengecek ketersediaan sistem baru untuk Asus Z00RD dengan membuka menu ALAT/ PEMBARUAN SISTEM atau BUKA PENGATURAN / PEMBARUAN SISTEM / CEK PEMBARUAN SISTEM.

Setelah ada notifikasi bahwa perangkat anda mendapatkan update pembaruan sistem, langsung unduh filenya. Sedangkan untuk langkah instalasi anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

Supaya anda tidak repot-repot mengecek ketersediaan pembaruan sistem lakukan setting agar ponsel mendownload otomatis file update.

Cara Upgrade 2. Via SD Card

Selanjutnya bagi anda yang terkendala keterbatasan paket data untuk mendownload file upgrade yang dapat berukuran 1.7 GB, solusi terbaiknya adalah dengan menginstal melalui SD Card atau memori internal.

Pertama download Firmware Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG Z00RD disini.

Sengaja saya berikan link Firmware Lollipop agar dapat anda gunakan kelak untuk flashing bila anda ternyata merasa lebih nyaman menggunakan Firmware Android 5.0.

Setelah itu...

Salin Firmware Android M dengan format ZIP ke SD Card / Memori internal Zenfone anda.

Secara otomatis nanti ponsel anda akan membaca adanya file update sistem tersedia di notification bar dengan munculnya icon tanda seru.

Klik icon tersebut lalu instal. Ponsel akan restart dan tunggu sampai proses instalasi sistem selesai. Proses ini bisa memakan waktu 20-30 menit.

Penutup

Terlepas dari segala kelebihan yang akan anda dapatkan ketika menjalankan Firmware Android Marshmallow pada ponsel Asus Zenfone 2 laser ZE500KG anda. Kenyamanan dalam penggunaan tetaplah yang paling utama.

Untuk itu...

Apabila kelak anda berencana untuk kembali menggunakan Firmware lama yakni Lollipop, anda bisa melakukan flashing menggunakan ADB Fastboot.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close