Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instal Android Marshmallow Pada Zenfone 2 Laser ZE550KG


Instal Android Marshmallow Pada Zenfone 2 Laser ZE550KG


Cara Instal Android Marshmallow Pada Zenfone 2 Laser ZE550KG- Saya sebetulnya agak was-was pada saat akan melakukan upgrade android Zenfone 2 Laser ZE550KG 5.5” Z00WD.

Dari beberapa review dari forum Asus Zentalk, pembaruan system ke Android M ini ternyata memiliki begitu banyak kekurangan (BUG).

Dari curhatan member Asus ZenTalk Community saya ahirnya tahu kalau ternyata firmware baru ini katanya dapat menyebabkan kerusakan serius pada ponsel seperti :

•    Tidak ada sinyal plus hilangnya nomor IMEI
•    Ponselnya jadi semakin boros daya
•    Internetan jadi lemot meskipun berada pada area 4G

Atas kejadian tersebut banyak yang menyesal telah melakukan upgrade dan memilih untuk downgrade ke versi Lollipop yang lebih stabil.

Tapi rasa penasaran saya tidak bisa terpuaskan selama belum mencoba sendiri menginstal firmware Android Marshmellow pada Zenfone 2 Laser saya.

Dengan adanya informasi BUG yang didapat dari berbagai sumber, akhirnya saya putuskan untuk tetap melakukan upgrade tapi dengan persiapan yang benar-benar matang.

Apa persiapan yang saya lakukan…?

Persiapan Sebelum Upgrade Android

Melakukan Back Up. File penting seperti akun, nomor kontak, foto, video dan file music yang ada pada ponsel Zenfone terlebih dahulu saya amankan di laptop.

Akun Facebook, Gmail, Akun Asus saya simpan dalam bentuk notepad, sedangkan kontak telah saya sinkornkan dengan Google Contact.

Mengetahui Informasi Ponsel. Informasi ponsel seperti Nomor Seri, SKU dan Firmware yang digunakan saat ini telah saya catat agar memudahkan kita mendownload firmware yang tepat.

Mendownload Fimrware Untuk ZE550KG Z00WD. Setelah semua file penting aman serta sudah mengetahui detail dari ponsel, maka langkah selanjutnya adalah mendownload firmware android M secara manual disitus resmi ASUS.

Oia…

Sebenarnya anda bisa melakukan pembaruan system via OTA (Over The Air) dengan membuka menu pengaturan / Tentang Ponsel / Pembaruan Sistem.

Jika tersedia, anda akan diarahkan untuk mengikuti mendownload firmware yang ukurannya lebih dari 1 GB.

Untuk itu pastikan daya baterai dalam kondisi 100 % serta koneksi internet anda cepat untuk mendownload firmware yang diperlukan.

Setelah download selesai, langkah instalasinya akan dibimbing oleh system.

Biasanya akan diminta restart dan penginstalan system baru akan berjalan dengan sendirinya.

Tetapi…

Berhubung ponsel saya tidak dapat melakukan upgrade secara OTA karena tidak mendapatkan pemberitahuan adanya system baru, meski telah melakukan pengecekan berkali-kali.

Maka jalan satu-satunya adalah dengan download manual.

Untuk Zenfone 2 Laser ZE550KG Z00WD, firmware yang digunakan sama seperti firmware milik ZE550KL dengan kode Z00L.

Sehingga nanti firmware yang akan anda download filenya bernama seperti “ UL-Z00L-WW-1.17.40.1234-user “

Pastikan firmware yang anda download SKU-nya sesuai dengan SKU pada Ponsel anda, misalnya seperti contoh diatas.

Firmware dengan nama file “ UL-Z00L-WW-1.17.40.1234-user “ SKU-nya WW (World Wide) yang artinya produk tersebut adalah produk versi Global. Apabila ponsel anda SKU-nya TW (Taiwan) maka downloadlah versi Firmware TW.

Perhatian…

Saya tidak langsung menggunakan firmware versi terbaru, tapi bertahap mulai dari versi yang lebih lama hingga terbaru.

Awalnya, ponsel Asus saya menggunakan firmware dengan SKU “ UL-Z00L-WW-1.16.40.763-user “, agar tidak mengalami kerusakan seperti pengguna Zenfone yang lain, saya mendownload 5 Firmware sekaligus.

1.    UL-Z00L-WW-1.16.40.763-user (Firmware Bawaan Pabrik)
2.    UL-Z00L-WW-1.17.40.1234-user
3.    UL-Z00L-WW-1.17.40.1531-user
4.    UL-Z00L-WW-21.40.1220.1708-user
5.    UL-Z00L-WW-21.40.1220.1794-user (Yang Saya Gunakan Saat ini)

Catatan :
Urutan instalasinya seperti nomor urut firmware diatas, jadi dalam sehari saya melakukan 4 kali penginstalan system.

Menurut saya dengan melakukan penginstalan secara berurutan seperti diatas, ponsel saya tidak akan kaget sehingga tidak terjadi crash antara system lama yang masih Lollipop 5.02 dan system baru Android M 6.01.

Menurut pendapat saya lagi…

Yang menyebabkan ponsel mengalami masalah setelah upgrade ke Android M adalah GAP antara system lama dengan yang baru terlalu jauh.

Cara Instal Firmware Android Marshmallow

Cara instalasi firmware android pada ponsel Asus menurut saya yang paling mudah, karena tinggal anda copy firmware yang telah didownload tadi ke memori internal menggunakan kabel data.

Setelah selesai anda copy file tersebut kemudian anda cabut kabel USB dari ponsel, system Android akan memberitahukan ada file update tersedia.


Tap tombol pemberitahuan tersebut lalu ada perintah untuk instal firmware. Prsoes instalnya agak lama, jadi pastikan anda sudah mengisi daya baterai sampai penuh.

Apabila nanti anda ingin downgrade, anda tinggal copy firmware Lollipop yang stabil, lalu namai ulang seperti firmware terbaru.

Prosesnya sama seperti saat upgrade, tapi nanti setelah anda install firmwarenya lakukan reset via System Recovery.

Pengalaman Penggunaan

Selama 3 minggu menggunakan Zenfone 2 Laser ZE550KG dengan Android Marshmallow, tidak ada masalah yang saya temukan seperti yang dikeluhkan oleh teman-teman anggota forum Asus Zentalk.
Malahan saya lebih suka dengan android M.

Setidaknya ada 4 hal Yang saya sukai dari Android M ini yaitu :
Tampilan Icon Yang Lebih Segar dan Menarik. Zenfone saya seperti terlahir kembali karena menjalankan tampilan UI yang lebih segar dengan bentuk icon yang lebih menarik.
Koleksi Theme dan Wallpaper Yang Lebih Lengkap. Saat masih menggunakan android Lollipop hanya tersedia beberapa tema gratis di Google Playstore. Setelah beralih ke Android M, ada ribuan tema menarik yang disediakan untuk anda download, baik itu yang gratis maupun berbayar.
Manajemen RAM Yang Lebih Baik. Saat masih menggunakan Android Lollipop, dalam kondisi stand by, hanya tersedia 350-500 MB Free RAM, setelah Upgrade Android ke Marshmallow RAM yang tersisa bisa 700 MB- 1GB .

Itulah keseluruhan langkah menginstal pembaruan system pada Zenfone 2 Laser ZE550KG Z00WD dari Lollipop ke Marshmallow.

Jangan lupa untuk membaca panduan upgrade android lainnya.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close