Sialan ..Kuota Internet Cepat Habis Ternyata Disebabkan 10 Hal Ini

Saya pernah berprasangka buruk nih sama Telkomsel gara-gara kuota internet Telkomsel flash 1,5 GB yang mimin beli cepat sekali habis padahal belum juga satu bulan.

Sehingga muncul pertanyaan Kenapa kuota telkomsel flash saya cepat habis dan bagaimana cara mengatasinya...?

Tidak percaya dengan Telkomsel, saya pindah ke Operator lain yang menawarkan harga paket data lebih murah seperti Tri dan AXIS.

Tetapi sama saja...baik kuota Tri dan AXIS seperti habis sendiri padahal menurut saya pemakaian data normal-normal saja.

Setelah mencari informasi kesana kemari, ternyata banyak juga nih yang punya prasangka buruk sama Telkomsel seperti mimin, malahan nulisnya di status facebook dan dibaca banyak orang serta mendapatkan tanggapan yang beragam.

Karena setelah membandingkan variasi harga dan dukungan 4G, saya kembali baikan dengan Telkomsel dan pasrah saja. Sebenarnya saya kepingin juga curhat di FB, tetapi takut ditangkep Pulisi karena menjelekkan merek tertentu.

Daripada nulis di facebook mimin lebih memilih naya langsung ke Custome Service Telkomsel agar mendapatkan penjelasan.

Dari penjelasan CS tersebut, Ternyata masuk akal juga mengapa kuota telkomsel flash mimin cepat habis, karena mimin setidaknya saya melakukan 10 hal dan selama ini bertindak seperti Vampire yang menyebabkan kuota tersedot tanpa disadari.

10 hal yang mimin akan jelaskan berikut ini adalah penyebab utamanya. Tidak lupa pula, dalam artikel ini ada tips yang mimin terapkan untuk mengatasinya, dan terbukti kuota mimin awet sehingga ada sisa diahir bulan.

Penasaran...?, Simak ya ulasannya....!

Penyebab Kuota Cepat Habis


1. Keseringan Streaming Youtube

Musim liga inggris kemarin Manchester United klub kesayangan mimin kebanyakan mainnya tengah malam jadinya males nonton karena besoknya kerja.

Agar informasi seputar pertandingan MU tetap update, mimin berlangganan salah satu chanel youtube yang menayangkan Higlight pertandingan liga inggris.

Pagi harinya setelah mendapat notifikasi dari youtube, pastinya gatel downk pengen langsung lihat cuplikan goalnya, langsung aja deh streaming youtube yang terkadang durasinya bisa sampai 4-5 menit.

Karena aktifitas streaming itulah kuota internet mimin berkurang banyak sekali perharinya,  terkadang mimin harus beli paket data dua kali dalam satu bulan.

Sebagai informasi, streaming video adalah aktifitas yang paling banyak menggunakan data internet. Ahirnya mimin cari informasi bagaimana cara menghemat data pada saat streaming. Setelah mendapat penjelasan dari Jalantikus.com ,  ketemu juga solusinya.

Tips Menghemat Kuota Internet Streaming Youtube

  • Streaming via Opera Mini - Kalau anda belum install aplikasi opera mini perangkat android anda sebaiknya segera install sekarang. Opera mini punya kemampuan mengurangi pengguaan data internet saat melakukan streaming youtube. Opera mini secara otomatis mengurangi resolusi video asli, Sehingga video akan berjalan lebih lancar tanpa lag dan kuota internet tidak berkurang terlalu banyak.
  • Perkecil Resolusi Video - Streaming Menggunakan opera mini maka kualitas video akan diperkecil secara otomatis. Kalau anda lebih suka streaming video dari aplikasi youtube, lakukan pengaturan pada resolusi videonya agar lebih kecil misalnya resolusi 240 P saja.
  • Install Opera Max - Apa sih Opera Max..? Opera max adalah aplikasi penghemat data dari Opera Software yang berguna untuk memperkecil penggunaan data perangkat android. Secara otomatis setelah Opera Max terinstall dan diaktifkan, aplikasi ini akan berjalan dilatarbelakang dan mengawasi aplikasi-aplikasi yang menggunakan data internet kemudian membatasi konsumsi datanya. Oleh karena itu buruan install Opera Max sekarang juga.

2. Update Otomatis Aplikasi Playstore

Google Playstore defaultnya akan memperbarui aplikasi yang anda install secara otomatis.

Aktifitas ini akan memakan banyak data, apalagi aplikasi-aplikasi bawaan google seperti Google Maps yang sekali update bisa memakan data lebih dari 50 MB.

Bayangkan saja jika ada 10 aplikasi yang diupdate secara otomatis dengan ukuran masing-masing 50 MB, maka hitung-hitungannya 50 MB x 10 =500 MB.

Kalau kuota internet anda Cuma 1 GB perbulan, apa gak rontok itu rambut kalau sekali update langsung ludes 500 MB.

Untuk itu, segera matikan pengaturan update otomatis aplikasi playstore dengan cara : masuk Playstore / Setelan / Update Aplikasi Secara Otomatis lalu pilih opsi pertama “ Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis

3. Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis

Pembaruan perangkat lunak pada perangkat android itu penting sekali untuk mengatasi bug yang ada pada firmware sebelumnya yang menyebabkan masalah pada perangkat seperti sering restart, baterai cepat habis dll.

Tetapi, ukuran file update bisa berukuran besar bahkan ada yang bisa sampai 500 MB. Seperti hitung-hitungan diatas tadi, bakalan susah kalau paket data Cuma 1 GB trus proses download update kita tidak control tau tau dapat SMS dari provider kalau kuota internet anda sudah habis.

Untuk itu, segera matikan fitur pembaruan perangkat lunak otomatis dengan cara : Buka menu Pengaturan / Tentang Perangkat / Perbarui Perangkat Lunak lalu hilangkan centang pada opsi perbarui secara otomatis.

4. Fitur Auto Download WhatsApp

Mimin masuk grup WA kantor dan setiap harinya banyak sekali member lain yang suka upload video dan gambar. Aplikasi WA secara defaultnya akan download semua itu tadi dan disimpan dimemori internal.

Pantas saja kuota internet mimin cepat habis, video dan gambar yang diupload perhari banyak sekali dan kebanyakan isinya Cuma lucu-lucuan saja.

Agar tidak tekor kuota dan masih tetap eksis digrup WA, sebaiknya matikan segera fitur auto download WA anda dengan cara : Buka WA klik tombol menu (titik 3 pojok kanan atas) lalu pilih Setting / Data Usage / Media Auto Download.

Pada opsi When Using Mobile Data hilangkan centang pada semua opsi yang ada seperti : Images, Audio, Videos, Documents.

5. Menggunakan Aplikasi Facebook dan Masengger

Hampir semua orang yang menggunakan perangkat android pasti punya akun facebook dan menginstall aplikasinya.

Tetapi perlu anda ketahui jika aplikasi facebook dan masengger adalah dua aplikasi yang terkenal paling boros data internet dan juga RAM.

Selain membuat hape lambat, memelihara kedua aplikasi ini akan memperbesar pengeluaran untuk membeli paket data internet.

Solusinya...?

Facebookan menggunakan browser Opera Mini. Mengapa Opera Mini...?

Opera mini menurut mimin browser yang lengkap fitur-fiturnya. Yang terbaru, opera mini punya fitur yang akan menampilkan pemberitahuan aktifitas yang ada di akun facebook kita.

Selain itu, data yang dikonsumsi dengan facebookan dengan opera mini sangat minim menggunakan data internet, RAM dan daya baterai.

Alternative lain kalau anda malas menggunakan opera mini untuk facebookan adalah dengan menginstall aplikasi Facebook dan Masengger Lite.

Facebook pastinya sadar kalau kedua aplikasi utamanya memakan banyak data dan memberikan masalah bagi pengguna yang paket datanya sedikit.

Sebagai solusinya facebook  akan mengembangkan aplikasi Lite (Versi ringan ) dari aplikasi Facebook dan Masengger dengan mengurangi tingkat penggunaan data dan ruang penyimpanan (ukuran file apk Aplikasi lite hanya sebesar 1 MB saja ).

Untuk itu, bagi anda yang sudah terlanjur tidak bisa lepas dari kedua aplikasi facebook aplikasi lite adalah solusinya.

6. Sinkron Otomatis (Auto sync)

Auto sync adalah fitur android agar yang anda install dapat sinkron dengan server google maupun server aplikasi tersebut.

Sinkronisasi ini memungkinkan server mengirimkan pemberitahuan berupa email atau pemberitahuan langsung tentang fitur dan update aplikasi.

Tapi pemberiatahuan tersebut menggunakan data internet juga, meskipun kita tidak tahu persis seberapa besar penggunaannya, tetapi dengan mematikan sinkronisasi otomatis dapat menghemat data internet anda.

Caranya....?

Buka menu Pengaturan / Akun & Sync lalu hilangkan centang pada akun yang ditautkan dengan perangkat anda.

7. GPS Aktif

Mimin beberapa kali selamat dari yang namanya nyasar dengan bantuan dari Google Maps, Google Maps sendiri akan berfungsi baik apabila kita mengaktifkan GPS sehingga kita bisa tahu lokasi kita saat itu.
Tetapi...

Kadang kita lupa untuk mematikan GPS disaat kita tidak memerlukannya, sehingga tanpa kita sadari data terbuang secara percuma.

Oleh sebab itu, matikan GPS saat tidak diperlukan dengan mengklik icon GPS di Notification Bar.

8. Lupa Mematikan Data Seluler

Agar kuota internet tidak habis sebelum waktunya, anda harus selalu ingat untuk mematikan data seluler pada perangkat android pada saat tidak dipergunakan (waktu yang kurang tepat).

Misalnya saja anda sedang belajar atau mengerjakan tugas kantor. Agar belajar jadi lebih focus hindari segala bentuk gangguan terutama dari pemberitahuan sosial media seperti facebook, twitter dll yang kalau sudah dilihat sekali pasti keterusan.

9. Salah Pilih Browser

Seperti yang dilansir venturebeat.com Browser Google chrome untuk android memiliki 1 Miliar pengguna aktif. Angka tersebut menunjukkan bahwa Google chrome sangat sangat disukai oleh pengguna perangkat android.

Dengan kecepatan loading halaman dan tentunya dengan tampilan web yang sama baiknya dengan versi PC Chrome punya satu kelemahan yaitu boros data internet.

Dari percobaan mimin, dari 20 MB data yang digunakan, chrome hanya menghemat sekitar 1 MB saja.

Lain halnya dengan Opera mini yang mimin biasa gunakan untuk segala macam aktifitas, browser ini bisa lebih hemat 4 kali lipat dari Chrome.

Untuk itu, kalau ingin hemat kuota internet saatnya anda sekarang pindah ke browser yang lebih hemat data seperti Opera Mini.

10. Tidak Menggunakan Aplikasi Penghemat Data

Untuk tips yang satu ini hanya sifatnya opsional saja karena jika sudah menerapkan 9 tips diatas mimin jamin pasti kuota internet anda tidak cepat habis.

Ada beberapa aplikasi hemat data yang popular dikalangan pengguna android, salah satunya telah mimin informasikan di poin awal tadi yaitu Opera Max.

Selain opera max ada juga aplikasi sejenis seperti : Data Usage Monitor, Internet Speed Meter Lite, My Data Manager, CM Data Manager, dan Onavo Extend.

Yang perlu anda ketahui, aplikasi ini berjalan dilatar belakang sehingga ikut ambil bagian mengkonsumsi daya baterai terus menerus sehingga daya baterai cepat habis.

Kesimpulan

Dari sepuluh penyebab kuota internet cepat habis yang telah mimin jelaskan diatas inti masalahnya adalah “ KEBERPIHAKAN”.

Maksudnya anda mau berpihak kemana, mau tetap gaya gayaan dengan boros kuota internet atau berpihak ke kondisi keuangan yang menipis karena harus beli paket data dengan mengontrol penggunaan data, Semua tergantung kepada anda.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Sialan ..Kuota Internet Cepat Habis Ternyata Disebabkan 10 Hal Ini"

  1. Gimanapun ya?, Aku jarang main internet, cuman main FB bentar doang. Masa 8 GB cuma 4 hari?? Padahal teman2 bisa sampe 2 Minggu. Mohon bantuannya min.🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Matiin update perangkat lunak otomatisnya
      2. Ganti aplikasi FB dengan yang Lite
      3. Atur agar video gak mutar otomatis saat pake data selular...

      Delete

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik
3. No Anonym / Unknown