Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sukses install Android Lollipop di Oppo Find 7 Tanpa PC

Sukses install Android Lollipop di Oppo Find 7 Tanpa PC

Android Lollipop merupakan tonggak awal perubahan besar yang dilakukan pada system operasi android. Pada versi Android inilah Google mengenalkan antar muka system baru yang dikenal dengan nama Material Design.

Seperti biasa, perangkat besutan google seperti Nexus dan Android One menjadi yang pertama mendapatkan jatah pembaruan system Lollipop ini.

Sedangkan produk smartphone merk lain seperti Samsung Galaxy Grand Prime dan Oppo Find 7 terbilang agak terlambat mendapatkan jatah Upgrade.

Baca Juga : Cara Upgrade Android Kit Kat ke Lollipop Galaxy Grand Prime

Oppo Find 7 yang pada awal kemunculannya sekitar 3 tahun yang lalu, sukses merebut pasar smartphone untuk kalangan menengah kita ketahui mentok di android versi Jelly Bean 4.3.

Karena desakan dari konsumen setianya yang masih menggunakan perangkat Oppo lawas seperti Find 7 ahirnya Pihak Oppo resmi merilis Pembaruan OS Lollipop meski masih versi Beta.

Pembaruan ini terlihat agak mengejutkan karena melangkahi Android Kit Kat yang terlihat lebih lama hadir sebelum Lollipop.

Manfaat Upgrade ke Android Lollipop

Sebelum buru-buru update apakah anda sudah mengetahui manfaat apa yang akan anda dapatkan dengan mengupgrade OS android Oppo Find 7 ke Lollipop..?

Manfaat Pertama : Dengan menginstall pembaruan system ke versi Lollipop, Oppo Find 7 anda menjadi lebih hemat dalam penggunaad daya baterai, karena Google membuat Project Volta yang fungsinya merevisi penggunaan daya berlebih pada versi android terdahulu.

Secara otomatis system akan mematikan penggunaan daya tidak perlu dan mengaktifkannya pada kembali saat benar-benar diperlukan.

Manfaat Kedua : Dengan anda menjalankan Upgrade Android ke Lollipop berarti anda telah meningkatkan tinggkat keamanan perangkat anda.

Pasalnya, google pada versi android kali ini membenamkan fitur Add User yang memungkinkan anda menambah pengguna baru pada perangkat dengan fitur yang disesuaikan (dibatasi) misalnya hanya untuk SMS atau Telephone saja.

Manfaat Ketiga : UI Material Design yang usung Google harus diakui semakin mempercantik tampilan android. Transisi perpindahan aplikasi terlihat lebih menarik dan icon –icon aplikasi dibuat flat dengan kombinasi tumpukan warna yang menarik.

Tetapi berhubung Oppo punya UI sendiri yang diberinama Color OS, nuansa Material Design mungkin akan terasa agak kurang. Namun solusinya bisa anda dapatkan nanti pada akhir artikel ini.

Manfaat Keempat : Menjalankan Upgrade OS Oppo Find 7 ke Lollipop akan meningkatkan performa hape anda hingga 4 kali lipat.

Hal ini disebabkan Google mengganti Dalvik yang bertindak sebagai emulator system dengan ART (Android Run Time) yang mana ART dikalim Google berjalan 4 kali lebih cepat dari Dalvik.

Dengan 4 Manfaat tadi seharusnya anda tidak perlu ragu lagi untuk segera Upgrade ke Lollipop.

Cara Install Android Lollipop Oppo Find 7

a.    Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Download firmware Lollipop untuk Oppo Find 7 pada link http://bit.ly/ColorOS_2_1_0i_beta dengan ukuran file sekitar 950 MB. Setelah didownload simpan file Update tadi X9006&X9076ColorOS_V2.1.0i_Beta_full.zip ke SD Card.

Untuk menjalankan proses upgrade ini pastikan baterai ponsel anda full 100 %. Hal ini untuk menghindari perangkat kehabisan daya pada saat proses instalasi system sedang berlangsung.

Pindahkan file penting seperti foto dan Video yang ada pada penyimpanan internal ke SD Card atau melakukan Backup dengan menyalin data-data tersebut ke computer supaya lebih aman.

b.    Cara Menjalankan Upgrade Andorid Oppo Find 7

Masuk recovery dengan menekan tombol kombinasi Power + Volume Bawah
Gunakan tombol power untuk kembali kemenu utama dan volume atas dan bawah untuk memilih menu yang ada pada Recovery.

Pilih Bahasa, disarankan menggunakan bahasa inggris (kecuali anda bisa bahasa China).

Pada system recovery Pilih menu kedua kemudian jalankan perintah Wipe data dan Cache lalu tunggu sampai proses selesai. Proses ini akan menghapus aplikasi dan akun yang ada pada system yang telah ada.

Untuk diingat...!

Pastikan anda telah melakukan Backup file penting seperti nomor kontak dan menyimpannya di tempat yang aman, saya rekomendasikan di Google Drive agar setelah proses install selesai anda bisa langsung download file kontak tersebut.

Jika proses wipe data dan cache selesai, kembali kemenu utama dengan menekan tombol power lalu pilih menu Install from SD Card dan cari file X9006&X9076ColorOS_V2.1.0i_Beta_full.zip yang sudah anda download tadi.

Klik file X9006&X9076ColorOS_V2.1.0i_Beta_full.zip dan jalankan proses penginstalan system. Jalannya proses ini agak lama jadi anda harus sedikit bersabar terutama pada saat proses telah mencapai progress 90 %.

Perangkat akan meminta Reboot (Restart), setelah restart dan masuk kesistem yang juga akan sedikit lama sekitar 5 menit bisa juga lebih. Masukkan data yang diperlukan seperti akun google dll.
Selamat menikmati Android Lolipop dalam balutan Color OS.

Penutup

Versi android 5 untuk Oppo Find 7 mungkin UI material Design yang google ingin populerkan tidak begitu terasa karena telah dimodifikasi menjadi Color OS.

Untuk itu mimin rekomendasikan menginstall Google Louncher agar nuansa material design yang memang menjadi cirri khas Lollipop dapat anda nikmati.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, silahkan baca referensi di Oppo Forum
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close