Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Samsung Grand Prime

Tutorial Samsung Grand Prime

1. Cara Mengambil Screenshoot Samsung Grand Prime

Seperti umumnya perangkat Android Samsung Galaxy untuk mengambil tangkapan layar kita cukup menekan tombol kombinasi Tombol Power + dan Tombol Home.

Gambar hasil tangkapan layar akan tersimpan di memory internal tepatnya di Folder Screenshoot. Tetapi selain Takut cepat rusak, menggunakan kombinasi tombol cenderung agak ribet atau tidak simple.

Solusinya anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Screenshot Capture Recorder
Dengan menggunakan aplikasi Screenshot Capture Recorder dengan Anda bisa mengatur sendiri capturing methods yang paling nyaman untuk Anda.

Misalnya, ketika Anda mengambil gambar layar smartphone, Anda memerlukan sedikit getaran (shake) atau suara (play sound). Semua bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini memang terbilang standar. Namun, ini cukup berguna bagi Anda yang ingin sedikit modifikasi ketika mengambil capture pada layar smartphone.

2. Cara Mengambil Foto Bokeh Samsung Grand Prime

  • Download dan install aplikasi Google Camera di https://www.apkmirror.com/uploads/page/2/?q=camera
  • Setelah prosesnya selesai, buka Google Camera. Selanjutnya pilih modus Lens Blur, caranya dengan mengusap tepi layar dari kanan ke kiri.
  • Modus Lens Blur ini cocok sekali untuk memotret orang, makanan atau subjek lain secara close up dalam jarak maksimal 1,5 meter.
  • Pada saat akan mengambil foto, kamu diharuskan menggerakkan smartphone ke atas jika posisi hape vertikal atau kesamping jika posisi hape horisontal. Untuk mengambil foto bokeh dengan sempurna, dan gerakkan secara perlahan-lahan.
  • Google Camera akan memberitahu kamu, kalau gerakannya kurang pas.
  • Setelah proses pengambilan gambar, selanjutnya masuk proses perenderan gambar yang memakan waktu beberapa detik. Tunggu sebentar, maka hasil foto bokeh kamu bakal keluar.
  • Jika hasilnya kurang maksimal, tinggal klik menu nomor dua setelah menu share di bagian bawah. Kamu bisa mengedit titik fokus dan juga seberapa kuat efek buramnya. Setelah itu, jangan lupa untuk disimpan.

3. Cara Instal TWRP Samsung Grand Prime

Pada dasarnya semua perangkat android memiliki sistem recovery yang berguna untuk memperbaiki sistem android pada saat mengalami masalah seperti bootloop, Softbrick, IME Null dengan cara menjalankan opsi WDFS (Wipe Data Factory Reset).

Sayangnya fitur yang dimiliki sistem recovery bawaan ponsel android terbatas seperti tidak bisa melakukan backup ROM, Tidak bisa menginstal Custom ROM, Rooting Perangkat dll.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, dibuatlah Custom Recovery yang dapat menangani beragam tugas yang tidak bisa dijalankan dengan sistem recovery bawaan hape.

Custom recovery yang terkenal dikalangan pengguna android adalah CWM (ClockWorkMood) dan Team Win Recovery Project (TWRP).

Dibanding CWM, TWRP lebih banyak digunakan pengguna Android karena beberapa kelebihan seperti UI yang lebih bersahabat dan ketersediaan versi baru yang mendukung perangkat android terbaru pula.

Cara menginstal custom recovery pada masing-masing merk smartphone berbeda, dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memasang custom recovery pada perangkat android samsung.

Manfaat TWRP

  1. Kamu bisa melakukan perbaikan sistem android sekaligus dapat digunakan untuk memasang custom rom
  2. Kamu bisa memodifikasi system android dengan memasang Kernels, Add-Ons dan Moods.
  3. Kamu bisa melakukan pencadangan sistem yang sewaktu-waktu dapat kamu gunakan kembali
  4. Bisa digunakan untuk mengembalikan file pencadangan yang sebelumnya kamu simpan
  5. Kamu bisa tetap melakukan aktifitas transfer file meskipun berada pada mode sistem recovery baik itu dengan perangkat komputer, SD Card maupun OTG.
Perlu untuk kamu ingat jika TWRP antar perangkat yang satu tidak bisa digunakan pada perangkat lain sehingga pilihlah TWRP yang sesuai dengan Merk dan seri dari Ponsel Android yang kamu gunakan.

Persiapan Instal TWRP

Agar perangkat androidmu bisa terpasang custom recovery Aktifkan Pendebug USB dan Membuka Kunci OEM dengan cara mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Option).

Cara mengaktifkan Mode Pengembang buka menu Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Sekarang, aktifkan USB debugging dengan cara buka menu Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB ( disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas)

Sedangkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasang TWRP pada Ponsel Android Samsung adalah :
  1. Komputer dengan Sistem Operasi Windows (Rekomendasi menggunakan Laptop)
  2. Kabel Data dengan kondisi baik, berfungsi dan bawaan perangkat
  3. Program Odin sesuai dengan versi Android yang perangkatmu gunakan
  4. Installer TWRP untuk Samsung Grand Prime
  5. USB Driver Samsung versi terbaru

Langkah-Langkah Instal TWRP

  •  Langkah 1. Instal Driver USB Samsung yang telah didownload tadi.
  • Langkah 2. Matikan perangkat lalu masuk ke Download Mode dengan menekan tombol kombinasi Power + Home + Volume Bawah, setelah muncul logo samsung lepaskan. Akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini tapi abaikan saja tetap lanjut dengan menekan tombol volume atas.
  • Langkah 2. Jalankan Odin dengan cara klik kanan pada program lalu Run As Administrator. Pada menu Option biarkan settingan default pada F.Time Reset dan Auto Reboot.
  • Langkah 3. Sambungkan ponsel android dengan download mode menggunakan kabel data ke komputer. Jika perangkat terbaca, ID:COM pada Odin akan berwarna biru.
  • Langkah 4. Klik tombol AP pada odin lalu cari Installer TWRP dengan format TAR.MD5 yang telah kamu download tadi. Lalu tunggu hingga ada pesan “ ADDED” di Messages Box.
  • Langkah 5. Klik tombol Start untuk memulai penginstalan TWRP. Perhatikan persentasi jalannya proses instalasi TWRP pada ponsel.
  • Perangkat akan Reboot otomatis dan masuk ke TWRP untuk pertamakali. Setelah mencapai proses ini, TWRP pada perangkat Samsung Galaxy siap digunakan untuk Install Custom ROM dan Gapps.

4. Cara Root Samsung Grand Prime

Alat dan Bahan Instalasi Custom ROM Pada Samsung Galaxy
Langkah-Langkah Instalasi
  • Langkah 1. Salin kedua file Super SU ke Memory Internal / Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG. 
  • Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + HOME + POWER.
  • Langkah 3. Klik menu Instal kemudian cari File Super SU dalam format Zip yang telah didownload tadi lalu Instal seperti biasa dengan cara SWIPE. 
Setelah semua tahapan diatas selesai kamu jalankan, Restart perangkatmu maka kamu akan menemukan icon Super SU dimenu Aplikasi

5. Cara Instal Custom ROM

Alat dan Bahan Instalasi Custom ROM Pada Samsung Galaxy
  • Buat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu karena nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).
  • Isi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi masalah ada cukup daya dan waktu untuk melakukan perbaikan
  • Download ROM
  • Download Gapps
  • Paket data (Opsional) untuk melakukan setup akun setelah proses instalasi selesai kamu lakukan.

Langkah-Langkah Instalasi

Langkah 1. Salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) bisa juga menggunakan OTG. Mengapa tidak langsung ke Memory Internal...? Karena sering terjadi masalah untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta saat masuk TWRP minta Password / PIN

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + HOME + POWER.

Langkah 3. Setelah masuk TWRP pilih menu WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION lalu pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan menghapus segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melakukan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke menu utama lalu pilih menu INSTAL, cari ROM yang telah didownload tadi lalu Instal seperti biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, lakukan cara yang sama seperti saat menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya.

Setelah semua tahapan diatas selesai kamu jalankan, Restart perangkatmu untuk memulai pengaturan awal perangkat dengan nuansa Android Terbaru.
Yahya Alkarimi
Yahya Alkarimi Tanya Aja...!
close