Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat & Aman Update Android Keversi Lebih Tinggi


Kali mimin akan share bagaimana cara update android keversi yang lebih tinggi secara aman. Panduan ini bisa anda terapkan pada smartphone dengan merk popular seperti Asus, Oppo, Samsung, dan Xiaomi.

Sebelum lanjut..

ada hal yang harus mimin luruskan dulu yaitu penggunaan Kata upgrade dan Update.

Sebenarnya dalam kasus meningkatkan versi android kata Upgrade lebih cocok digunakan ketimbang update.

Contoh upgrade dari android kit kat ke lollipop seperti pada kasus Samsung galaxy Grand Prime SM 530H atau Galaxy J5 dari Lollipop ke Marshmallow.

Sedangkan contoh update pernah saya bahas pada kasus galaxy grand duos dari android jelly bean 4.1.2 keversi 4.2.2.

Setelah faham perbedaan kedua kata tersebut kita sekarang bisa masuk ke tema utama kita pada artikel kali ini.

Lets drive in

Cara Upgrade Android Dengan Aman

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk menjalankan upgrade versi android yaitu via OTA (Over The Air) dan Secara Manual. Kedua cara ini berlaku untuk semua merk smartphone apa saja.
Penjelasannya adalah sebagai berikut :

1.a    Pengertian Upgrade Via OTA

Menurut mimin, gampangnya upgrade android via OTA dapat diartikan mendownload langsung file upgrade dari perangkat.

Biasanya file upgrade punya ukuran yang cukup besar, ada yang 700 MB dan bahkan ada yang lebih dari 1  Gigabyte. Untuk itu agar proses upgrade berjalan lancar tanpa hambatan ada syarat dan ketentuan yang sebaiknya anda perhatikan

1.b    Syarat dan Ketentuan

Syarat Pertama : Pastikan dulu perangkat android anda dapat dukungan perangkat lunak terbaru baik itu dengan menerima pemberitahuan langsung pada produsen hape apabila anda mengkatifkan pembaruan perangkat lunak secara otomatis.

Dalam beberapa kasus ada kondisi dimana tidak ada pemberitahuan resmi tentang adanya pembaruan perangkat lunak. Oleh karena itu kita harus aktif mencari informasi dengan rajin rajin baca berita atau rutin nimbrung disitus komunitas seperti forum facebook.

Syarat Kedua : pastikan baterai perangkat anda dalam kondisi full 100 persen. Ada juga tutorial yang mengatakan daya baterai cukup 70 persen saja.

Tapi berdasarkan pengalaman mimin, proses upgrade mulai dari download sampai selesai proses install system prosesnya bisa berlangsunglumayan  lama. Lamanya proses upgrade tergantung kecepatan download file serta spesifkasi hardware.

Dari pengalaman tersebut mimin tidak mau berjudi dengan menjalankan upgrade dengan daya baterai pas-pasan, tapi WAJIB 100%. Seperti kasus Samsung J5 J500G beberapa waktu lalu, Proses Upgrade bisa memakan waktu 1 jam lebih yang menyisakan daya baterai sekitar 20% saja.

Syarat Ketiga : ada koneksi internet yang stabil. Direkomendasikan menggunakan jaringan Wifi dibanding data internet perangkat.

Alasannya ..?

Koneksi jaringan internet via Wifi cenderung lebih stabil. Mimin waktu update pas dikantor yang ada Wifi dan downloadnya cepat.

Kalau tidak ada Wifi boleh juga pake data tapi pastikan menggunakan provider yang sinyalnya stabil dan cepat (minimal menggunakan jaringan 3G).

yang tidak kalah penting, kuota internet juga cukup untuk download file upgrade. Dari 1,5 GB yang mimin gunakan untuk upgrade j5, hanya tersisa sekitar beberapa ratus MB saja padahal file update Cuma 800 MB.

Untuk itu kalau anda mau upgrade via OTA dengan data internet hape, setidaknya paket data internet anda dua kali lipat dari ukuran file upgrade yang akan didownload.

1.c    Panduan Upgrade Android Via OTA
Menjalankan proses upgrade via OTA caranya gampang. Untuk sebagian besar perangkat android cukup buka menu Pengaturan / Tentang Perangkat (About Phone) / Pembaruan Perangkat Lunak.

Merk lain seperti Asus dan xiaomi punya aplikasi khusus untuk mendaptkan pembaruan system. Xiaomi ada aplikasi Pembaruan yang ada di Folder “Tool”, tinggal klik aplikasi maka perangkat akan mendownload file secara otomatis .

Sedangkan merk Asus ada aplikasi pembaruan System  yang digunakan untuk menjalankan Upgrade via OTA maupun install Firmware secara manual.

Silahkan dibuka aplikasi tesebut, step demi stepnya akan dibimbing langsung oleh system dan yang pasti mudah untuk dimengerti.

Untuk lebih jelasnya tentang Upgrade Android via OTA, silahkan baca panduan berikut :

•    Cara Upgrade Android J5 Secara Online

Upgrade Android Secara Manual

Cara manual yang mimin maksud adalah : firmware upgrade didonload lebih dulu baru kemudian dinstall secara manual.

Proses installnya juga bisa menggunakan dua cara yaitu langsung dari perangkat atau menggunakan bantuan PC (Komputer).

Smartphone Merk Oppo punya kemampuan untuk menginstall firmware android langsung dari perangkat. Sedangkan smartphone Samsung membutuhkan bantuan PC.

a    Menginstall File Upgrade Langsung Dari Perangkat

Pertama download file upgrade atau yang biasa disebut Firmware disitus resmi. Berikut adalah link resmi untuk download Firmware android terbaru untuk masing-masing merk smartphone :
  1. Asus
  2. Oppo
  3. Xiaomi
Cara downloadnya juga bebas, mau pake smartphone langsung  atau PC tidak masalah. Jika menggunakan Smartphone , direkomendasikan menggunakan browser Google Chrome atau UC Browser.

Apabila anda download menggunakan PC, setelah selesai copy firmware tersebut keperangkat lalu letakkan di memori internal perangkat tanpa perlu dimasukkan ke folder khusus.

Sedangkan bagi anda yang download via perangkat, pindahkan juga firmware tesebut ke memori internal tanpa memasukkannya kedalam folder lalu eksekusi dengan program bawaan dari masing-masing hape.

Baca Juga :
•    Cara Install Firmware Lollipop Oppo Find 7 Tanpa PC

b    Install Pembaruan Menggunakan PC

Seperti yang sudah memin sampaikan sebelumnya, smartphone android merk Samsung tidak punya fitur yang memungkinkan untuk menginstall firmware langsung dari perangkat.

Untuk itu dalam proses installnya membutuhkan program khusus yang dijalankan pada PC seperti Odin Multi Downloader. Selengkapnya tentang program Odin ini telah dijelaskan pada artikel Panduan  Odin Multi Downloader.

Agar lebih jelas tentang cara install firmware menggunakan PC silahkan baca kedua panduan berikut :
•    Cara Download Firmware Samsung Bahasa Indonesia
•    Cara Install Fimrware Android Lollipop Dengan PC Galaxy Grand Prime

Upgrade Android Menggunakan Custom ROM

Jika setelah berbulan bulan Pemberitahuan resmi tentang adanya pembaruan system keversi lebih tinggi belum juga anda dapatkan dan stelah mencari informasi tidak ada kabar yang menyatakan smartphone anda dapat jatah android terbaru.

Dapat disimpulkan jika produsen hape anda sudah males untuk mengembangkan firmware baru untuk perangkat anda.

Jika sudah begitu anda patut bersedih...tapi sebentar saja..

Karena ada cara lain yang memungkinkan perangkat android anda menjalankan system android terbaru meskipun dari produsen sendiri sudah tidak mendukung.

Cara yang mimin maksud adalah dengan menginstall Custom Rom yang tesedia untuk banyak sekali perangkat android dari berabagai merk dan tipe.

Versi androidnya juga tidak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy Grand Duos saja yang dari pihak Samsung sendiri hanya memberi dukungan hingga versi 4.2.2 bisa menjalankan Android Nougat 7.1.1, keren bukan.

Untuk dapat menginstall Custom Rom dibutuhkan Custom Recovery seperti CWM atau TWRP, silahkan kunjungi XDA Developer untuk mendapatkan Custom Recovery, Custom ROM terbaru dan panduan installnya.

Karena Custom Rom dikembangkan secara tidak resmi, resikonya ada pada rendahnya kemampuan system untuk mengenali hardware perangkat yang anda gunakan.

Hal ini berimbas adanya fungsi smartphone yang tidak bisa berjalan dengan baik seperti : kamera yang tidak bisa terbuka, baterai boros dll.

Intinya sebelum menginstall, baca panduannya terlebih dahulu terutama fitur hape yang Work dan gak Work.

Nah itulah penjelasan singkat mimin tentang cara Upgrade android Smartphone android ke versi terbaru dengan aman.  ( Kecuali Cara alternative). Kalau ada penjelasan yang kurang jelas, silahkan dishare dikolom kemontar.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close