Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0


Cara Upgrade / Pembaruan Sistem Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0 - Asus akhirnya secara resmi merilis Pembaruan Sistem (Firmware) terbaru dengan Android 8.0 Oreo sebagai fondasinya yang dibalut dengan antar muka ZenUI generai 4.0.

Pembaruan ini kebanyakan ditujukan untuk beberapa seri Zenfone yang sebelumnya sudah menjalankan Android Nougat (7.0).

Pertimbangannya perangkan Zenfone yang sudah menjalankan Android Nougat dari segi Hardware siap dan mampu menjalankan Android baru dengan beragam fitur baru yang pastinya lebih berat dibanding edisi Android sebelumnya.

Salah satu seri Zenfone yang mendapatkan pembaruan sistem ke Android 8.0 ini adalah seri Zenfone 3 seperti :
  1. Zenfone 3 ZE520KL
  2. Zenfone 3 ZE552KL
  3. Zenfone 3 Ultra ZU680KL
  4. Zenfone 3 Laser ZC551KL
  5. Zenfone 3 deluxe ZS570KL
Seperti yang diinformasikan google ada banyak pembaruan fitur yang ada didalam android oreo seperti fitur PIP (Picture In Picture).  Berikut daftar lengkap fitur yang akan kamu dapat dengan melakukan upgrade android ke versi Oreo serta manfaatnya.

Fitur Baru Android Oreo 8.0 Dalam Balutan ZenUI V.4.0

1.    Emoji Baru Lebih Cartoonish

Google menginformasikan jika ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibuat lebih Cartoonish dan tampak lebih hidup jika dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.

2.    Utak Atik Icon Aplikasi Tanpa Louncher

Ini benar-benar sesuatu yang baru dimana kamu bisa gonta ganti bentuk icon aplikasi sesukamu tanpa harus memasang launcher terlebih dulu. Saat ini ada empat pilihan: Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

3.    Statistik Penggunaan Baterai Lebih Rinci

Android Oreo akan memberikan data penggunaan daya oleh aplikasi maupun hardware secara rinci sehingga kamu dapat mengatur ulang aplikasi yang boros daya sehingga daya baterai ponselmu bisa bertahan lebih lama.

4.    Auto Enable Wi-Fi

Memanfaatkan data dari GPS fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada saat kamu berada dirumah atau jaringan yang tersimpan serta otomatis mematikan data seluler disaat yang sama.

5.    Picture in Picture

Pada android oreo kamu bisa melakukan panggilan video sembari menonton video dari youtube melalui browser Google Chrome berkat fitur PIP hanya dengan menekan tombol Home saat video diputar.

6.    Smart Storage

Fitur ini memungkinkan sistem untuk menghapus file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan agar tersedia lebih banyak ruang untuk sistem sehingga aplikasi dapat dijalankan lebih cepat.

7.    Play Protect Untuk Melindungi Sistem Dari Aplikasi Jahat

Google juga meningkatkan keamanan toko aplikasi digital miliknya yakni Play Store. Play Protect mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Seperti penjelasan dari Google Play Protect mampu memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari.

8.    Menunda Pemberitahuan

Android Oreo memungkinkan kamu untuk menunda pemberitahuan dengan cara men-swipe dengan cepat dan mengetuknya.

Jika kamu memiliki pesan teks atau email yang ingin dilihat nanti, gesek ke kanan pada pemberitahuan sampai kamu melihat ikon jam. Tap pada jam, pilih jumlah waktu yang kamu inginkan untuk menundanya.

9.    Smart Text

Fitur Android Oreo ini memudahkan kamu melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, ketika kita melihat tulisan sebuah alamat, kamu tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata.

Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada tulisan alamat atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.

10.    Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara

Nggak cuma alarm doang yang bisa kamu tunda. Di Android Oreo, kamu dapat melakukan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.
Jadi, kamu nggak bakal lagi melewatkan pemberitahuan penting meskipun kamu lagi sibuk. Saat timer habis, kamu akan mendapatkan peringatan lagi.

11.     Twin Apps

Twin Apps adalah fitur yang fungsinya untuk menggandakan sebuah aplikasi sehingga dalam satu perangkat kamu dapat mengunkan satu aplikasi dengan akun yang berbeda.

Fitur ini cocok untuk kamu yang menggunakan media sosial sebagai sarana berjualan. Misalnya Aplikasi Facebook, akun yang satu dapat kamu gunakan untuk Fans Page jualan dan akun yang satunya lagi untuk Facebookan biasa.

Bagi pengguna Xiaomi fitur Twin Apps mungkin sudah ketinggalan zaman karena produk hape Xiaomi yang menjalankan MIUI 9 sudah memiliki kemampuan tersebut.

12.    Page Maker

Fitur ini baru saja muncul di updatean terbaru ini. Fungsi dari fitur ini sebenarnya sangat sederhana tapi sangat membantu bagi kamu yang sangat perhitungan dengan paket data.

Page Maker ini adalah fitur yang memungkinkan kamu mengunduh halaman website di Browser sehingga kamu dapat membacanya sewaktu-waktu secara offline. Fitur ini mirip fungsi dari Opera News yang beberapa waktu lalu di luncurkan.

13.    Long Screenshoot

Fitur ini seperti namanya dapat digunakan untuk membuat Screenshoot panjang. Biasanya digunakan untuk mengambil cuplikan halaman Web. Cara penggunaannya pun sangat simple.

Tinggal scrool mau dari mana posisi screenshoot, lalu tekan VOLUME DOWN + POWER, nanti ada pilihan untuk melakukan Long Screenshoot dibagian bawah.
Sumber : Kompas.com dan Forum ZenTalk

Lalu bagaimana cara mendapatkan pembaruan sistem android Oreo di Zenfone 3 Series...?

Cara 1. Firmware Over The Air

Istilah Firmware Over The Air (FOTA) maksudnya mendownload dan menginstal sendiri firmware terbaru langsung dari perangkat Zenfonemu.

Supaya proses upgradenya berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan antara lain:
  • Perangkatmu terhubung dengan jaringan internet yang cepat dan stabil (direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi). Jika menggunakan Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang akan didownload. Misalnya File Update / Upgrade berukuran 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.
  • Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan sistem baru yang akan dipasang.
  • Pastikan Daya Baterai Full 100%, hal ini ditujukan untuk menghindari proses download terhenti karena perangkat kehabisan daya.
  • Perangkat tidak dalam kondisi sudah di-Root
  • Lakukan Backup file yang ada di memori internal untuk jaga-jaga saja.

Langkah-Langkah Upgrade Firmware Zenfone Via FOTA

Langkah 1. Pastikan kamu telah mendapatka notifikasi adanya pembaruan system untuk perangkatmu. Jika tidak, lakukan pengecekan manual dengan membuka menu Settings -> About -> System update.

Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0
Langkah 2. Setelah mendapatkan notifikasi, Klik menu Setting tersebut kemudian tap untuk mendapatkan informasi detail perihal isi dari pembaruan perangkat lunak yang akan didapat.

Langkah 3. Download file pembaruan (Update) Setelah itu sistem akan mencari file update dan tunggu prosesnya selesai 100%.

Langkah 4. Setelah proses download selesai system akan meminta untuk melakukan Restart guna menginstal File Update yang telah didownload tadi. Harap maklum jika booting pertama kali agak sedikit lama, karena system baru terlebih dahulu memindai hardware dan aplikasi yang telah terpasang pada system sebelumnya.

Sampai proses ini, boleh dikatakan proses upgrade Android pada perangkat Zenfone anda telah berhasil dilakukan.

Cara 2. Instal Manual 

Seperti namanya, cara ini kita akan melakukan proses upgrade firmware dengan cara menginstalnya secara manual dari perangkat Zenfone tanpa menggunakn PC yang disunting dari forum Zentalk  .

Yang kita perlukan hanya firmware yang sesuai dengan Seri, Tipe dan SKU dari perangkat Zenfone yang kamu gunakan.

Contoh :
  • Seri  : Zenfone 2 Laser
  • Tipe : ZE600KL Z00L
  • SKU : WW

Perhatian :

  • Pastikan firmware yang kamu download SKU-nya sesuai dengan SKU yang tertera diperangkat Zenfone kamu, misalnya WW -> WW, CN -> CN, TW -> TW. Memilih SKU yang tidak sesuai akan menyebabkan proses instalasi gagal.
  • Kamu tidak bisa merubah firmware yang tadinya memiliki SKU WW -> TW, serta tidak bisa melakukan Downgrade firmware. Misalnya versi firmware yang Zenfone kamu gunakan saat ini V2.20.40.13 kemudian kamu akan menginstal firmware dengan versi dibawahnya misalnya V2.19.40.18 maka dipastikan proses instal akan gagal.
  • Pada saat proses upgrade sedang berjalan pastikan perangkat Zenfonemu tidak kekurangan daya. Dari keterangan pihak Asus sendiri cukup dengan 15 % daya, tapi saya pribadi sebaiknya 100 % full.
  • Kunjungi situs dukungan firmware Asus di http://www.asus.com/tw/support untuk mendownload file pembaruan sistem yang diperlukan dengan memperhatikan tiga catatan diatas.
Setelah fimrware selesai kamu download, cek kembali kondisi firmware tersebut menggunakan Winrarr atau 7Zip.

Jika didalam file Zip hanya tertera 1 file dan masih dalam keadaan tercompres (format Zip) ekstrak kembali sehingga yang didapat berupa file Zip dengan beberapa file didalamnya, perhatikan gambar berikut :

Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Firmware yang berwarna merah harus diekstrak lagi, sedangkan firmware sebelah kanan yang berwarna kuning siap untuk diinstal.

Setelah itu, copy file firmware tersebut ke memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder kembali. Maka sistem akan otomatis membaca keberadaan file update denga icon tanda seru dipojok kiri atas menu bar.

Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Klik icon tersebut lalu perangkat akan resrtart kemudian masuk Recovery Mode.

Tunggu proses instalasi selesai yang dapat memakan waktu 15-30 menit. Booting pertamakali akan sedikit lebih lama karena ada proses pemasangan sistem dan aplikasi baru.

Penutup

Itulah penjelasan cara upgrade firmware Asus Zenfone 3 Series ke Oreo 8.0 semoga bermanfaat. Untuk penjelasan yang kurang silahkan informasikan di kolom komentar.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close