6 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A1000

Pada artikel Review ( lebih tepatnya disebut curhat) saya kali ini akan mengulas Ponsel Android lawas Lenovo yakni seri A1000.

Ada beberapa hal yang akan saya jelaskan tentang ponsel ini seperti Harga baru dan bekas, kualitas Kamera dan pertanyaan yang paling calon pengguna tanyakan yakni jaringan Lenovo A1000 apakah sudah 4G atau belum...?

Berikut penjelasan lengkapnya...

Beberapa hari terakhir ini saya sedang dipusingkan oleh barang dagangan sendiri yakni Hape Lenovo A1000 yang belum juga laku semenjak saya tebus dengan harga 700 ribu sekitar 2 minggu yang lalu.

Awalnya saya sangat  antusias dan yakin kalau hape ini bisa laku dengan mudah dikisaran harga 800 ribuan, atau paling tidak harga bekas Lenovo A1000 ini bakalan mentok di angka 700 ribuan lebih sedikit. Untung beberapa puluh ribu sudah cukuplah buat beli paket data.

Keyakinan saya terhadap hape ini bakalan membuat saya untung dikuatkan juga oleh kondisi fisik yang masih bagus lengkap kemasan pembelian beserta Charger asli dan Headset.

Setelah beberapa hari posting di forum jual beli kok penawaran yang masuk pada sadis-sadis sekali ya, kisarannya di angka 500-575 ribu, dropnya cukup jauh sekitar 200 ribuan.

Padahal saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya seandainya ada orang yang cukup cerewet untuk nanya segala hal tentang Lenovo A1000 ini seperti :
  1. Spesifikasi
  2. Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A1000
  3. Kelengkapan Barang
Buat yang belum tahu spesifikasi dari Lenovo A1000 sini saya kasi tahu lengkapnya, siapa tahu anda juga berminat dengan hape ini (Call me ya....)

kelebihan dan kekurangan lenovo a1000
Lenovo A1000

Spesifikasi Lenovo A1000

  • Layar : 4 inci yang memiliki Resolusi 480x800 pixel dengan kerapatan layar yang lumayan yakni 233 ppi ;
  • Kamera : Kamera Primer (Belakang) 5 MP yang mampu mengambil gambar dengan resolusi HD, sedangkan kamera Selfie (Depan) kualitas VGA ;
  • Memory RAM : 1 GB
  • CPU : ARM Cortex A7 Quad Core dengan kecepatan 1.3 GHz
  • GPU : Mali 400MP2
  • Jaringan : 2G/3G/HSDPA
  • Kapsitas Baterai : 2000 mAH (Removable)
  • Sistem Operasi : Android Lollipop (v.5.0)

Apa Sih Kelebihan Lenovo A1000...?

Apabila saya ditanya oleh calon pembeli “ Apa Sih Kelebihan dari Lenovo A1000...? “,

Jawabannya pasti beda dengan yang akan saya berikan kepada anda para pembaca Banggras.blogspot.com.

Jika yang bertanya calon pembeli :
  • Kondisi fisik hape bagus (tampak seperti baru) lengkap dengan kotak kemasan, Charger dan Headset ;
  • Garansi 1 minggu uang kembali jika hape rusak dengan catatan hape tidak rusak karena jatuh atau terendam air ;
  • Ketahanan baterai masih normal (tidak drop) ;
  • OS sudah Lollipop yang stabil dan tanpa BUG ;
  • Bisa dipakai main Mobile Legend ;
  • Dst...
Nah...khusus buat anda pembaca setia Banggras Android, kelebihan Lenovo A1000 menurut saya hanya di Sistem Operasi yang sudah Lollipop yang mana versi Android ini sudah menggunakan ART (Android Run Time) sebagai emulatornya, bukan Dalvik seperti Era Jelly Bean dan Kit Kat.

Karena di tahun 2018 ini kebutuhan hardware sudah semakin tinggi, spesifikasi yang dimiliki Lenovo A1000 menurut saya sudah terlalu jauh tertinggal.

Apalagi buat anda yang berniat beli hape untuk bermain game seperti Mobile Legend Bang-Bang,bakalan sulit menemukan performa yang maksimal.

Lenovo A1000 sebenarnya bisa digunakan untuk main Mobile Legend, karena spesifikasi minimum dari game tersebut RAM Cuma 1 GB.

Tapi itu syarat minimum loh dengan konsekuensi resolusi harus disetting ke LOW atau MEDIUM.

Free RAM juga harus digenjot semaksimal mungkin dengan mematikan aplikasi latar belakang dan menghapus aplikasi tidak berguna (Bloatware) yang berjalan dilatar belakang.

Kekurangan Lenovo A1000 Versi Penawar Sadis

  1. Layar terlalu kecil
  2. Memory RAM tidak memadai untuk aplikasi baru
  3. Pixel Kamera rendah
  4. OS masih Lollipop
  5. Tidak Mendukung 4G
Menurut pendapat calon pembeli yang sudah menawar dengan harga yang bikin mau nangis, kekurangan dari Lenovo A1000 adalah sebagai berikut :

Layar yang hanya 4 inci dianggap terlalu kecil dan tidak cocok dengan kebutuhan pengguna hape tahun 2018 yang lebih menyukai hape dengan layar 5 inci keatas atau lebih lebar.

RAM 1 GB sudah dianggap terlalu kecil untuk menjalankan aplikasi zaman now, apalagi jika calon penggunanya doyan memasang aplikasi chating seperti : Facebook, Line, WhatsApp yang konsumsi RAM-nya diatas 150 MB.

Facebook dan Mesenger ada dua aplikasi yang harus dihindari jika memiliki hape dengan RAM terbatas, karena dua aplikasi ini sudah cukup menghabisi sisa RAM yang ponsel anda miliki.

Kamera Lenovo A1000 juga jadi pertimbangan mereka dimana hape ini hanya mempunyai kamera primer 5 MP.

Saat ini, hape keluaran baru dengan harga dibawah satu juga banyak yang memiliki kamera 8 MP sehingga mereka berfikir daripada korban harga segitu untuk dapat kamera 5 MP, lebih baik nambah beberapa ratus ribu untuk mendapakan hape dengan kualitas kamera yang lebih baik biar bisa instal aplikasi Tik Tok.

Tampilan Lenovo A1000 sebanarnya sudah cukup menarik karena telah menjalankan OS Android Lollipop 5.0.

Tapi lagi-lagi banyak calon pengguna yang menganggap versi Android ini sudah cukup tertinggal.

Hape standar 2018 menurut mereka minimal menggunakan Android Marshmallow atau Nougat.

Sekarang ini memang sudah zamannya jaringan 4G, selain kecepatannya yang diatas 3G, harga paket yang disediakan provider internet tanah air juga lebih murah jika perangkat kita sudah mendukung jaringan 4G.

Jaringan Lenovo A1000 yang masih 3G juga menjadi salah satu kekurangan yang menyebabkan calon pembeli saya enggan membayar hape ini dengan harga yang saya patok.

Tips Mengatasi Jaringan Lenovo A1000 Agar Bisa 4G

Guna menutupi kekurangan Lenovo A1000 yang masih 3G, saya mau memberi tips agar hape ini bisa menikmati kencangnya yang namanya jaringan 4G.

Gimana caranya...?

Caranya adalah dengan membeli MIFI yang sudah mendukung jaringan 4G. Jadi anda tinggal share data dari MIFI dengan jaringan 4G ke hape Lenovo A1000. Selain bisa juga digunakan oleh perangkat lain seperti Laptop.

Internetan dengan MIFI juga akan menghemat penggunaan daya baterai hape karena sinyal dari MIFI relatif lebih stabil sehingga tidak membuat hape terlalu bekerja keras.

Tapi sebelumnya saya mohon maaf kalau ada yang menganggap tips saya ini tidak berguna. Tapi untuk menikmati jaringan 4G di Lenovo A1000, cara satu-satunya sih hanya itu.

Harga Pasaran Lenovo A1000

Karena sudah tidak diproduksi lagi, sulit menemukan hape Lenovo A1000 dalam kondisi baru, namun harganya berkisar diantara Rp.835.000.

Sedangkan harga bekas yang saya dapat di situs jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak berkisar 600-800 ribuan. Harga lebih murah lagi dapat anda temukan di forum jual beli Facebook area anda dan di OLX.

Kesimpulan

Bagi anda yang berminat membeli hape Lenovo A1000 sebaiknya anda tidak terlalu berekspektasi terlalu tinggi terhadap performa hape ini, terutama untuk anda yang berminat membeli hape untuk kebutuhan bermain game.

Sekedar untuk digunakan browsing internet menggunakan Opera Mini atau UC Browser, Facebookan dengan Facebok Lite Lenovo A1000 sudah pasti lancar digunakan.

Tapi...

Dengan spesifikasi yang menurut saya sudah terlalu ketinggalan, orang yang membeli hape ini haruslah orang yang mengerti spesifikasi hardware hape sehingga dapat memilih aplikasi yang akan diinstal kelak.

Bagi pemilik Lenovo A1000 yang memerlukan informasi tentang Aplikasi ringan untuk ponsel android spesifikasi rendah bisa baca postingan saya ini Aplikasi Terbaik Untuk Hape RAM 1 GB.

Yups...demikian informasi sekaligus curhat saya tentang Harga Jual Bekas Lenovo A1000 yang membuat saya selalu ingin bilang KAMPRET, Terima Kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A1000"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown