Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Remote TV LED Polytron dan Tabung

Aplikasi remote TV Polytron ini saya temukan tidak sengaja maupun terencana sebab Remote asli bawaan TV sudah tidak berfungsi karena sudah uzur sering kena banting. Aplikasi remote ini dapat digunakan di ponsel dengan merek apa saja, mau Xiaomi, Vivo ,Oppo asalkan punya infra red blaster saja. Tidak cuma itu, aplikasi ini juga mendukung beragam jenis TV bisa TV Tabung dan juga TV LED Polytron.Walaupun sebenarnya harga remote TV Polytron KW yang dijual keliling tergolong murah, tapi kualitsnya itu parah banget. Makanya daripada beli Remote lebih baik instal aplikasinya di hape saja.

Ide untuk membuat artikel ini berawal dari ribetnya menonton TV tanpa adanya remote ditangan.

Sehingga Pada saat ingin memindahkan Chanel atau mengecilkan Volume harus meraba-raba tombol yang berukuran mini.

TV yang saya gunakan sendiri masih TV tabung yang ukuran hanya 14 inchi dengan gambar yang sudah tidak jelas karena disetiap sudutnya muncul gambar biru dan merah.

Meski jadul dan sudah tidak dalam kondisi baik lagi, tapi TV tersebut sudah cukuplah untuk menonton siaran liga inggris di Bein Sport 1.

Sebenarnya ada niat untuk membeli TV baru, tetapi berhubung belum cukup dana akhirnya rencana beli TV ditunda dulu. Remote TV Polytron 14 inchi saya sudah rusak serta sudah tidak bisa digunakan lagi meski sudah ganti baterai.

Daripada membeli remote TV universal yang harganya Rp.30.000 lebih baik coba aplikasi Android yang katanya bisa berfungsi sangat baik menggantikan remote TV.

Itulah salah satu keuntungan memiliki hape Android. Selain bisa digunakan sebagai Mi-Fi untuk internetan seisi rumah, tapi juga bisa menjadi pengganti Remote TV yang rusak.

Setelah mencari informasi dengan membaca review aplikasi Remote di Playstore, dua aplikasi ini cocok bagi saya yang menggunakan TV merk Polytron dan juga TV merek terkenal lain seperti Sharp, LG, Samsung dll.

Berikut ini adalah pengalaman saya menggunakan dua aplikasi remote TV terbaik yang saya temukan di Playstore yakni : Polytron IR Remote dan Peel Universal Smart TV Remote Control

Aplikasi Android Remote TV Polytron dan Semua Merk 

Aplikasi Android  RemoteTV Polytron

Polytron IR Remote

Aplikasi ini merupakan aplikasi remote TV terbaik untuk televisi merk Polytron. Aplikasi ini Tidak punya settingan khusus tinggal instal saja terus pakai.

Yang lebih keren lagi dan membuat saya semakin suka dengan aplikasi remote TV ini adalah tidak adanya iklan yang menggangu.

Lalu bagaimana cara menggunakannya...?

Pertama, instal aplikasi Polytron IR Remote dengan mendownloadnya terlebih dahulu di Playstore.

Gambar Aplikasi Remote TV


Kedua, jalankan aplikasi lalu muncul ucapan selamat datang dengan gambar tangan memegang remote berlatar biru.

Polytron IR Remote
Tekan Tombol Lanjutkan

Ketiga, Klik tombol lanjutkan untuk memilih perangkat yang akan kita buat remotenya. Karena yang diperlukan remote TV jadi pilih opsi “ Television” yang ada dibaris kedua.

Polytron IR Remote
Pilih TV

Keempat, Selanjutnya muncul menu utama remote TV. Lakukan uji coba menekan tombol power (berwarna merah), jika TV berhasil hidup/mati, dapat dipastikan semua tombol yang ada berfungsi semua.

Polytron IR Remote
Tampialn Menu Remote

Kelima, coba ganti chanel dan volume menggunakan tombol yang ada.

Peel Universal Smart TV Remote Control

Pertama, Download aplikasi Peel Universal Smart TV Remote control di Playstore. Ukuran file cukup besar sekitar 23 MB. Jauh lebih besar dari aplikasi Remote TV pertama Polytron IR Remote yang hanya kurang dari 4 MB.

Gambar Peel Universal Smart TV Remote Control

Kedua, Ucapan selamat datang yang tampilannya seperti gambar berikut :

Peel Universal Smart TV Remote Control

Ketiga, Pilih jenis perangkat yang akan dibuat remotenya di ponsel Android, dalam hal ini saya memilih TV.

Peel Universal Smart TV Remote Control
Pilih Jenis Perangkat

Keempat, pilih merk TV yang akan dibuat remotenya, agar lebih mudah tulis merek TV pada kolom pencarian, setelah ketemu klik merk TV yang dimaksud

Peel Universal Smart TV Remote Control
Gunakan Tombol Pencarian Untuk Menemukan Merk TV Anda

Kelima, lakukan ujicoba dengan menekan tombol power yang ditandai dengan warna merah. Jika TV berhasil dihidupkan/dimatikan, maka secara otomatis tombol lain seperti “ Program “ dan “ Volume “ akan berfungsi juga.


Peel Universal Smart TV Remote Control
Tekan Tombol Power Untuk Ujicoba


Yang saya kurang suka dari aplikasi ini adalah adanya iklan yang muncul di antarmuka aplikasi pada saat ponsel di terkoneksi dengan internet.

Tapi harus dimaklumi karena itu juga sebagai pemasukan untuk pengembang aplikasi guna meningkatkan fitur-fitur pada aplikasi.

Peel Universal Smart TV Remote Control
Muncul Iklan di Aplikasi

Penutup

Nah itulah ulasan banggras Android atas dua aplikasi yang bisa digunakan untuk menggantikan remote TV dengan ponsel. Semoga penjelasan tentang aplikasi ini bisa bermanfaat.

Terimakasih
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close