Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tipe Smartphone Android Paling Cepat Mendapat Update Software

Belum sempat mencicipi bagaimana rasa dari android Marshmalow alias android 6, baru-baru ini sudah muncul lagi sistem operasi android versi terbaru dari Google yakni Android N, yang awalnya saya kira akan diberinama “Nastar” atau “Nutrisari”.

Kehadiran android N membuat banyak pecinta android khususnya mereka yang perangkatnya tidak mendapatkan pembaruan OS dari produsen hape, grasak-grusuk mencari cara bagaimana caranya agar sistem operasi android terbaru tersebut muat diperangkat mereka.

Ada yang mencoba menginstall Custom Rom yang kaya akan bug dan sering mengalami Error dan ada juga yang ambil aman dengan sekedar menginstall aplikasi Louncher agar tampilannya mirip android terbaru meski sistem yang diapakai masih Android 2.3.

Perlu untuk mas bro ketahui jika Produsen hape seperti Samsul akan rugi apabila semua perangkat yang mereka rilis kepasaran yang jumlahnya tidak terhitung, masing-masing mendapatkan pembaruan OS android terbaru.

Butuh biaya yang besar buat menggaji insinyur-insinyur mereka untuk membuat rom terbaru agar muat disemua seri hape yang telah beredar.

Akibat lainnya, produk baru mereka yang telah dibekali dengan beragam fitur baru tidak akan laku dipasaran karena pengguna masih suka pake hape lama, toh masih dapat pembaruan sistem juga.
Begitulah kira-kira.....

Karena begitu besarnya minat pengguna android yang penasaran ingin mencoba android edisi terbaru tetapi malas ganti hape, membuat admin tergerak hatinya untuk menulis artikel berikut yang siapa tahu bisa jadi solusi buat mas bro semua.

Dalam artikel kali ini admin akan menjelaskan tentang 3 tipe hape yang seharusnya mas bro beli dari awal agar tidak ketinggalan kereta tentang bagaimana pengalaman asyiknya menggunakan android versi baru meski menggunakan hape yang dirilis 1-2 tahun yang lalu.

Dan perlu mas bro semua ketahui jika 3 tipe hape yang admin akan berikan informasinya ini biasanya mendapatkan jatah update dalam kurun waktu yang cukup lama dibanding hape tipe yang lain.

Oke....tanpa basa basi lagi berikut tiga tipe hape yang mas bro sebaiknya beli bila ingin menjadi yang pertama mencicipi android keluaran terbaru..

1. Pilih Hape Google Nexus

 Hape dengan dengan kode nama Nexus adalah pilihan tepat bagi mas bro yang ingin cepat-cepat merasakan bagaimana rasanya android versi terbaru.

Nexus merupakan bentuk kerjasama Google dengan produsen Hape seperti Motorola, Samsung, LG, Huawei, HTC dll yang mana dalam pembuatannya menggunakan komponen hardware standard dari Google.

Sistem operasi android yang digunakan pada perangkat Nexus adalah android murni, yang artinya tidak dioprek terlebih dahulu seperti rom-rom yang biasanya digunakan pada perangkat hape yang umum kita temukan misalnya Touchwiz pada perangkat samsung, EMUI pada Huawei,  MIUI Xiaomi, Color OS pada Oppo dll.

Dengan hardware standard google dan menjalankan android murni maka produk Nexus berada pada urutan pertama yang menerima jatah android terbaru.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu saat android Marshmallow dirilis Google, Nexus 6P dari Huawei jadi yang pertama yang mendapat jatah menjalankannya.

2. Pilih Hape Flagship

Mungkin banyak diantara mas bro yang masih rada-rada aneh mendengar istilah Flahship. Jika diartikan perkata yang mana flagship terdiri dari dua kata yakni flag=bendera dan ship=kapal laut.
Dari penggabungan dua kata diatas dapat kita ketahui jika maksud dari produk hape flagship adalah hape merk bendera yang ada gambar kapal lautnya.

Flagship jika mas bro ketik di pencarian google dapat berarti sebagai produk terbaik, termahal,tercanggih  dari vendor. Sebagai contoh produk hape flagship misalnya saja Samsul yang beberapa waktu lalu merilis Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, dari spesifikasi dan fitur udah tentu beda dengan produk kebanyakan samsul dan harganya juga pasti beda.

Produk-produk hape flagship biasanya menjadi yang pertama mendapat jatah update OS android terbaru, jangka waktu dukungan perangkat juga lumayan lama, bisa mencapai dua tahun. Khususnya samsul, mereka biasanya menganak emaskan produk smartphone seri S dibandingkan seri lain, contohnya Galaxy S7 dan S7 edge.

Sedangkan merk lain seperti SONY juga sama, fokus dengan mengembangkan update untuk produk premium mereka terutama seri Z  seperti Z1, Z2,Z3,Z4 dll dan yang terbaru seri X. Sedangkan merek lain seperti LG fokus dengan produk seri G, Motorla dengan Moto X.

Tetapi namanya juga produk premium alias flagship atau apalah namanya, sudah pasti harganya beda dengan yang lain, biasanya sih diatas 5 jutaan malahan bisa diatas 10 juta seperti Galaxy S7 Edge. Produk hape Nexus juga bisa digolongkan sebagai produk flagship.

Sampai disini mas bro semua pasti pesimis untuk memiliki hape android yang rajin dapat jatah update android terbaru, karena rata-rata harganya muahal, kalau kredit juga nanti angsurannya tinggi jadi males deh, [ kok jadi kepikiran mau ngunjungin kantor FIF terdekat ya...].

Tenang dulu mas bro, jangan suka baca artikel setengah setengah karena siapa tahu solusi ada diahir postingan, seperti artikel kali ini.

Memangnya ada produk hape yang rajin dapat jatah update OS android terbaru tapi harganya murah, terjangkau dan dijamin halal ?

Ada downk, dan itu adalah hape dengan tipe yang ketiga.

3. Pilih Hape Android One

Android One adalah project google dengan vendor hape sama seperti produk Nexus yang menjalankan android murni tanpa aplikasi bawaan vendor [ Bloatware].

Bedanya dengan produk Nexus, android one khusus untuk kalangan dengan dukungan dana terbatas tentunya dengan konsekuensi spesifikasi yang agak rendah tapi tetap memenuhi standard google.

Mas bro sekalian Jangan salah, meskipun spesifikasi tergolong rendah, tetapi dukungan update untuk sistemnya terbilang lama, bisa sampai dua tahun. Perilisan update OS untuk Android One biasanya hadir setelah produk Nexus, bisa Via OTA maupun update manual.

Produk Android One terbaru yakni Infinix Hot 2 dukungan update bisa sampai android 6, dan kemungkinan juga bakalan mendapat dukungan untuk generasi terbaru android yakni Nougat.

Saat ini setau admin ada 4 vendor hape yang merilis produk Android One, tiga diantaranya merek dalam negeri yakni Nexian dengan Nexian Journey, Mito dengan Mito Impact A10, Evercoss dengan Evercoss One X, dan satu lagi Infinix yang merupakan vendor china dengan produk Infinix Hot 2.

Harga yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Android One, karena dari awal Google menginginkan android one terjangkau untuk semua kalangan.

Infinix Hot 2 sekarang ini harganya berkisar Rp.1.375.000,- termasuk yang paling mahal dibandingkan dengan produk android One lain karena spesifikasi yang lebih tinggi, seperti layar lebih lebar 5” dan RAM 2 GB.

Baca Review Infinix Hot 2 X510 yang dibekali dengan 4 keunggulan dibandingkan Android One Generasi pertama

Nah bagaimana sekarang, sudah agak lega perasaannya karena ada android one yang menjadi pilihan terbaik bagi mas bro semua jika ingin menjadi yang pertama mencicipi android versi baru, setelah Nexus tentunya.

Selain dukungan perangkat lunak dari google langsung, harganya yang sangat-sangat terjangkau Cuma satu jutaan membuat Andorid One banyak diburu pecinta android.

Saking larisnya, sampai artikel ini ditulis Android One Infinix Hot 2 sudah ludes terjual di Lazada dan Blibli.com dan masih belum ada stock baru.

Oke deh, sudah terlalu panjang artikelnya, kalau ada produk hape lain yang bisa mas bro rekomendasikan untuk pembaca lain silahkan sarannya ditampung dikolom komentar saja, n jangan lupa dishare ye.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close