Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H Indonesia Dengan PC

Kali ini akan dijelaskan langkah-langkah Cara Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H Indonesia Dengan PC / Laptop yang akan dijelaskan dengan lengkap.

Tujuan flashing hape sebenarnya banyak... tapi biasanya hape yang mengalami Bootloop, tidak bisa menampilkan IMEI menjadi penyebab mengapa hape perlu untuk di flash dengan firmware baru.

Ada juga yang nge-flash hape karena HH yang diapakai tidak memiliki dukungan bahasa Indonesia karena firmaware bawaannya bukan Region Indonesia yang kodenya XSE, sehingga perlu untuk di flash.

Sebelum masuk ke langkah pemasangan firmware, alangkah baiknya anda persiapkan dahulu beberapa hal berikut agar proses flashing lancar tanpa gangguan.

Persiapan Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H

Guna menghindari proses flashing yang gagal ditengah jalan, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan seperti :

1. Backup Data Pada Memori Internal

Memang sih kalau hanya urusan flashing hape tidak akan menghapus data yang ada di Memori Internal. Tetapi karena dari pengalaman sebelumnya seringkali setelah di Flash hape malah Bootloop jadi terpaksa harus di Reset Ulang.

Jadinya semua file yang ada dimemori internal hilang beserta aplikasi dan akun-akunnya sekalian.
Guna menghindari kejadian tersebut sebaiknya buat cadangan file dengan cara memindahkan file-file yang ada dimemori internal ke SD Card atau ke harddisk laptop.

2. Aktifkan Pendebug USB

Mengaktifkan USB Debuging (Pendebug USB) bertujuan memberi izin kepada sistem agar Odin bisa melakukan penulisan ulang sistem.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu “ Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB “ .

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka  “ Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x) “.

3. Download Firmware SM-G355H Versi Indonesia


Cara Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H Indonesia

Firmware yang di download jangan sampai salah ya..! harus sesuai dengan Versi Pita Dasar yang ada di hape Samsung Core 2 Duos anda.

Situs Penyedia Firmware Samsung Terlengkap

Satu lagi...!

Pilih firmware yang untuk region Indonesia yang biasanya memiliki kode XSE atau untuk versi terbaru XID.

Jangan sampai salah pilih supaya proses flashing tidak Failed atau menu sistemnya tidak ada opsi untuk bahasa Indonesia.

Download Firmware Samsung Core 2 Duos SM-G355H

4. Download dan Instal Driver USB Samsung

Driver USB ini wajib anda instal supaya perangkat android bisa dikenali oleh sistem operasi Windows saat menjalankan program Odin. Tapi tahapan ini bisa anda lewatkan kalau didalam sistem operasi Windows sudah ada aplikasi Samsung KIES.

Download Driver USB Samsung

5. Dapatkan Odin Multy Downloader

Odin ini adalah aplikasi yang membantu kita memasang Firmware dengan format TAR.MD5 kedalam hape. Selengkapnya tentang Odin beserta Link Downloadnya baca Panduan Odin Multy Downloader Untuk Pemula.

Download Odin

6. Isi Daya Baterai Full 100%

Sebenarnya sih baterai berisi 50% sudah cukup untuk sekedar menyelesaikan proses Flasing hape Samsung Core 2 Duos anda. Tetapi... kalau nanti ada kesalahan pemasangan yang mengharus kan anda anda mengulang proses dari awal (mudah-mudahan saja enggak terjadi) ada cukup daya untuk ngulang. Siapa tahu juga nanti mati lampu, jadi asal sudah siap siaga saja sih tujuannya.

7. Gunakan Kabel Data Yang Dalam Kondisi Baik

Saya pernah kejadian pada saat ngeflash prosesnya terhenti ditengah jalan padahal semua perlengkapan telah lengkap. Meski sudah diulang, kejadianya tetap saja begitu.

Setelah iseng ganti kabel data, ternyata proses flashing bisa selesai. Dari situ saya ambil pelajaran kalau kabel data yang sudah lusuh dan jelek sebaiknya jangan digunakan untuk flash hape.

Langkah-Langkah Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H

Cara Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H

Langkah 1. Reset Sistem (Factory Reset)

Supaya sistem baru tidak bentrok dengan sisa sistem lama yang biasanya akan membuat hape Bootloop sangat direkomendasikan untuk melakukan Factory Reset terlebih dahulu.

Caranya...?

Matikan perangkat lalu masuk Recovery Mode dengan cara menekan kombinasi tombol  “ Power + Home + Volume Atas “.

Gunakan tombol volume untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol power untuk memilih salah satu opsi.

Pilihlah opsi “ Wipe Data Factory Reset  “ yang kemudian dilanjutkan dengan memilih “ Delete All User Data “.

Setelah proses pengembalian ke pengaturan pabrik ( Opsi Delete All User Data ) selesai, kembali kemenu utama lalu Restart perangkat dengan memilih menu “ Reboot System Now “ .

Langkah 2. Masuk Download Mode

 Masuk ke Download Mode dengan menekan tombol kombinasi “ Power + Home + Volume Bawah “, setelah muncul logo Samsung lepaskan semua tombol tadi.

Akan muncul peringatan bahaya melakukan instalasi perangkat lunak tidak resmi, tapi abaikan saja dengan menekan Volume Atas  untuk masuk ke Download Mode.

Langkah 3. Jalankan Program Odin

Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Cara Flash Samsung Core 2 Duos SM-G355H


Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna.

Pada Message Box akan muncul pesan “Added” sesaat setelah Ponsel Android tersambung. Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “.

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5. 
Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari banyak file seperti : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC.

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.

Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Selamat, anda telah selesai Flashing Samsung Galaxy Core 2 Duos SM-355H.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close