Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mensiasati RAM Samsung J1 Ace Yang Hanya 1 GB

Berapa Sih RAM Samsung J1 Ace 2016...? kata temanku yang dari tadi sedang asyik mencari hape murah di Market Place Facebook.

1 GB jawabku...

Gak jadi ah..nanti lemot katanya singkat sembari menulis keyword lain di pencarian barang Market Place Facebook yang sudah di buka hampri setengah jam.

Ponsel Android dengan RAM 1 GB memang sudah lewat masanya karena ditahun 2019 ini hape dengan kapasitas RAM 2 GB saja sudah masuk golongan teraniaya.

Tapi bener gak sih, kalau hape dengan RAM kecil (misalnya 1 GB) itu akan lemot dan tidak layak untuk digunakan ditahun 2019.

Setelah bertahun tahun berkutat dengan hape spek rendah saya ahirnya sadar jika hape lama seperti Samsung J1 Ace cara perawatan dan perlakuannya beda dengan hape baru.

Jika anda ingin hape Samsung Galaxy J1 Ace tidak lemot dan masih enak digunakan berkomunikasi sehari-hari berikut 5 langkah perawatan yang harus anda lakukan.

5 Cara Supaya Samsung Galaxy J1 Ace Tidak Lemot

RAM Samsung J1 Ace
Bermain Game Dengan Samsung J1 Ace

1. Gunakan SD Card

Pengguna Samsung J1 Ace menurut saya harus pakai SD Card (memori eksternal)....!

Jadi begini...

Kapasitas memori internal Samsung J1 Ace yang hanya 8 GB sudah tidak relevan dengan kebutuhan ruang ponsel Android terkini.

Angka 8 GB yang saya sebutkan tadi tidak sepenuhnya bisa dipakai untuk simpan data, tapi hanya sekitar 50 % saja yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan foto dan video.

Kok bisa begitu ya...?

Karena 4 GB biasanya dipakai oleh sistem android dan 3-4 GB lagi untuk data aplikasi bawaan sehingga yang tersisa sekitar 3-4 GB doank.

3-4 GB untuk simpan foto dan video belum lagi data aplikasi lain yang rencananya akan anda instal bakalan membuat memori internal cepat penuh.

Sedangkan disisi lain, jangan pernah sekali-kali membiarkan memori internal anda penuh atau hanya menyisakan beberapa ratus MB saja karena akan membuat hape anda berjalan lambat.

Tidak hanya itu, memori internal yang penuh akan membuat aplikasi jadi tidak bisa dibuka atau tertutup sendiri saat dijalankan (Force Close).

Mengosongkan lebih banyak ruang pada memori internal akan memberi cukup tempat bagi aplikasi untuk menyimpan Cache.

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki ruang penyimpanan internal terbatas seperti Samsung J1 Ace sebaiknya tidak menyimpan data di memori internal.

Data-data penting seperti foto dan video sebaiknya dipindah ke Memori Eksternal atau cadangkan di Harddisk Laptop.

Memori internal difokuskan saja untuk menyimpan data aplikasi, sehingga tersisa ruang cukup banyak bagi sistem untuk menjalankan fungsinya.

Selain dengan melakukan Backup Data di Memori Eksternal, anda juga harus rutin membersihkan sistem dari file sampah yang menumpuk supaya tidak memakan ruang penyimpanan.

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Google Files Go yang dapat diunduh secara gratis di Playstore.

2. Uninstall / Non Aktifkan Aplikasi Tidak Berguna

Google sebagai pemilik Sistem Operasi Android mengharuskan mitranya memasukkan aplikasi Google dalam paket firmware yang dikembangkan.

Jadi jangan heran, apapun merk hapenya pastinya akan ada satu folder khusus untuk aplikasi Google seperti Maps, Youtube, Foto, Drive dll.

Tapi didalam paket aplikasi Google itu ada aplikasi yang sudah dihentikan pengembangannya oleh Google sendiri seperti Google Plus dan Google Hangout.

Ada juga Google Musik yang jarang banget digunakan karena sekarang pengguna android lebih senang streaming musik dengan aplikasi JOOQ atau Spotify.

Untuk itu, guna menghemat penggunan RAM dan Ruang Penyimpanan Internal sebaiknya aplikasi tesebut di nonaktifkan saja.

3. Migrasi ke Aplikasi Lite

Sekarang ini sudah banyak pengembang perangkat lunak android yang membuat aplikasi versli Lite.

Aplikasi Lite adalah versi ringan dari aplikasi standard yang lebih sedikit menggunakan data seluler, Memori RAM, ruang penyimpanan internal dan daya baterai karena fitur-fitur yang teralu berat untuk hape spek rendah telah dihapus.

Beberapa aplikasi populer yang sudah tersedia versi Lite-nya adalah Facebook, Messenger, Instagram, Line dan Twitter.

Selain aplikasi versi Lite, anda juga bisa mencoba aplikasi Go dari Google dimana aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki hape dengan keterbatasan memori.

Google Maps Go misalnya, aplikasi ini hanya berukuran beberapa ratus KB saja. Ukuran ini jauh lebih kecil dibanding aplikasi Maps standard karena Google Maps Go untuk beroperasi menggunakan Google Chrome sebagai penunjuk peta.

Tetapi ada satu kekurangan dari aplikasi Lite yaitu :

Disebakan adanya pemangkasan fitur pada aplikasi Lite  pengalaman penggunaan aplikasi pastinya tidak akan sebaik versi standar.

4. Hindari Penggunaan Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih seperti Ccleaner yang dipasang pada perangkat dengan RAM kecil seperti Samsung J1 Ace mudaratnya lebih banyak daripada faedahnya.

Memang sih aplikasi ini bisa dengan mudah membersihkan sampah sistem tetapi penggunaan RAM dari aplikasi ini juga besar sehingga mengurangi jatah untuk aplikasi lain yang lebih sering digunakan.

Aplikasi pembersih juga aktif setiap saat dan berjalan dibelakang, sehingga selain memakan RAM aplikasi ini juga menghabiskan daya baterai lebih banyak dari aplikasi lain.

5. Update Perangkat Lunak Rutin

Update Software Android sejatinya bukan bertujuan untuk menghabiskan kuota internet anda. Lebih dari itu menginstal file pembaruan sistem berguna untuk memperbaiki BUG pada sistem serta meningkatkan performa hape.

Makanya saya heran pada saat saya masuk Grup Diskusi Android di Facebook banyak orang yang bertanya bagaimana cara menghentikan Pembaruan Perangkat Lunak.

Menolak untuk update perangkat lunak sama saja artinya anda tidak sayang dengan hape anda.

Untuk mendapatkan pembaruan sistem sesuai dengan tipe hape dan versi android yang anda gunakan bisa langsung melalui perangkat dengan cara:

Buka menu “ Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Pembaruan Perangkat Lunak – Cek Pembaruan Perangkat Lunak “.

Jika tersedia, download file update yang ada lalu instal dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh sistem.

Demikian informasi tentang cara mensiasati RAM samsung Galaxy J1 ace yang hanya 1 GB supaya tidak lemot, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close