Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spek dan Kelebihan Samsung Grand Prime SM-G530H

Spek dan Kelebihan Samsung Grand Prime SM-G530H

Iseng-iseng browsing internet secara tidak sengaja saya melihat hape Samsung Galaxy Grand Prime second di OLX masih dalam kondisi sangat bagus.

Melihat banyaknya Grand Prime yang dijual dengan harga sangat murah bikin kangen dan kepingin memiliki kembali ponsel yang dulu pernah saya gunakan beberapa tahun sebelum akhirnya pindah ke Asus dan Xiaomi.

Yang membuat saya gatal ingin segera membelinya adalah harga second yang turun sangat jauh, hampir 5X lipat lebih murah dibandingkan harga barunya dulu ditahun 2014.

Meskipun sudah tergolong produk lama, tapi bagi saya Samsung Galaxy Grand Duos masih layak digunakan ditahun 2018 ini, karena saya tahu betul apa kelebihan dari hape  yang satu ini.

Memangnya apa saja sih kelebihan Samsung Grand Prime...?

5 Kelebihan Samsung Grand Prime



Spek dan Kelebihan Samsung Grand Prime SM-G530H

1. Ukuran Layarnya Pas Ditangan

Sebagai orang yang ukuran genggaman tangannya mungil, saya agak kesulitan memegang dengan sempurna hape dengan ukuran layar diatas 5,5”. Otomatis mengoperasikannya harus dengan dua tangan. Yang lebih parah lagi, selip sedikit hape bisa jatuh.

(((Tinggal Bayangkan Saja Apa Yang Akan Terjadi)))

Untungnya samsung galaxy grand prime memiliki layar yang pas dengan kriteria tangan saya yang mungil yakni layar tipe TFT 5”. Saya bisa mengoperasikannya dengan mudah meskipun menggunakan satu tangan, kecuali untuk aktifitas tertentu seperti mengetik SMS atau bermain game Clash of Clan yang memang harus menggunakan dua tangan.

Memang masih ada yang main COC...?

Au..Ah..Gelap

2. Bisa Upgrade Sistem ke Android Lollipop

Dari pabriknya Samsung galaxy grand prime menjalankan android versi 4.4.4 Kit-Kat yang sudah tergolong jadul karena hampir setiap tahunnya Google merilis versi android terbaru.

Saat ini sudah tersedia pembaruan sistem untuk grand prime dengan basis android 5.0.2 lollipop yang dipadukan dengan antarmuka sistem TouchWiz.

Pembaruan sistem ini membawa banyak perubahan pada antarmuka yang menjadi kian menarik dengan mengadopsi UI Materaial Design serta koleksi bentuk icon baru yang lebih lucu.

Pengurangan penggunaan daya baterai berlebih juga salah satu bagian yang mendapat perhatian khusus dari Google dan Samsung dimana pada firmware Android Lollipop ada fitur Project Volta untuk menekan penggunaan daya serendah mungkin sehingga memperpanjang umur baterai.

Baca juga : Cara Upgrade Android Samsung Galaxy Grand Prime ke Lollipop

3. Jaringan Internetnya Cepat

Dilepas kepasaran indonesia pada tahun 2014 yang mana pada masa itu belum ada jaringan internet 4G. Meski demikian, jangan anggap koneksi internet Grand prime lambat, karena dari pengalaman penggunaan , meskipun kualitas sinyal hanya H+, kecepatan download bisa mencapai 1 MB lho.

Tetapi perlu untuk dicatat jika kecepatan download yang saya ceritakan tadi dimasing-masing wilayah mungkin berbeda karena kualitas jaringan dari provider internet di Indonesia tidak merata.

4. Hasil Jepretan Kamera Cukup Bagus

Samsung Galaxy Grand Prime dibekali dengan dua buah kamera dengan resolusi 8 MP pada bagian belakang dan 5 MP dibagian depan. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup baik dan tajam. Foto hasil jepretan bolehlah diadu dengan hasil kamera ponsel terkini seperti Xiaomi Redmi 4X.

Merekam video dengan resolusi full HD (1080) dengan frame rate 30 FPS bukanlah masalah bagi Samsung Grand Prime, justru yang menjadi masalah adalah penyimpanan yang selalu kalah duluan karena besarnya ukuran video dari hasil rekaman kamera.

5. Memori Internalnya Cukup Luas

Walaupun menurut orang hape dengan kapasitas memori internal 8 GB itu terlalu kecil, menurut saya tidaklah menjadi masalah, karena saya biasanya menyimpan data penting seperti Foto dan Video di SD Card.

Saya membiarkan memori internal yang 8 GB itu untuk sistem dan data aplikasi. Tujuan saya tidak menyimpan data di memori internal adalah untuk menghindari kehilangan foto dan video jika suatu saat saya melakukan Flash ulang atau Reset ke pengaturan pabrik.

Tidak hanya itu, membiarkan memori internal hanya dipakai oleh sistem dan aplikasi membuat hape berjalan lebih lancar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Samsung Galaxy Grand Prime Lemot Parah

Spesifikasi Samsung Grand Prime



  • Tahun Rilis : 2014
  • Jaringan : HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
  • Layar : 5” TFT Capacitive Touchscreen, 16 juta warna, Resolusi 540 x 960 pixels,(~220 ppi pixel density) serta mendukung Multitouch
  • Memori RAM : 1 GB
  • Memori Internal : 8 GB dapat diupgrade dengan memori eksternal hingga 64 GB
  • CPU : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306
  • Kamera : Kamera Belakang 8 MP dan 5 MP Kamera Depan
  • Baterai : 2600 mAh.
  • Versi Bluetooth : 4.0 

Penutup

Demikian informasi tentang Speisifikasi dan Kelebihan Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H berdasarkan pengalaman penggunaan pribadi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Terimakasih
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close