Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dafta Kelebihan Samsung J7 Prime SM-G610F/DS


Inilah 8 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung J7 Prime SM-G610F/DS


Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610DF merupakan produk hp kelas menengah yang ditargetkan menjadi primadona baru ditengah gempuran produk hp murah dari Xiaomi.

Target Samsung sepertinya tidak meleset karena terbukti Generasi lanjutan Galaxy J Series ini sukses menarik hati konsumen tanah air.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Samsung J7 Prime SM-G610F/DS sehingga berhasil menjadi idola pecinta gadet Indonesia seperti :

1. Desain Menarik

Anda mungkin akan sedikit kesulitan membedakan antara Samsung J7 Prime dengan hape J Series Samsung yang memang rada-rada mirip.

Meskipun demikian, bukan berarti desain hp ini jelek, malahan sangat terlihat mewah meski tergolong hp kelas menengah.

Sayangnya, bahan yang dipilih Samsung untuk bodi dari smartphone ini membuatnya terasa agak licin saat dipegang.

Namun bahan metal yang melapisi body dari Samsung J7 Prime membuat hape ini terlihat tidak murahan.

2. Memori Internal Lapang

Dengan memori penyimpanan internal 32 GB rasanya sudah cukup untuk menginstal banyak aplikasi dan menampung koleksi foto dan video.

Bahkan jika Samsung Galaxy J7 Prime ini anda gunakan bermain game, Data game yang biasanya bergiga-giga itu masih terlalu kecil dibandingkan ruang penyimpanan internal.

Anda juga bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan hingga 128 GB jika merasa penyimpanan yang 32 GB (setelah dikurangi sistem dan aplikasi) sudah tidak cukup.

Inilah 8 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung J7 Prime SM-G610F/DS

3. Support Jaringan 4G LTE

Dibandingkan dengan jaringan 3G, ponsel yang menggunakan jaringan 4G LTE akan menghasilkan kecepatan dalam berkomunikasi yang lebih lancar dan tanpa batas.

Hanya saja, terkadang tidak semua lokasi sudah bisa dijangkau oleh jaringan 4G LTE.

Teknologi jaringan 4G LTE memang memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan 4G LTE yang dimaksud adalah Kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download hingga 300 Mbps.

Salah satu hal yang paling hebat dari jaringan 4G LTE adalah kecepatan upload-nya yang mampu hingga 75 Mbps dan kecepatan download-nya hingga 300 Mbps, yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan jaringan 3G.

Selain itu aktifitas Streaming Youtube dipastikan tidak akan mengalami Buffering.

Kegiatan upload dan download yang lebih cepat, penggunaan jaringan 4G LTE pun membuat streaming menjadi jauh lebih cepat.

Gangguan pada jaringan 4G LTE pun sangat minim terjadi sehingga anda bisa melakukan aktivitas streaming dengan sangat nyaman.

Manfaat lain jika hp sudah mendukung 4G adalah Video call menjadi lebih lancar.

Penggunaan jaringan 4G LTE juga sangat berpengaruh kepada penggunaan internet lainnya, seperti untuk kebutuhan video call.

Saat ini, kegiatan video call sering dilakukan melalui smartphone seiring dengan banyaknya aplikasi di smartphone yang sudah mendukung hal ini.

Karena itu, dengan adanya jaringan 4G LTE, akan sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan menggunakan video call.

Apalagi saat ini sudah banyak juga provider smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE.

Kegiatan video call pun menjadi lebih mudah dan lancar tanpa hambatan.

4. Layar Lebar

Minat konsumen masih sangat tinggi terhadap smartphone yang memiliki layar lebar.

Definisi layar lebar yang dimaksudkan disini adalah hp dengan layar berukuran 5,5 inch atau di atasnya.

Bahkan kini peminat hp layar full makin meningkat seiring munculnya tren hp full display.

Kenyamanan beraktivitas terutama pada saat bermain  game dan streaming Youtube menjadi salah satu faktor mengapa hp layar lebar terus diminati.

5. Kapasitas RAM Besar

Samsung J7 Prime SM-G610F/DS berjalan menggunakan RAM sejumlah 3GB.

Spesifikasi RAM tersebut tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Salah satunya anda bisa menginstal banyak aplikasi serta masih dapat melakukan beragam aktivitas secara bersamaan (multitasking) dengan lancar.

Termasuk memainkan game online favorit semacam Mobile Legend, AOV, hingga PUBG yang kini makin digemari.

Tidak perlu khawatir eror, karena sistem multitasking di Android bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Tapi tetap harus diingat pula, bahwa performa sebuah hp tidak hanya tergantung pada kapasitas RAM saja, masih ada prosesor dan dukungan komponen lain.

6. Chipset Exynos 7870

Exynos 7 Octa 7870 ini diproduksi dengan teknologi 14 nm FinFET yang menjadi andalan Samsung belakangan ini.

SoC tersebut mengusung delapan core Cortex A53 dengan kecepatan hingga 1.6 GHz.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, SoC ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-T830.

Samsung menyebutkan bahwa konsumsi daya SoC ini akan 30% lebih rendah dari SoC dengan performa serupa yang diproduksi di fabrikasi 28 nm HKMG.

SoC ini dilengkapi dengan ISP yang mendukung penggunaan kamera depan dan kamera utama dengan sensor hingga 16 MP, atau dua sensor 8 MP untuk mode dual camera.

Terdapat juga dukungan untuk video playback hingga 1080p 60 fps, serta dukungan untuk layar hingga resolusi 1920 x 1200.

Untuk jaringan seluler, SoC ini mendukung 4G LTE Cat. 6 serta FDD-TDD carrier aggregation.

Sumber Jagat Review

7. Bisa Upgrade ke Android Nougat

Ada banyak sekali fitur baru yang disematkan pada Android Nougat.

Berikut 11 diataranya beserta manfaatnya untuk anda.

#7.1 Multy Window

Kehadiran fitur Multy Window pada Android nougat akan membuat anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus dan menjalankannya secara bersamaan.

Anda cukup menekan tombol Recent Apps lalu klik tombol Multy Window di pojok kiri atas.

Drag aplikasi yang mau anda gunakan secara bersamaan keatas dan kebawah.

#7.2 Quick Switch

Quick switch mempercepat perpindahan aplikasi ke aplikasi yang lain tanpa menyebabkan lag pada aplikasi yang akan anda buka.

Cara penggunaan cukup dengan tap 2 kali pada tombol Recent Apps maka aplikasi akan berpindah.

#7.3 Data Saver

Google ngerti banget kebanyakan orang mengakses internet menggunakan data seluler sehingga fitur pengehmat data seluler sudah selayaknya menjadi prioritas.

Penggunaan data seluler juga dapat dikontrol dengan mudah.

Anda bisa mebatasi penggunaan data seluler dihape dengan menjatah dengan besaran tertentu yang sebelumnya telah anda kalkulasi pemakaian data perharinya.

Setelah anda aplikasikan, setiap anda menggunakan data lebih dari jatah harian, data seluler akan dimatikan secara otomatis.

#7.4 Doze Mode Lebih Optimal

Dengan memanfaatkan sensor khusus yang ada pada perangkan ponselmu, sistem Android bisa mendeteksi apakah perangkat sedang dalam kondisi aktif bekerja atau tidak.

Jika tidak, misalnya saja ponsel ada disaku celana maka baik itu data seluler dan aplikasi yang memakan daya tidak perlu dinonaktifkan sementara waktu.

Hal ini memungkinkan perangkat dengan kapasitas baterai tidak terlalu besar dapat bertahan seharian.

#7.5 Notifikasi Unik

Gaya penampilan notifikasi menjadi salah satu bagian yang dipermak disetiap edisi Android.

Pada Edisi Android Nougat ini tampilannya dibuat dalam bentuk kartu untuk tiap aplikasinya serta dalam formasi bertumpuk.

Ketika anda menerima notifikasi atau pemberitahuan yang dirasa kurang perlu dari aplikasi tertentu (Browser misalnya) anda bisa dengan mudah mengatur sehingga tidak menerima pemberitahuan sejenis kedepannya.

Caranya : Tap dan tahan icon notitifkasi yang dimaksud lalu klik atau swipe guna mematikan notifikasi dari aplikasi yang dimaksud.

#7.6 Update Pada Latar Belakang

Salah satu fitur baru pada Android nougat adalah kemampuannya untuk menjalankan update perangkat lunak dibelakang sehingga anda tetap bisa menjalankan beragam aktifitas dengan ponselmu.

#7.7 Kaya Emoji

Google mengklaim telah menyediakan lebih dari 1500 Emoji yang terintegrasi dengan bahasa Indonesia sehingga kata-kata tertentu dapat berubah menjadi Emoji pada saat anda mengetikkannya di Keyboard.

#7.8 Booting Lebih Cepat

Booting lebih cepat akan memudahkanmu untuk segera menjalankan aktifitas tanpa harus lelah menunggu animasi loading Android yang menyebalkan.

#7.9 Sistem Keamanan Berlapis

Google membenamkan sistem keamanan terbaru di Playstore yang diberinama Play Protect.

Sistem keamanan ini diklaim bisa memindai jutaan aplikasi perharinya.

Bahkan saat aplikasi secara diam-diam melakukan hal-hal yang mencurigakan dilatar belakang, sistem ini akan memberitahukan keberadaan aplikasi tersebut dan menghapusnya dari Sistem.

#7.10 Dukungan API Vulkan

Buat para Gamers, kehadiran API Vulkan akan tentunya merupakan berkah karena akan menjadikan tampilan Game-game terbaru yang mendukung API ini menjadi lebih 3D dan hidup.

#7.11 Balas Cepat

Anda tidak perlu membuka WA saat sedang asyik streaming youtube, cukup tap sekali pemberitahuan pesan masuk lalu balas seketika itu juga.

8. Sensor Sidik Jari

Tinggalkan metode kunci layar dengan pola atau PIN yang terkadang kita sendiri lupa pola dan angkanya.

Samsung J7 Prime telah dilengkapi dengan sensor sidik jari, sehingga anda adalah satu-satunya orang yang bisa membuka hp apabila mengkatifkan fitur ini.

Respons sensor cukup cepat, sehingga hanya butuh sepesekian detik untuk membuka menu setelah anda meletakkan jari diatas tombol home.

Kekurangan Samsung J7 Prime SM-G610F/DS

Saya rasa hanya dua kekurangan saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J7 Prime yakni :

#1. Mudah Kotor

Dengan body yang full metal membuat bagian ini mudah sekali terlihat kotor setelah dipegang.

Apalagi jika penggunanya adalah orang yang mudah berkeringat, maka siapkanlah tisu pembersih atau gunakan pelindung (case).

#2. Harus Menggunakan Hardcase

Masih terkait dengan body yang terbuat dari metal, panas yang dihasilkan dari aktifitas hardware terasa sekali jika tidak dipasangkan Case.

Casing yang dianjurkan untuk tipe hape dengan body metal adalah Hardcase, karena casing tipe ini cepat menghantarkan panas.

Hindari menggunakan casing jenis Softcase yang karena daya hantar panas yang lebih rendah dibandingkan Hardcase.

Penutup

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F/DS semoga bermanfaat.

Baca juga postingan tentang Samsung J7 Prime seperti Cara Upgrade OS ke Android Oreo 8.1.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close