Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo 8.1 Stable

Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo 8.1 Stable

Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo 8.1 Stable - Pada postingan sebelumnya sudah share Cara upgrade Android Samsung J7 Prime SM-G610F/DS ke Nougat 7.0 dengan beberapa cara alternative yang bisa kamu pilih.

Kali ini saya mau share lagi tutorial instalasi Custom ROM Android Oreo pada Samsung J7 Prime SM-G610F/DS versi stabil dari Developer AOSP Extended (AEX).

ROM yang akan saya bagikan ini kelebihannya bukan pada tampilan, tapi ada pada kestabilan sistem yang dibangun dari kode sumber AOSP dari Google sehingga segala fitur android baru bisa kamu dapatkan di hapemu.

Supaya tidak ragu berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari ROM AOSP Extended dibandingkan Custom ROM lain adalah :

Kelebihan ROM AOSP Extended

1.    Custom Dengan Sistem Kemanan Terbaru.

ROM AOSP Extended secara rutin merilis patch kemanan terbaru setiap bulannya tepat setelah google merilisnya. Jadi meskipun ROM ini merupakan Custom ROM, patch dan fitur yang ditanamkan sama seperti yang dijalankan Stock Android resmi.

2.    Fungsional dan Kaya Fitur.

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, ROM ini menitik beratkan kepada kenyamanan dan kinerja sehingga ROM ini dijejali dengan fitur (Extension) bermanfaat yang terus dikembangkan sehingga makin baik dari edisi ke edisi.

3.    Tersedia Update Over The Air (OTA)

Bukan hanya ROM pabrikan yang memiliki update via OTA karena pembaruan software untuk ROM AOSP Extended dapat anda dapatkan secara online seperti laiknya ROM pabrikan.

4.    Performa Setara Stock ROM.

Kinerja sebuah Custom tidak ada yang pernah sebaik ini. Performa perangkat semakin baik dengan bantuan Extensi yang ditanamkan. Tidak ada lag dan Bug yang sering kita temukan di Custom ROM lain. Semua fungsi utama hape berjalan sangat normal.

5.    Hemat Memory Internal

Penggunaan Ruang penyimpanan menjadi lebih optimal setelah menggunakan ROM AOSP Extended khususnya bagi perangkat yang hanya bermodalkan memori 8 / 16 GB. Terutama juga bagi pengguna Xiaomi saya rekomendasikan untuk bermigrasi ke ROM AOSP Extended. Seperti yang sudah saya share di postingan saya Cara Menghapus File Lainnya, dimana kita kita tidak tahu persis untuk apa peruntukan dari File Lainnya yang bisa memakan ruang bergiga-giga.

6.    Bersifat Terbuka

ROM AOSP Extended bersifat terbuka sehingga siapapun bisa berkontribusi memberikan masukan ide-ide mereka mengembangkan Soucre Code yang telah dikembangkan Tim AOSP Extended.

7.    Dukungan Lengkap

Layanan dukungan menjadi kelebihan tersendiri dimana anda bisa berkonsultasi untuk setiap masalah yang anda temukan selama menggunakan ROM AOSP Extended baik itu melalui Forum XDA, Facebook dan Google Plus.

8.    Update Versi Android Cepat

Pembaruan Sistem lebih cepat dari pabrikan seperti contoh Xioami Redmi 4X yang masih menggunakan Nougat telah tersedia ROM dengan basis Android Oreo.

Kekurangan ROM AOSP Extended

  • kekurangan ROM AOSP Extended adalah ketersediaan perangkat yang didukung masih kurang karena keterbatasan sumber daya
  • Tidak memiliki aplikasi galery sendiri jadi harus instal belakangan. Sebenarnya ada Google Foto tapi fitur untuk pengguna offline terbatas. Kamu bisa instal APK Galery Zenfone dengan mengirimnya melalui Shareit.
  • Selain tidak memiliki Galery, ROM ini hanya menggunakan File Manager Native Google yang hanya punya fitur standard, untuk itu direkomendasikan menggunakan File manager lain seperti File Manager Zenfone, Xiaomi, ES Manager yang bisa langsung didownload di Playstore, apkmirror.com atau kirim via Shareit.

Fitur Baru Android Oreo Beserta Manfaatnya

1.    Emoji Baru Lebih Hidup

Google menginformasikan jika ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibuat lebih Cartoonish dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.

2.    Utak Atik Icon Aplikasi Tanpa Louncher

Ini benar-benar sesuatu yang baru dimana kamu bisa gonta ganti bentuk icon aplikasi sesukamu tanpa harus memasang launcher terlebih dulu. Saat ini ada empat pilihan: Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

3.    Statistik penggunaan baterai lebih rinci

Android Oreo akan memberikan data penggunaan daya oleh aplikasi maupun hardware secara rinci sehingga kamu dapat mengatur ulang aplikasi yang boros daya sehingga daya baterai ponselmu bisa bertahan lebih lama.

4.    Auto Enable Wi-Fi

Memanfaatkan data dari GPS fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada saat kamu berada dirumah atau jaringan yang tersimpan serta otomatis mematikan data seluler disaat yang sama.

5.    Picture in Picture

Pada android oreo kamu bisa melakukan panggilan video sembari menonton video dari youtube melalui browser Google Chrome berkat fitur PIP hanya dengan menekan tombol Home saat video diputar.

6.    Smart Storage

Fitur ini memungkinkan sistem untuk menghapus file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan agar tersedia lebih banyak ruang untuk sistem sehingga aplikasi dapat dijalankan lebih cepat.

7.    Google Play Protect 

Google juga meningkatkan keamanan toko aplikasi digital miliknya yakni Play Store. Google bakal mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Google mengatakan akan memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari.

8.    Menunda Pemberitahuan

Android Oreo memungkinkan kamu untuk menunda pemberitahuan dengan cara men-swipe dengan cepat dan mengetuknya.

Jika kamu memiliki pesan teks atau email yang ingin dilihat nanti, gesek ke kanan pada pemberitahuan sampai kamu melihat ikon jam. Tap pada jam, pilih jumlah waktu yang kamu inginkan untuk menundanya.

9.    Smart Text

Fitur Android Oreo ini memudahkan kamu melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, ketika kita melihat tulisan sebuah alamat, kamu tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata.

Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada tulisan alamat atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.

10.    Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara

Nggak cuma alarm doang yang bisa kamu tunda. Di Android Oreo, kamu dapat melakukan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

Jadi, kamu nggak bakal lagi melewatkan pemberitahuan penting meskipun kamu lagi sibuk. Saat timer habis, kamu akan mendapatkan peringatan lagi.

Kamu pasti tidak sabar ingin mencoba bagaimana rasanya menjalankan Android Oreo di Samsung J7 Prime, tapi sebelum itu pastikan kamu sudah menginstal TWRP, karena Sistem Recovery bawaan Samsung tidak bisa menginstal Custom ROM.

Cara Instal TWRP Pada Ponsel Samsung Galaxy

Pada dasarnya semua perangkat android memiliki sistem recovery yang berguna untuk memperbaiki sistem android pada saat mengalami masalah seperti bootloop, Softbrick, IME Null dengan cara menjalankan opsi WDFS (Wipe Data Factory Reset) sehingga sistem menjadi benar-benar baru.

Sayangnya fitur yang dimiliki sistem recovery bawaan ponsel android terbatas seperti tidak bisa melakukan backup ROM, Tidak bisa menginstal Custom ROM, Rooting Perangkat dll.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, dibuatlah Custom Recovery yang dapat menangani beragam tugas yang tidak bisa dijalankan dengan sistem recovery bawaan hape.

Custom recovery yang terkenal dikalangan pengguna android adalah CWM (ClockWorkMood) dan Team Win Recovery Project (TWRP). Dibanding CWM, TWRP lebih banyak digunakan pengguna Android karena beberapa kelebihan seperti UI yang lebih bersahabat dan ketersediaan versi baru yang mendukung perangkat android terbaru pula.

Cara menginstal custom recovery pada masing-masing merk smartphone berbeda, dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memasang custom recovery pada perangkat android samsung.

Manfaat Dan Kelebihan Memasang Custorm Recovery TWRP

  1. Kamu bisa melakukan perbaikan sistem android sekaligus dapat digunakan untuk memasang custom rom 
  2. Kamu bisa memodifikasi system android dengan memasang Kernels, Add-Ons dan Moods.
  3. Kamu bisa melakukan pencadangan sistem yang sewaktu-waktu dapat kamu gunakan kembali
  4. Bisa digunakan untuk mengembalikan file pencadangan yang sebelumnya kamu cadangkan
  5. Kamu bisa tetap melakukan aktifitas transfer file meskipun berada pada mode sistem recovery baik itu dengan perangkat komputer, SD Card maupun OTG.

Perlu untuk kamu ingat jika TWRP antar perangkat yang satu tidak bisa digunakan pada perangkat lain sehingga pilihlah TWRP yang sesuai dengan Merk dan seri dari Ponsel Android yang kamu gunakan.

Persiapan Instal TWRP Pada Perangkat Android Samsung Galaxy

Agar perangkat androidmu bisa terpasang custom recovery Aktifkan Pendebug USB dan Membuka Kunci OEM dengan cara mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Option).

Cara mengaktifkan Mode Pengembang buka menu Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x). Sekarang, aktifkan USB debugging pada perangkat Samsung .

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB lalu centang juga Buka Kunci OEM ( disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas)

Sedangkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang TWRP pada Ponsel Android Samsung adalah :

Cara Instal TWRP Pada Perangkat Samsung Galaxy

Langkah 1. Instal Driver USB Samsung yang telah didownload tadi.

Langkah 2. Matikan perangkat lalu masuk ke Download Mode dengan menekan tombol kombinasi Power + Home + Volume Bawah, setelah muncul logo samsung lepaskan. Akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini tapi abaikan saja tetap lanjut dengan menekan tombol volume atas.

Langkah 2. Jalankan Odin dengan cara klik kanan pada program lalu Run As Administrator. Pada menu Option biarkan settingan default pada F.Time Reset dan Auot Reboot.

Langkah 3. Sambungkan ponsel android dengan download mode menggunakan kabel data ke komputer. Jika perangkat terbaca, ID:COM pada Odin akan berwarna biru.

Langkah 4. Klik tombol AP pada odin lalu cari Installer TWRP dengan format TAR.MD5 yang telah kamu download tadi. Lalu tunggu hingga ada pesan “ ADDED” di Messages Box.

Langkah 5. Klik tombol Start untuk memulai penginstalan TWRP. Perhatikan persentasi jalannya proses instalasi TWRP pada ponsel.

Perangkat akan Reboot otomatis dan masuk ke TWRP untuk pertamakali. Setelah mencapai proses ini, TWRP pada perangkat Samsung Galaxy siap digunakan untuk Install Custom ROM dan Gapps.

Alat dan Bahan Instalasi Custom ROM Pada Samsung Galaxy

  • Buat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu karena nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).
  • Isi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi masalah ada cukup daya dan waktu untuk melakukan perbaikan 
  • Download Rom AOSP Extended Android Oreo 8.1 Official Versi 5.8 Stable ( 550 MB)
  • Download Gapps dengan kriteria ARM64 -> Android 8.1 -> Stock (750 MB) 
  • Paket data (Opsional) untuk melakukan setup akun setelah proses instalasi selesai kamu lakukan.

Langkah-Langkah Instalasi

Langkah 1. Salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG. Mengapa tidak langsung ke Memory Internal...? Karena sering terjadi masalah untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta saat masuk TWRP minta Password / PIN. Untuk masalah ini akan dibahas nanti.

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + HOME + POWER.

Langkah 3. Setelah masuk TWRP pilih menu WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION lalu pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke menu utama lalu pilih menu INSTAL, cari ROM AOSP yang telah didownload tadi lalu Instal seperti biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya.

Setelah semua tahapan diatas selesai kamu jalankan, Restart perangkatmu untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Penutup

Demikian tutorial instalasi Android Oreo pada Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan Custom ROM AOSP Extended versi 5.8 terbaru, semoga bermanfaat.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close