Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia

Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Bahasa Indonesia, Menggunakan PC, Tanpa PC, Flash Grand Duos 4 File - Kali ini akan dijelaskan tentang Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia menggunakan PC dengan Firmware khusus untuk negara indonesia.

Dalam tutorial kali ini setiap langkahnya akan dijelaskan sejelas mungkin supaya tidak ada lagi yang bingung tentang bagaimana Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 yang benar.

Yang sering bikin pusing pemula itu antara lain :

  1. Ponsel tidak terbaca saat dihubungkan dengan komputer.
  2. Salah download firmware dan tidak sesuai dengan versi pita dasar dari HH yang digunakan.
  3. Karena mendapatkan firmware yang terdiri dari 4 File (biasanya 1) jadi bingung harus memasukkan yang mana didalam program Odin.

Tutorial ini saya bagi jadi 3 saja supaya mudah dimengerti, jadi meskipun agak panjang tapi usahakanlah baca dengan teliti supaya informasi yang saya sampaikan tidak salah terima.

Teks yang saya warnai kuning adalah poin penting jadi perhatikan dengan seksama pada bagian-bagian tersebut.

Oke kita mulai saja penjelasan tentang Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia.

Baca Juga Gaes : Flash Samsung Galaxy S4 Lemot Parah

Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia

Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia

1. Download Firmware Grand Duos GT-i9082 Indonesia dan Driver USB Samsung

Yang pernah  instal ulang laptop dengan flashdisk pasti tahu downk langkah-langkah agar perangkat Portable tersebut bisa menggantikan DVD Windows.

Caranya dengan memasukkan Installer Windows ke Flashdisk terlebih dahulu. Installer Windows berasal dari File ISO Windows.

Nah...pada kasus flashing ponsel Android, File ISO Windows tadi fungsinya sama persis dengan Firmware. File Firmware untuk Samsung yang biasanya berformat TAR.MD5 akan kita instal kedalam Ponsel Android.

Tapi anda perlu hati-hati...!

Ponsel Android dijual ke berbagai negara sehingga untuk produk ponsel Samsung Grand Duos yang dijual di Indonesia Firmwarenya juga yang versi Indonesia supaya bahasa sistem yang dipakai bahasa indonesia

Kalau anda download di Internet, perhatikan kode firmware untuk wilayah indonesia yakni XSE, sedangkan untuk ponsel Samsung terbaru biasanya XID.

Situs Tempat Download Firmware Samsung Terlengkap

Karena dalam proses instalasi firmware ke ponsel android kita memerlukan komputer dengan sistem operasi Windows, pastikan didalam sistem komputer sudah terinstal Driver USB Samsung agar saat menghubungkan ponsel ke PC dengan kabel data perangkat dapat terdeteksi.

Tapi kalau didalam sistem komputer anda sudah ada Samsung KIES, tidak perlu instal Driver USB lagi karena didalam aplikasi tersebut sudah ada drivernya.

Download Driver USB Samsung Terbaru.

Oia sebelum lupa...

Pernah kejadian dulu pas nge-flash Grand Duos proesnya macet ditengah jalan sehingga HH jadi Bootloop alias tidak bisa keluar menu tapi mentok sampai logo Samsung doang.

Setelah diteliti, penyebabnya adalah kabel data yang tidak dalam kondisi baik. Supaya terhindar dari hal tersebut gunakanlah kabel data bawaan dan dalam kondisi baik.



Download Firmware Samsung Grand Duos XSE Region Indonesia Terbaru

2. Odin Multi Downloader

Karena untuk flash ponsel android samsung dengan firmware resmi kita harus menggunakan bantuan komputer dan program khusus yakni Odin Multy Downloader.

Program Odin ini terdiri dari beberapa versi sesuai dengan versi android yang dijalankan ponsel yang akan kita flash.

Selengkapnya tentang Odin bisa anda bisa baca disini.

Download Odin Untuk Flash Samsung Grand Duos GT-i9082

3. Langkah-Langkah Flash Samsung Grand Duos GT-i9082

Langkah 1. Aktifkan Pendebug USB

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu  “ Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB “.

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jika ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk menampilkan menu Opsi Pengembang Buka “ Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x) “ .

Langkah 2. Pastikan Daya Baterai Setidaknya 50%

Proses flashing tidak memerlukan waktu yang lama tapi jangan sampai karena hal tersebut anda menlakukan flashing hape dalam kondisi Low Bat.

Setidaknya tersedia 50% daya (lebih baik full 100%) agar saat ngeflash anda tidak was-was. Seadainya ada kesalahan tehnis yang menyebabkan proses flashing gagal anda masih punya cukup cadangan daya untuk mengulang prosesnya dari awal.

Langkah 3. Masuk Recovery Mode Lalu Jalankan Factory Reset

Tujuan HH direset supaya sistem yang akan kita instal benar-benar fresh dan tidak akan menimbulkan Error. Untuk itu lakukan pencadangan file penting di memori internal sebelum menjalankan Flashing pada Samsung Grand Duos anda.

Matikan perangkat Anda, lepaskan baterai, dan tunggu beberapa menit sebelum memasukkan ulang baterai ponsel. Berikutnya tekan tombol [Power] + [Home] + [Volume Up] secara berurutan untuk merestart ponsel Anda.

Tunggu sampai layar Recovery booting muncul, sebelum Anda melepaskan tombol tersebut. Gunakan [tombol Volume] untuk berpindah dari satu opsi ke opsi lain, pilih opsi Wipe data factory reset, lalu konfirmasikan pilihan Anda menggunakan tombol Power.

Langkah 4. Masuk Download Mode

Matikan perangkat Samsung Galaxy anda lalu masuk ke Mode Download dengan cara Menekan tombol “ Home + Power + Volume Bawah “. Pada saat ponsel bergetar lepaskan tombol Power tapi tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home.

Setelah masuk Download Mode  anda akan melihat tanda peringatan kalau Instalasi Firmware dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.

Langkah 4. Jalankan Odin dan Flash Ponsel Anda

Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi lalu sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda 1 pada gambar diatas berwarna BIRU yang menandakan perangkat terbaca dengan sempurna.

Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia


Pada Message Box akan muncul pesan “Added” sesaat setelah Ponsel Android tersambung.
Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya seperti “Auot Reboot” dan” F. Reset Time “.

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file AP saja dengan format Tar.MD5.
Apabila nanti firmware yang anda download ternyata terdiri dari banyak file seperti : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC.

Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.

Khusus untuk CSC hanya digunakan jika anda ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya setelah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Booting awal perangkat setelah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem baru perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Demikian informasi tentang Cara Flash Samsung Grand Duos GT-i9082 Indonesia, Semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close