Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Supaya Tidak Cepat Bosan Menggunakan Hape Lama

Produsen hape android sepertinya tidak memberikan waktu lebih lama kepada kita untuk menikmati ponsel android yang telah kita beli.

Bagaimana tidak, beberapa bulan setelah membeli ponsel android terbaru pasti akan muncul lagi hape edisi terbaru yang lebih canggih dengan menawarkan spek dan fitur yang bikin ngiler.

Bagi yang tidak kuat iman apalagi tidak kuat modal, kemunculan hape android edisi terbaru membuat mereka malas-malasan menggunakan hape lama meskipun penggunaannya baru beberapa bulan saja.

Untuk itu jika anda salah satu orang yang mengalami masalah seperti yang banggras ceritakan diatas, 5 tips berikut ini wajib anda coba.

Berikut penjelasan lengkapnya...!

5 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Dengan Hape Lama Anda

Tips Supaya Tidak Cepat Bosan Menggunakan Hape Lama

1. Upgrade Versi Android Ponsel Anda

Salah satu alasan orang ingin mengganti hape adalah : ponsel baru biasanya telah menjalankan sistem operasi android versi terkini seperti Nougat, Oreo atau Pie.

Sistem operasi android terkini biasanya telah dibekali dengan beragam fitur baru yang akan meningkatkan kenyamanan penggunaan serta tidak akan didapatkan pada hape dengan OS Android versi lama.

Misalnya saja fitur PIP (Picture in Picture) yang ada di Android Nougat. Fitur ini memungkinkan kita menonton video youtube lewat browser chrome sembari chating dengan teman lewat WhatsApp disaat yang sama.

Atau fitur Qucik Switch Android Nougat yang memudahkan kita berpindah-pindah aplikasi hanya dengan melakukan tap ganda tombol Recent Apps.

Untuk itu bila perangkat android anda mendapatkan pembaruan system, jangan tunda untuk menjalankan Upgrade OS ke level yang lebih tinggi supaya fitur hape baru dapat pula dijalankan di ponsel lama anda.

Baca Juga :

Panduan Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo

Cara Meningkatkan Versi MIUI Redmi 4X ke MIUI 10

2.Coba Wallpaper Baru

Salahsatu cara agar tidak mudah bosan menggunakan hape lama adalah dengan mempermanis tampilan dari hape itu sendiri sehingga anda tidak mudah bosan.

Salah satu caranya dengan mengganti stock wallpaper hape yang gambarnya itu-itu saja menggunakan foto terbaik anda atau pasangan.

Atau bisa juga dengan stock wallpaper ponsel lain yang sangat anda idam-idamkan untuk dibeli tapi belum tersampaikan karena bujet masih kurang.

Untuk sekedar mengobati rasa ingin memiliki, tidak ada salahnya untuk menggunakan Wallpapernya saja dulu sebelum dana terkumpul untuk membeli ponsel yang anda impi-impikan.

3. Instal Aplikasi Launcher

Selain menggunakan wallpaper, cara berikutnya yang bisa anda coba untuk mempercantik tampilan layar hape lama anda adalah dengan menginstal aplikasi Launcher.

Aplikasi Launcher memungkinkan kita memodifikasi tampilan UI seperti tema dan icon seperti layaknya ponsel keluaran terbaru

Misalnya saja anda begitu mengidamkan Ponsel Pocophone Xiaomi yang dirilis beberapa waktu lalu. Sebagaimana yang kita tahu, ponsel tersebut menggunakan spesifikasi hardware yang cukup tinggi tetapi dibanderol dengan harga yang relative cukup terjangkau yakni sekitar 4 jutaan saja.

Sebelum bajet anda cukup untuk membeli Pocophone F1 anda bisa mengadopsi tampilan ponsel tersebut di hape anda dengan cara menginstal Poco Louncher yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Setidaknya dengan menginstal Poco Louncher, kelak jika anda sudah mampu membeli ponsel Pocophone anda tidak sudah faham cara mengoperasikannya.

4. Hapus / Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Tujuan banggras menyarankan untuk menghapus aplikasi yang jarang terpakai adalah untuk menghemat memori internal hape anda.

Tips ini khusus saya tujukan bagi anda yang memiliki memori penyimpanan kecil misalnya 8 atau 16 GB.

Dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu, ada tambahan ruang bagi hape sehingga system pada ponsel yang anda gunakan saat ini dapat berjalan lebih cepat.

Tips nomor empat ini sangat perlu anda terapkan, karena sebagian besar masalah yang menyebabkan orang ingin mengganti hape disebabkan performa yang diberikan sudah tidak seperti saat masih baru.

Masalah performa hape itu sendiri tidak serta-merta disebabkan oleh spesifikasi hardware yang sudah lawas, tetapi tergantung dari bagaimana cara kita memanajemen perangkat keras yang ada secara optimal.

Ponsel android dengan spesifikasi paling tinggi sekalipun jika memori internalnya sudah hampir penuh dapat dipastikan akan Lambat Seperti Keong, Aplikasi Sering Tutup Sendiri, program penting seperti WhatsApp Selalu Gagal Diperbarui dan hape jadi Hang.

Oleh karena itu saya menyarankan kepada anda untuk mengatur agar jangan sampai membiarkan sampah dan data-data pribadi anda terlalu banyak menumpuk dimemori internal.

Lakukan backup dengan cara memindahkannya ke memori penyimpanan komputer atau mengaktifkan pencadangan otomatis dengan memanfaatkan aplikasi Google Foto jika sebagian besar file yang ada dihape lama anda berupa foto atau gambar.

Penting untuk dibaca :

Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Tanpa Beli SD Card

Cara Hemat Kuota Internet Tanpa Libur Streaming Youtube

5. Coba Mainkan Game Baru

Jika alasan anda ingin membeli hape baru karena ponsel android lama tidak bisa menjalankan game kekinian seperti PUBG, coba cari alternative game lain yang kebutuhan sistemnya lebih rendah.

Sebenarnya, ada begitu banyak judul game yang ada di Playstore yang bisa anda mainkan serta tidak memiliki kebutuhan sistem yang tinggi misalnya saja RAM 1 GB seperti : Knock Balls dan Hello Cat.

Penutup

Demikian tips yang bisa banggras berikan agar anda tidak mudah bosan dengan hape android lama anda. Meskipun sebenarnya cara ini hanya menunda waktu saja, setidaknya dengan cara yang telah banggras jelaskan dapat mengulur waktu hingga dana anda untuk membeli ponsel baru cukup.

Terimakasih. 
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close