Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masuk..5 Cara Atasi Grand Prime SM-G530H Lemot

Saya sering ditanya oleh teman-teman sesama pengguna Samsung Grand Prime, kok hape saya performanya tetap seperti baru meski sudah berumur lebih dari tiga tahun, sedangkan punya mereka yang belinya baru dua tahun sudah lambat dan kadang-kadang aplikasi sering tutup sendiri.

Ada juga yang mengira kalau saya sudah menambah RAM Grand Prime sehingga ponsel milik saya kelihatannya lancar-lancar saja saat membuka banyak  aplikasi sekaligus.

Saya hanya bisa ketawa mendengar pertanyaan klasik seperti itu. Ujung-ujungnya, saya dimintain tolong untuk Flash Ulang Samsung Grand Prime milik mereka.

Padahal instal ulang tidak banyak berpengaruh terhadap kelancaran sistem menjalankan aplikasi, tetapi itu semua tergantung bagaimana kita mengatur penggunaan hardware yang terbatas agar lebih optimal saja.

Bagi anda yang juga memiliki masalah yang sama yakni ponsel Samsung Grand Prime loading aplikasinya lama, ada baiknya menerapkan 5 tips berikut yang sudah dipraktikkan sendiri dan berhasil membuat Grand Prime saya selalu gesit seperti hape baru.

5 Cara Mengatasi Samsung Grand Prime Lemot

Grand Prime Supaya Tidak Lemot Lagi

1. Upgrade Versi Android ke Lollipop

Jika ponsel Samsung Grand Prime anda masih menjalankan Android Kit-Kat yang sudah uzur, saya sarankan kepada anda untuk segera melakukan pembaruan sistem ke android lollipop 5.0.2.

Pembaruan sistem ini tidak hanya meningkatkan versi android dari versi Kit-Kat ke Lollipop, tetapi firmware terbaru ini dapat meningkatkan kinerja Samsung Grand Prime secara signifikan.

Sebagai infromasi, didalam firmware lollipop Dalvik yang sebelumnya digunakan sebagai Emulator perangkat android versi pertama hinga Kit-Kat telah diganti Android Run Time (ART) yang menurut google bisa menjalankan sistem 4X lebih cepat dibanding Dalvik.

Secara teori, kalau emulatornya lebih kencang maka dapat dipastikan pula sistem dapat dijalankan dengan lebih cepat.

Baca Juga : Cara Instal Android Lollipop Pada Samsung Grand Prime

2. Jadikan Memori Internal Khusus Untuk Sistem dan Aplikasi

Samsung Galaxy Grand Prime dibekali dengan memori internal yang kecil yakni hanya 8 GB saja. Faktanya, ruang penyimpanan yang bisa dipakai untuk menyimpan data hanya setengah dari angka tersebut (4GB), sedangkan setengahnya lagi digunakan oleh sistem dan aplikasi.

Ruang penyimpanan yang hanya 4 GB akan terus berkurang seiring banyaknya file yang anda simpan dan semakin banyaknya aplikasi yang terpasang. Belum lagi dikurangi oleh Cache aplikasi yang akan terus menumpuk.

Kalau dibiarkan, lama-kelamaan memori internal anda bisa cepat penuh. Kalau sudah demikian, sistem biasanya akan memperingatkan dengan menampilkan pesan “ Memori Penuh”.

Pesan memori penuh yang ditampilkan oleh sistem akan diikuti dengan pelambatan kinerja ponsel seperti aplikasi yang sering tertutup sendiri (tidak bisa dibuka), Hang atau tidak bisa menjalankan aplikasi apapun.

Untuk itu, maksimalkan saja fungsi dari memori internal sebagai tempat penyimpanan sistem dan data aplikasi. Sedangkan file seperti foto dan video disimpan di memori eksternal.

3. Bersihkan Cache dan File Sampah Secara Rutin

Semakin sering aplikasi digunakan, sistem akan menghasilkan file sampah yang jika dibiarkan akan memenuhi memori internal dan mengakibatkan ponsel kehabisan memori penyimpanan.

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau memori internal sudah penuh aplikasi jadi tidak bisa dibuka karena tidak ada tempat untuk menyimpan Cache baru.

Untuk itu, bersihkan file sampah dan cache secara rutin, menggunakan aplikasi Samsung Smart Manager . Samsung Smart Manager akan terinstal otomatis setelah melakukan upgrade android ke Lollipop.

Kalau ternyata anda belum sempat melakukan upgrade Android, anda juga bisa membersihkan Cache aplikasi dan file sampah sistem menggunakan aplikasi Google File Go.

Cara membersihkan Cache dan sampah sistem dengan Google File Go ternyata sangat mudah, anda cukup menjalankan aplikasinya saja, nanti aplikasi akan memberikan informasi ada file yang perlu dibersihkan lalu sedangkan anda tinggal ikuti perintah aplikasinya saja.

4. Kontrol Aplikasi yang Rakus RAM

Karena hanya dibekali dengan RAM 1 GB, sangat sulit bagi Samsung Grand Prime untuk bisa memainkan game dengan kualitas gambar HD seperti PUBG, menjalankan aplikasi Facebook dan Messenger standar saja sudah bisa bikin hape lemot.

Dalam kondisi ideal, RAM yang digunakan oleh sistem dan aplikasi latar belakang pada Samsung Grand Prime bisa mencapai angka 400 MB. Sedangkan sisanya yang 400 MB merupakan sisa RAM yang harus anda maksimalkan penggunaannya untuk aplikasi.

Sebagai informasi, sistem juga akan menggunakan RAM sejumlah 200 MB untuk menjalankan fungsi GPU, karena hardware grafis dari Snapdragon 410 yang digunakan Samsung Grand Prime tidak memiliki memori sendiri.

Dari data yang saya ambil dari Jalantikus.com, aplikasi seperti Facebook, Messenger, dan Instagram adalah aplikasi yang rakus RAM, tingkat konsumsinya hingga 250 MB.

Seandainya ketiga aplikasi tersebut berjalan secara bersamaan, maka tidak ada sisa RAM lagi yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lain.

Kondisi itulah yang merupakan salahsatu penyebab Samsung Grand Prime jadi loading lama, aplikasi sulit terbuka, internetan jadi lambat meski memori internal masih lowong.

Terus apa solusinya...?

Solusinya satu yaitu hapus dan ganti ketiga aplikasi tersebut dan aplikasi lain yang menggunakan RAM terlalu banyak dengan aplikasi versi Lite.

Aplikasi Lite adalah versi mini dari aplikasi standar yang lebih ramah RAM, Memori dan Data. Untungnya ketiga aplikasi tersebut (Facebook, Messenger dan Instagram) sudah ada versi Lite-nya.

Selain disebabkan oleh aplikasi, widget yang tidak terlalu penting seperti Widget cuaca, Gmail, dan Berita sebaiknya di non aktifkan saja, agar ada sedikit tambahan RAM untuk aplikasi yang lebih penting.

Baca Juga : Spek dan Kelebihan Samsung Grand Prime

5. Jangan Gunakan Wallpaper Beresolusi Tinggi (HD)

Memasang Wallpaper dengan resolusi HD membuat tampilan hape jadi tambah keren, apalagi icon default sistem diganti dengan icon kekinian yang dapat kita download di Playstore secara gratis.

Sayangnya, menggunakan Wallpaper yang resolusinya diatas 540x960 akan memberatkan sistem karena resolusi layar dari Grand Prime belum HD.

Kalau dipaksakan, terlalu banyak RAM yang akan dihabiskan untuk memuat gambar wallpaper saja, sementara ada banyak aplikasi penting yang memerlukan RAM tersebut.

Untuk itu, lebih bijaklah dalam memilih wallpaper. Gunakan selalu gambar dengan resolusi 540x960 saja agar sistem loadnya lebih cepat sehingga aplikasi lain dapat dijalankan dengan lebih enteng.

Penutup

Itulah informasi tentang cara yang biasanya saya lakukan untuk mengatasi Samsung Grand Prime yang mendadak lemot, semoga bisa membantu menyelesaikan masalah anda.

Jika ada tips yang belum masuk, anda bisa berkontribusi dengan menginformasikannya dikolom komentar.

Terimakasih.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close