Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pendingin Hape Xiomi Otomatis Terbaik di Playstore

Aplikasi Pendingin Hape Xiomi Otomatis Terbaik di Playstore  

Aplikasi Pendingin Hape Xiomi Otomatis Terbaik di Playstore - Kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi pendingin untuk hape Xiaomi Redmi 4X yang dalam beberapa hari penggunaan menurut saya telah berhasil mengatasi panas berlebih secara otomatis.

Anda pasti sudah faham jika panas berlebih pada hape android jika dibiarkan akan berakibat fatal, bukan bagi anda tapi hapenya yang modar.

Sebelum membahas aplikasinya...saya mau memberitahu masalah apa saja yang dapat ditimbulkan jika panas berlebih padan hape Xiaomi anda dibiarkan.

Informasinya didapat dari berbagai sumber, link situs ada di akhir postingan...!

4 Masalah akibat panas berlebih pada hape.

  1. Tidak nyaman digunakan
  2. Ponsel berjalan lambat
  3. Penurunan daya simpan baterai
  4. Kerusakan pada CPU
Penjelasan...!

Panas berlebih pada hape dapat menyebabkan beragam masalah yang pastinya mengurangi kenyamanan anda mengoperasikan hape.

Seperti yang kita tahu Redmi 4X material bodinya berbahan logam. Akibatnya adalah hanya dengan bermain game dalam beberapa menit panas yang ditimbulkan bisa sangat terasa sehingga membuat kita tidak nyaman.

Untuk itu, pengguna Redmi 4X wajib menggunakan casing untuk meredam panas berlebih yang dapat membantu menyalurkan panas dari aktifitas CPU secara perlahan.

Tapi perlu anda ingat, casing hape yang digunakan hendaknya yang tipe Hard Case, bukan Softcase yang kenyal seperti jelly.

Mengapa....?

Karena casing berbahan lentur seperti softcase tidak bagus dalam menyalurkan panas, malahan panas yang dihasilkan akan mengendap.

Selain tidak nyaman digunakan, panas berlebih juga akan menyebabkan ponsel berjalan lambat (lemot). Seperti halnya manusia CPU pada ponsel android tidak kuat terlalu lama dalam kondisi suhu panas.

Redmi 4X mempunyai baterai tipe Non Removable. Baterai dengan tipe seperti ini akan sulit kita perbaiki jika baterainya drop.

Salah satu penyebab baterai hape drop adalah panas berlebih yang berasal dari aktifitas CPU. Selain itu juga, waktu pengisian daya yang sembarangan juga dapat mengakibatkan baterai drop lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

Untuk itu, ponsel Xiaomi dengan baterai tanam perlu perlakuan khusus agar baterai tidak cepat mengalami drop yang artinya beli hape baru.

Salah satu caranya adalah dengan menjaga suhu CPU agar tidak cepat panas.

Bisa dengan mendinginkan secara fisik atau bisa juga dengan bantuan aplikasi yang akan mendinginkan dari dalam sistem.

Masalah terakhir (ke 4) yang disebabkan ponsel android yang Overheat adalah kerusakan pada CPU hape.

Hape seperti halnya laptop punya CPU yang bekerja memproses segala perintah yang kita instruksikan melalui sistem operasi yakni android.

Karena dipaksa menjalankan aplikasi yang terlalu banyak, CPU jadi bekerjakeras. Aktifitas CPU inilah yang menghasilkan panas.

Ponsel sebenarnya punya alat pendingin, tapi alat pendingin ini kemampuannya terbatas dan tidak bisa pula di upgrade seperti PC.

Jika panas dibiarkan terlalu lama dan berlangsung terus menerus dapat menyebabkan CPU hape anda soak. Yang pasti, CPU pada hape itu tidak bisa diganti sehingga anda harus beli hape baru.

Itulah penjelasan 4 efek yang ditimbulkan jika membiarkan panas berlebihan pada hape Xiaomi anda.
Selanjutnya, bagaimana cara mendinginkannya dengan cepat dan aman...?

Cara mendinginkan hape agar CPU kembali normal bisa dengan dua cara:
  1. Mendinginkan secara fisik dengan mengistirahatkan hape dan meletakkannya pada permukaan yang keras dan menyerap panas.
  2. Mendinginkan dari dalam dengan memangkas penggunaan resource CPU dari dalam sehingga mengurangi beban CPU hape.
Cara pertama tentu sudah jelas, anda tinggal meletakkan hape pada permukaan yang keras dan dingin lalu biarkan panas mengalir perlahan.

Karena sifat panas yang mengalir dari tinggi ke rendah, permukaan yang keras seperti lantai keramik sangat efektive menurunkan suhu dalam waktu singkat.

Selain dengan cara fisik, menurunkan suhu panas hape bisa juga dari dalam sistem android itu sendiri. Kita bisa menggunakan aplikasi pendingin terbaik yang ada di Playstore saat ini yaitu Cooler Master.

Applikasi Cooler Master ini berfungsi Sebagai aplikasi pemantau dan pengendali suhu ponsel Android #1 yang mendeteksi dan menutup aplikasi yang boros sumber daya untuk mengurangi penggunaan CPU dan mencegah panas berlebihan.

Bagaimana cara kerja Cooler Master?

Cooler Master dirancang untuk memantau penggunaan CPU ponsel sobat, dan mendeteksi aplikasi yang banyak menggunakan CPU sehingga kita bisa menutupnya aplikasi yang memakan banyak daya CPU secara berlebih hanya dengan sekali klik.

Kelebihan Cooler Master

5 Keunggulan yang di tawarkan oleh applikasi Cooler Master  tidak akan anda dapatkan di aplikasi sejenis lainnya :
  1. Punya kemampuan mengawasi suhu secara real-time
  2. Deteksi otomatis terhadap aplikasi yang panas berlebihan secara langsung
  3. Mudah digunakan karena hanya butuh Satu ketukan untuk mendinginkan ponsel
  4. Membuat sobat bisa menutup aplikasi yang panasnya berlebihan dengan satu ketukan sederhana untuk menurunkan penggunaan CPU dan mendinginkan ponsel sobat.
  5. Mendukung Bahasa Indonesia.

Cara Penggunaan Aplikasi Cooler Master

  • Download dan instal aplikasinya di google play
  • Jalankan aplikasi lalu akan ditampilkan antarmuka aplikasi yang menunjukkan data penggunaan memory RAM dan CPU secara real time.
  • Dibagian atas anda akan melihat kontrol suhu ponsel anda (CPU) dimana angkan 32 ° Celcius merupakan suhu normal.
  • Pada saat suhu mencapai 40 derajat, klik pada tombol “deteksi aplikasi yang panas”, maka sistem akan melakukan memindai aplikasi apa saja yang memakan resource CPU dalam jumlah tinggi.
  • Setelah proses pemindai selesai dan daftar aplikasi penyebab CPU panas terdetek, klik tombol bersihkan.
  • Selesai.
Baca Juga :
Review Aplikasi Sayit Baca Artikel Website Otomatis
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close